Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Induk Perusahaan Kepada Anak Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan tentunya memiliki harga jual yang berbeda. Transaksi apa yang sering melibatkan entitas induk dan entitas anak adalah jual beli persediaan antar perusahaan yang memiliki kepentingan manajemen.

Asumsi laporan konsolidasi yang memandang entitas induk dan entitas anak sebagai satu kesatuan perusahaan adalah prinsip kesatuan. Contoh soal dan jawaban penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan tetap mengakui adanya keuntungan dari transaksi jual beli tersebut.

Contoh soal dan jawaban laba atas transaksi antar perusahaan persediaan melibatkan anak perusahaan dan induk perusahaan. Laba rugi yang diakui induk perusahaan atas transaksi dengan anak perusahaan harus dihapus sehingga tidak mempengaruhi besar kecilnya persentase kepemilikan induk perusahaan.

Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Induk Perusahaan Kepada Anak Perusahaan


Transaksi Entitas Induk dan Entitas Anak Perusahaan Dagang dan Jasa

Transaksi entitas induk dan entitas anak perusahaan jasa dan perusahaan dagang tentunya berkaitan dengan persediaan barang dagang, aset tetap dan hutang piutang. Asumsi penyusunan laporan konsolidasi yang memandang entitas induk dan entitas anak sebagai satu kesatuan adalah prinsip satu kesatuan.

Transaksi apa yang sering melibatkan entitas induk dan entitas anak tentunya penjualan barang dagang dan kepemilikan aset tetap. Kewajiban penyusunan laporan konsolidasi merupakan tanggungjawab perusahaan induk.

Laba antar transaksi induk perusahaan dan anak perusahaan bagi entitas induk tidak akan mengakui adanya laba tersebut. Besar nilai persediaan barang dagang harus dilaporkan sesuai dengan harga pokok penjualan pada neraca konsolidasi.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Laba Antar Perusahaan

Mengapa Transaksi Antar Entitas Dalam Satu Kelompok Usaha Perlu Dieliminasi

Mengapa transaksi antar entitas dalam satu kelompok usaha perlu dieliminasi sebab akan terjadi transaksi timbal balik atau restripokal. Contoh transaksi hulu dan hilir akan memberitahu bagaimana alur persediaan barang dagang.

Contoh transaksi hulu dan hilir akan menceritakan tentang bagaimana perusahaan mendapatkan persediaan barang dagang. Perlakuan akuntansi yang tidak benar atas transaksi hulu dan hilir tentunya yang tidak sesuai dengan asumsi penyusunan laporan keuangan konsolidasi.

Mengapa transaksi induk perusahaan dan anak perusahaan perlu dieliminasi tentunya berkaitan dengan jumlah aktiva dan jumlah modal yang harus dilaporkan. Laba antar perusahaan adalah laba yang didapatkan oleh perusahaan dalam satu kelompok modal seperti anak perusahaan dan induk perusahaan.

Baca Juga: Penjualan Barang Dagang Oleh Anak Perusahaan Kepada Induk Perusahaan

Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Oleh Induk Perusahaan Kepada Anak Perusahaan

Contoh soal penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan terjadi pada PT Masraffi yang memiliki 100% saham beredar milik PT Kakraffi. Pada tanggal 1 juli 2020, PT Induk melakukan penjualan barang dagang kepada PT anak dengan harga pokok Rp 32.000.000 dan harga jual Rp 43.000.000.

Contoh soal dan jawaban penjualan barang dagang antar induk perusahaan dan anak perusahaan harus dianalisis dengan langkah.

PT Induk PerusahaanMelakukan pengurangan terhadap laba   penjualan barang dagang sebesar Rp 11.000.000
PT Anak PerusahaanMencatat pengurangan persediaan sesuai dengan harga pokok Rp 11.000.000

Jurnal Eliminasi Entitas Induk dan Entitas Anak

Jurnal eliminasi entitas induk dan entitas anak harus dibuat baik dengan menggunakan metode equity atau metode cost. Apabila induk perusahaan hanya memiliki saham anak perusahaan kurang dari 100% maka harus menyesuaikan dengan hak kontrol perusahaan tersebut.

Jurnal eliminasi entitas induk dan entitas anak yang dibuat berdasarkan contoh soal penjualan barang dagang induk perusahaan kepada anak perusahaan sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
01/07/2021Laba Ditahan PT MasraffiRp11.000.000
Persediaan Barang Dagang PT   KakraffiRp11.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Barang Konsinyasi Tidak Berhasil Dijual Pada Akhir Periode

Demikian contoh soal penjualan barang induk perusahaan kepada anak perusahaan semoga anda paham tentang transaksi hulu dan hilir ya.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Induk Perusahaan Kepada Anak Perusahaan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel