Pengertian Laba Ditahan Adalah, Fungsi dan Tujuan Laba Ditahan

Konten [Tampil]

Laba ditahan adalah sumber modal yang diperoleh perusahaan dari kegitan operasional. Alasan perusahaan menyisihkan sebagaian laba untuk ditahan agar sumber permodalan perusahaan berkaitan dengan modal internal dan modal eksternal.

Apa tujuan perusahaan menyisihkan laba ditahan untuk perusahaan menjadi pembahasan sebab sebagai sumber permodalan. Sumber dana internal atau yang dihasilkan sendiri diantaranya keuntungan yang ditahan (retained net profit) dan penyusutan (depreciations).

Contoh laba ditahan dalam laporan keuangan terletak dibagian ekuitas laporan posisi keuangan. Cara menghitung laba ditahan dapat dibuatkan jurnal penyesuaian agar pembagian dividen tidak dilakukan pada periode tersebut.

Pengertian Laba Ditahan Adalah, Fungsi dan Tujuan Laba Ditahan


Apa yang Dimaksud Laba Ditahan

Pengertian laba ditahan adalah sumber modal perusahaan yang didapatkan dari investasi yang dilakukannya sendiri. Besarnya laba ditahan bergantung pada kebijaan pembagian dividen yang dilakukan per periode. 

Apa yang dimaksud laba ditahan bergantung besarnya pada dividen policy. Laba yang diperoleh pada periode tertentu akan menambah besarnya laba ditahan. Sumber pendanaan dari perusahaan atau internal source sebaiknya lebih besar daripada external source.

Laba ditahan adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam periode tertentu yang tidak dibagikan ke pemegang saham. Kebijakan penanaman modal kembali akan mengakibatkan besar kecilnya saldo laba ditahan perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Research GAP untuk Pengajuan Judul Skripsi

Apa Tujuan Perusahaan Menyisihkan Sebagian Laba Ditahan

Tujuan perusahaan menyisihkan sebagian laba ditahan untuk menjaga keseimbangan permodalan dari pihak internal dan pihak external. Sumber daya modal dari internal tidak akan dikenakan bunga dan jangka waktu pengembalian daripada sumber daya modal dari pihak eksternal.

Apa tujuan perusahaan menyisihkan laba yang diperoleh untuk menjadi laba ditahan dalam laporan posisi keuangan berkaitan dengan alasan stabilitas permodalan, alasan investasi dan memperbaiki struktur financial perusahaan.

Alasan apa perusahaan menyisihkan sebagaian laba ditahan adalah untuk melakukan pembelian aset tetap. Laba akan dibagikan dalam bentuk dividen atau laba digunaan kembali untuk melakukan investasi ekspansi pengsa pasar perusahaan.

Baca Juga: Pertanyaan dan Soal Essay Tenatang Laba Ditahan

Cara Menghitung Laba Ditahan di Laporan Posisi Keuangan

Cara menghitung laba ditahan di laporan posisi keuangan berkaitan dengan kebijakan pembagian dividen dan kebijakan penanaman modal perusahaan. Laba ditahan penting bagi perusahaan sebab untuk menjaga keseimbangan modal internal dan modal eksternal.

Contoh perhitungan laba ditahan menjadi cadangan persediaan untuk melakukan ekspansi perusahaan. Penanaman modal dengan laba ditahan sebaiknya dapat digunakan untuk mempersiapkan keadaan darurat seperti kejadian luar biasa.

Cara menghitung laba ditahan pada laporan posisi keuangan terjadi pada PT. Masraffi yang mendapatkan laba setelah pajak sebesar Rp 500.000.000. Kebijakan pembagian dividen akan membagikan dividen sebanyak 20% dari laba yang diperolehnya. Bagaimana contoh perhitungan laba ditahan yang harus dikerjakan.

Laba Setelah PajakRp500.000.000
Kebijakan Dividen80%
Laba ditahanRp400.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Penyusutan Aktiva Tetap

Demikianlah pengertian laba ditahan beserta fungsi laba ditahan, tujuan perusahaan menahan laba, manfaat laba ditahan bagi perusahaan. 

0 Response to "Pengertian Laba Ditahan Adalah, Fungsi dan Tujuan Laba Ditahan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel