Contoh Soal Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran

Konten [Tampil]

Tukar tambah dalam penjualan angsuran berarti pembeli menyerahkan barang yang sejenis dengan barang yang hendak dibelinya secara cicilan. Pengakuan laba kotor dalam penjualan angsuran dapat dilakukan secara proporsional atau diakui pada saat penjualan terjadi.

Contoh soal tukar tambah dalam penjualan angsuran kerap terjadi sebab barang bekas milik pembeli diserahkan sebagai pengurang produk baru yang hendak dibeli. Pertanyaan tentang penjualan cicilan atau penjualan angsuran harus ditetapkan terlebih dahulu nilai wajar dari barang tersebut.

Penjualan angsuran barang tak bergerak dan barang bergerak dapat dilakukan dengan perjanjian. Contoh penjualan angsuran motor dan kendaraan roda empat menjadi masalah tukar tambah yang terjadi. Resume penjualan angsuran akan menjadikan contoh soal essay pembayaran cicilan.

Contoh Soal Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran


Pengertian Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran

Pengertian tukar tambah dalam penjualan angsuran adalah perjanjian dimana pembeli menyerahkan barang yang sudah pernah dipakai untuk sebagai tambahan atas pembelian barang baru. Penjual harus menetapkan harga barang yang diserahkan pembeli sebesar nilai wajar pada saat tersebut.

Tukar tambah dalam penjualan angsuran harus dicatat sebesar harga yang dianggap sebagai harga pokok barang pengganti. Harga barang bekas yang diserahkan pembeli akan dianggap sebagai harga pertukaran produk.

Pertanyaan tentang penjualan cicilan sering disebut penjualan angsuran. Pengertian tukar tambah dalam penjualan angsuran berarti penjual menyerahkan barang baru yang dibeli pembeli dengan menukarkan barang lama ditambah kas atau piutang dagang.

Baca Juga: Contoh Soal Pajak Penghasilan Pasal 25 Angsuran Pajak

Contoh Soal Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran

Contoh soal tukar tambah dalam penjualan angsuran akan menyebabkan terjadinya perbedaan antara harga pokok dengan harga pertukaran. Penjualan angsuran dapat diberikan pembayaran sejumlah uang tunai yang dibayarkan dimuka.

Contoh soal dan jawaban tukar tambah penjualan angsuran terjadi pada PT Masraffi yang melakukan transaksi penjualan cicilan kepada Adira. Perjanjian penjualan angsuran motor yang dilakukan adalah.

Harga Motor BekasRp19.000.000
Harga Motor BaruRp29.000.000
HPP Motor BaruRp15.000.000
Biaya PerbaikanRp1.250.000
Harga setelah perbaikan Rp24.000.000
Laba kotor Penjualan25%

Agar penjualan angsuran mendapatkan laba atas barang tak bergerak dan barang bergerak. Penjual dapat memperhitungkan cadangan selisih pertukaran barang dengan langkah yakni.

Harga Motor Bekas   yang DisetujuiRp19.000.000
Harga Jual Setelah PerbaikanRp24.000.000
Laba Kotor Rata-Rata-Rp6.000.000
Biaya Perbaikan-Rp1.250.000
HPP Tukar TambahRp16.750.000
Cadangan Selisih Harga PertukaranRp2.250.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tak Bergerak

Jurnal Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Jurnal tukar tambah penjualan angsuran dapat dilakukan setelah terjadinya pembelian barang tak bergerak dan barang bergerak. Pengakuan laba kotor dalam penjualan angsuran diakui secara proporsional atau ketika terjadi penjualan.

Jurnal tukar tambah penjualan ketika penjualan cicilan terjadi adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01 September 2020Motor BekasRp16.750.000
Cadangan Selisih Harga PertukaranRp2.250.000
Piutang Rp10.000.000
Penjualan AngsuranRp29.000.000

Jurnal mencatat persediaan barang dagang hasil tukar tambah penjualan angsuran yang harus dibuat oleh penjual adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01 September 2020HPPRp15.000.000
Persediaan Barang DagangRp15.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran Motor dan Barang Bergerak Lainnya

Demikian contoh soal tukar tambah dalam penjualan angsuran semoga dapat memahami pengertian tukar tambah dan pertanyaan penjualan cicilan ya.

0 Response to "Contoh Soal Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel