Contoh Soal Akuntansi Keuangan Lanjutan 2 Penggabungan Usaha

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 2 penggabungan usaha menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan laba lebih besar. Laporan keuangan konsolidasi perusahaan induk dan anak menjadi modul pembelajaran akl lanjutan.

Contoh soal konsolidasi pada anak perusahaan yang dimiliki penuh tentu berkaitan dengan induk perusahaan membeli saham langsung pada anak perusahaan. Cara menghitung nilai tercatat investasi dilakukan ketika bertambahnya saham anak perusahaan yang beredar ketika induk perusahaan membeli langsung saham anak perusahaan tanpa perantara bursa efek.

Konsolidasi pada anak perusahaan yang dimiliki kurang dari kepemilikan penuh harus menyesuaikan persentase modal yang telah dibeli induk perusahaan. Urutan penyesuaian dan eliminasi pada kertas kerja berawal dari penentuan jenis saham komulatif dan berpartisipasi.

Contoh Soal Akuntansi Keuangan Lanjutan 2 Penggabungan Usaha


Contoh Soal Induk Perusahaan Membeli Saham Anak Perusahaan Secara Langsung

Induk perusahaan membeli saham langsung kepada anak perusahaan menyebabkan jumlah saham yang beredar semakin banyak. Biasanya induk perusahaan akan membeli saham perusahaan lain untuk kepemilikan penuh melalui bursa efek atau pasar modal yang tidak menyebabkan perubahan dalam jumlah saham yang beredar.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 2 penggabungan usaha berkaitan dengan pembelian saham anak perusahaan yang belum beredar pada masa emisi saham baru. Konsolidasi pada anak perusahaan yang dimiliki penuh memungkinkan induk perusahaan menyusun laporan keuangan konsolidasi menggunakan metode purchase atau equity.

Contoh soal induk perusahaan membeli langsung saham anak perusahaan terjadi pada PT Masraffi yang memiliki laporan keuangan sebelum konsolidasi dengan jumlah saham beredar 20.000 lembar saham sebagai berikut.

- Modal Saham Rp 40.000.000
- Agio Saham Rp 13.500.000
- Laba Ditahan Rp 5.500.000

Penggabungan usaha dengan metode goodwill dilakukan PT Masraffi dengan mengadakan emisi saham baru sebanyak 1000 lembar saham yang memiliki nilai nominal Rp 2.000. Apabila induk perusahaan membeli langsung saham anak perusahaan dengan harga perlembar Rp 2.500 padahal harga saham dipasar modal sebesar Rp 3.500. Buatlah jurnal yang dibutuhkan untuk transaksi pembelian saham.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Job Order Proses

Contoh Soal dan Jawaban Kertas Kerja Konsolidasi

Contoh soal dan jawaban kertas kerja konsolidasi dibutuhkan untuk penyusunan laporan keuangan konsolidasi dengan metode purchase atau equity. Modul akuntansi keuangan lanjutan 2 penggabungan usaha menjadi materi yang menarik dengan urutan penyesuaian dan eliminasi pada kertas kerja harus dilakukan.

Urutan penyesuaian dan eliminasi pada kertas kerja dimulai dengan melakukan pencatatan pembelian saham baru induk perusahaan secara langsung kepada anak perusahaan yaitu

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01 Juli 2020 Kas Rp 2.500.000
Modal Saham Rp 2.000.000
Agio Saham Rp 500.000

Laporan keuangan konsolidasi perusahaan induk dan anak akan menghasilkan komposisi modal anak perusahaan sebelum dilakukan pembelian langsung induk perusahaan sebagai berikut

Sebelum Pembelian Sesudah Pembelian
- Modal Saham Rp 40.000.000 Rp 42.000.000
- Agio Saham Rp 13.500.000 Rp 14.000.000
- Laba Ditahan Rp 5.500.000 Rp 5.500.000

Baca Juga: Cara Menghitung Current Ratio Pada Laporan Keuangan.

Contoh Soal Konsolidasi dengan Saham Preferen Anak Perusahaan

Contoh soal konsolidasi dengan saham preferen anak perusahaan membutuhkan penjumlahan komposisi saham yang telah beredar di pasar modal. Pembelian saham langsung induk perusahaan kepada anak perusahaan menyebabkan jumlah modal yang ada dianak perusahaan bertambah.

Contoh soal konsolidasi dengan saham preferen anak perusahaan dimulai dengan melihat presentase pemilikan saham untuk menentukan apakah sebuah perusahaan merupakan induk atau anak. Cara menghitung presentasi kepemilikan saham sebagai berikut.

Jumlah Saham Anak   Perusahaan Jumlah Saham Induk Perusahaan Sesudah Pembelian
20000 lembar saham Rp 42.000.000
1000 lembar saham1000 lembar saham Rp 14.000.000
21000 lembar saham1000 lembar saham Rp 5.500.000
Presentase Kepemilikan4,76%

Maka penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode purchase tidak dapat dilakukan karena kepemilikan induk perusahaan kurang dari 5% kecuali telah diputuskan dalam rapat umum pemegang saham.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembentukan Persekutuan Firma

Demikianlah contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 2 penggabungan usaha semoga laporan keuangan konsolidasi perusahaan induk dan anak dapat dibuat.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Keuangan Lanjutan 2 Penggabungan Usaha"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel