Pertanyaan Tentang Aset Tetap dan Aset Tidak Berwujud

Konten [Tampil]

Pertanyaan tentang aset tetap dan aset tidak berwujud pada dasarnya berisikan soal essay dan pilihan ganda. Contoh soal dan jawaban pengakuan aset tetap, penurunan aset tetap bahkan pertukaran aset tetap menjadi pembahasan dalam materi akuntansi keuangan menengah.

Pertanyaan tentang aset tidak berwujud dan aset tetap seharusnya berkaitan cara menghitung intangible asset. Perlakuan akuntansi jika perusahaan membeli intangible asset beserta amortisasi menjadi hak wajib dalam perhitungan penyusutan aset tak berwujud.

Cara menghitung intangible asset yakni pertanyaan tentang pengakuan aset tetap. Perlakuan akuntansi jika perusahaan membeli intangible asset beserta amortisasi harus dilakukan setiap periode. Bagaimana cara mencatat jurnal aset tetap tak berwujud dan akumulasi amortisasinya?

Pertanyaan Tentang Aset Tetap dan Aset Tidak Berwujud


Contoh Soal Pilihan Ganda Aset Tetap dan Aset Tidak Berwujud

Contoh soal pilihan ganda aset tetap dan aset tidak berwujud biasanya berkaitan dengan pengertian, penurunan nilai, pangakuan awal, pertukaran bahkan cara mendapatkan aset tersebut. Bank soal akuntansi aset tetap terdapat soal essay dan pilihan ganda untuk uts dan uas.

Pertanyaan tentang revaluasi aset tetap dan aktiva tidak berwujud berkaitan dengan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Setiap kali melakukan perhitungan ulang terhadap nilai sebuah aktiva yang menghasilkan keuntungan maka akan dikenakan pajak final.

Contoh soal pilihan ganda aset tak berwujud dan aset tetap berkaitan dengan pertukaran aset. Setiap kali pertukaran aset, maka perusahaan harus menjurnal pengeluaran aset tersebut kemudian terjadi pengurangan terhadap nilai akumulasi aktiva tetap.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Revaluasi Aset Tetap

Kumpulan Contoh Soal Aset Tak Berwujud dan Aset Tetap

Kumpulan contoh soal aset tak berwujud dan aset tetap pada dasarnya berkaitan dengan perbedaan antara kedua jenis aset tersebut. Karakteristik aset tetap yakni memiliki wujud secara fisik sehingga perusahaan dapat menilai secara wajar aset tersebut dengan mudah. 

Kumpulan contoh soal aset tetap berkaitan dengan pengakuan awal penggunaan aset tersebut. Apakah bagian dari satu bulan seperti aset dibeli pada tanggal 15 juli 2020 sedangkan pemakaian pada tanggal 1 agustus, akan dilakukan depresiasi berdasarkan bulan agustus?

Pengakuan aset tetap harus dimulai dari mana aktiva pertama kali digunakan oleh perusahaan, misalnya aset dibeli bulan januari akan tetapi dipakai bulan maret maka pengakuannya diakui bulan maret.

Bagaimana cara menghitung nilai aktiva tetap yang tercatat pada saat pengukuran awal? Nilai aktiva tetap yang tercatat di laporan keuangan berasal dari harga perolehan ditambah biaya langsung untuk membuat produk siap dipakai serta biaya pemindahan aset tersebut.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Perolehan Aset Tetap

Demikianlah pertanyaan tentang aset tetap dan aset tidak berwujud semoga anda paham dengan penjelasan yang saya berikan ya.

0 Response to "Pertanyaan Tentang Aset Tetap dan Aset Tidak Berwujud"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel