Contoh Soal dan Jawaban Tentang Metode Persentase Penyelesaian Pendapatan Kontruksi

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban tentang metode penyelesaian pendapatan kontruksi berkaitan dengan kontrak jangka panjang yang telah disepakati. Jurnal akuntansi perusahaan jasa konstruksi harus disesuaikan dengan adanya kerugian di dalam kontrak kontruksi jangka panjang. Cara perhitungan pengakuan pendapatan dengan metode persentase penyelesaian dalam akad istishna disesuaikan metode pemulihan biaya.

Contoh soal pendapatan konstruksi terdiri dari pengakuan pendapatan kontruksi berdasarkan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai. Contoh soal pengakuan pendapatan pada saat penjualan dilakukan bagi perusahaan kontrak konstuksi. 

Contoh soal metode kontrak selesai pendapatan kontrak kontruksi menjadi salah satu metode yang harus dimengerti oleh akuntan. Kontrak kontruksi jangka panjang akan diakui pendapatan berdasarkan persentase penyelesaian dan kontrak selesai pada akhir periode.

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Metode Persentase Penyelesaian Pendapatan Kontruksi

Perbedaan Metode Persentase Penyelesaian dan Kontrak Selesai

Perbedaan metode persentase penyelesaian dan kontrak selesai dalam pengakuan pendapatan kontrak kontruksi dapat berbentuk kontrak harga tetap yaitu kontrak yang tidak ada biaya tambahan dan kontrak biaya plus yaitu kontrak yang terdapat kondisi tertentu dipenuhi akan diberikan insentif tambahan.

Perbedaan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian yakni pendapatan kontrak yang diakui hanya pada periode akuntansi dimana pekerjaan ini dilakukan yang dilaporkan dalam laporan laba rugi. Metode kontrak selesai adalah pendapatan kontrak kontruksi diakui pada akhir pelaksanaan pekerjaan telah selesai.

Pendapatan kontruksi terdiri dari beberapa kesepakatan harga yang disetujui dalam kontrak beserta penyimpangan yang tidak sesuai dengan kontrak tersebut dimana adanya penghasilan lain yang dapat diakui.

Contoh Soal Metode Persentase Penyelesaian Pendapatan Kontrak Kontruksi

Contoh soal metode persentase penyelesaian pendapatan kontrak konstruksi dilakukan ketika perusahaan dapat mengukur pendapatan kontrak secara handal dan biaya kontrak sampai selesai dapat diidentifikasi secara jelas sehingga seluruh biaya aktual kontrak dapat dibandingkan dengan estimasi awal.

Contoh soal dan jawaban tentang metode persentase penyelesaian terjadi pada PT Rafinternet yang mempunyai kontrak untuk membangun sebuah gudang dengan harga Rp 900.000.000 dengan perkiraan biaya Rp 600.000.000. Kesepakatan terjadi bahwa kontrak akan dimulai pada bulan juli 2018 sampai desember 2020 dengan rincian sebagai berikut ini.

2018 2019 2020
Biaya yang Dikeluarkan 175 500 650
Perkiraan Biaya 325 150 0
Kemajuan Tagihan 300 450 150
Kas Dibayarkan 200 400 300

Cara Menghitung Pengakuan Pendapatan dengan Metode Persentase Penyelesaian dalam Akad Istishna

Cara menghitung pengakuan pendapatan dengan metode persentase penyelesaian dalam akad istishna hampir sama dengan pendapatan kontrak kontruksi. Pendapatan kontrak kontruksi dapat dicari jawaban contoh soal metode persentase penyelesaian sebagai berikut ini.

Perhitungan persentase penyelesaian pendapatan kontrak konstruksi dicari dengan langkah sebagai berikut ini.

2018 2019 2020
Harga Kontrak 900 900 900
- Biaya yang Dikeluarkan 275 500 650
- Perkiraan Biaya 325 150 0
Perkiraan Laba Kotor 300 250 250
Persentase Penyelesaian 46% 77% 100%

Contoh Jurnal Akuntansi Perusahaan Kontraktor

Contoh jurnal akuntansi perusahaan kontraktor diharuskan mencatat biaya produksi yang telah digunakan, mencatat pembayaran cicilan kas yang telah dibayarkan dan mencatat penagihan biaya yang dibayarkan kepada perusahaan.

Jurnal akuntansi perusahaan jasa kontruksi untuk mencatat biaya produksi yang telah digunakan adalah
Tanggal Keterangan Debit Kredit
01 Januari 2018 Kontruksi dalam Proses 275
   Kas 275

Contoh jurnal akuntansi perusahaan kontraktor untuk mengakui adanya pembayaran piutang kontrak atau cicilan termin pembayaran sebagai berikut ini

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01 Desember 2018 Piutang Usaha 300
   Kontruksi dalam Proses 300

Contoh jurnal akuntansi perusahaan kontraktor menggunakan metode persentase penyelesaian percentage of completion method sebagai berikut ini.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01 Desember 2018 Kas 200
   Piutang Usaha 200

Demikianlah contoh soal dan jawaban tentang metode persentase penyelesaian pendapatan kontruksi semoga anda paham dengan penjelasan saya ya kawan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Tentang Metode Persentase Penyelesaian Pendapatan Kontruksi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel