Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Antar Anak Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan berkaitan dengan entitas induk dan entitas anak persediaan dan aset tetap. Transaksi persediaan antar perusahaan akan terjadi ketika induk perusahaan memiliki lebih dari satu anak perusahaan untuk mendapatkan laba lebih banyak.

Contoh soal intercompany inventory transaction berarti penjualan barang dagang antara cabang-cabang perusahaan. Pengertian laba antar perusahaan adalah laba yang didapatkan oleh anak perusahaan yang dilaporkan kepada induk perusahaan.

Soal essay dan pertanyaan tentang transaksi antar perusahaan akan terjadi ketika induk perusahaan akan memperlebar usahanya. Contoh transaksi hulu dan hilir berkaitan dengan hubungan perusahaan induk dan anak perusahaan dalam transaksi pembelian barang dagang dan aset tetap.

Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Antar Anak Perusahaan


Pengertian Laba Antar Perusahaan

Pengertian laba antar perusahaan adalah keuntungan yang didapatkan oleh induk perusahaan dari anak-anak perusahaan yang dimiliki yang telah dilaporkan pada akhir periode. Transaksi upstream dan downstream akan terjadi ketika hubungan induk dan anak perusahaan terjadi.

Transaksi entitas induk dan entitas anak aset tetap dan persediaan barang dagang akan menghasilkan laba antar perusahaan. Pengertian laba antar perusahaan merupakan laba atau keuntungan setiap periode yang dilaporkan anak perusahaan kepada induk perusahaan setiap akhir periode.

Transaksi persediaan antar perusahaan tentunya akan terjadi ketika induk perusahaan ingin memperluas usahanya dengan cara memiliki sebagian dari saham milik perusahaan lain. Laba yang dihasilkan dari transaksi antar perusahaan harus disesuaikan sebelum proses pembuatan laporan posisi keuangan konsolidasi.

Baca Juga: Contoh Soal Barang Konsinyasi Belum Terjual Pada Akhir Periode

Contoh Soal dan Jawaban Laba Atas Transaksi Antar Perusahaan Persediaan

Contoh soal dan jawaban laba atas transaksi antar perusahaan persediaan dapat terjadi antara induk perusahaan dengan anak perusahaan. Penjualan barang dagang anak perusahaan satu kepada anak perusahaan lain menyebabkan induk perusahaan memiliki kepentingan pengakuan laba antar perusahaan.

Contoh soal laba atas transaksi antar perusahaan persediaan dan aset tetap metode equity dan metode cost dapat digunakan. Induk perusahaan dapat memiliki lebih dari satu anak perusahaan untuk mendapatkan laba dan rugi yang lebih banyak lagi.

Contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan terjadi pada PT Masraffi yang memiliki saham PT Rafinternet sebesar 75% dan PT Kakraffi Sebesar 65%. Ketika laporan keuangan disusun menunjukkan PT masraffi memiliki persediaan sebesar Rp 33.000.000 yang berasal dari PT Rafinternet sebesar Rp 13.000.000 yang dibelinya dari PT Kakraffi dengan margin 25%.

Baca Juga: Contoh Soal Transaksi Antara Induk Perusahaan dan Anak Perusahaan

Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Barang Dagang Antar Anak Perusahaan

Contoh soal dan jawaban penjualan barang dagang antar anak perusahaan harus terlebih dahulu membuat perhitungan laba yang telah diakui. Cara menghitung harga pokok penjualan barang dagang antar anak perusahaan sebagai berikut.

Harga Jual Kepada PT RafinternetRp13.000.000
Laba yang telah diakuiRp3.250.000
Harga Pokok Barang Yang DijualRp9.750.000

Contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan akan membuat pencatatan laba terlalu besar di sisi anak perusahaan. Oleh karena itu, jurnal penyesuaian penjualan barang dagang harus dibuat dengan menggunakan metode equity yakni.

TanggalKeteranganDebitKredit
06/09/2021Laba Ditahan PT KakraffiRp812.500
Laba Ditahan PT RafinternetRp2.600.000
Persediaan barang Dagang PT MasraffiRp3.412.500

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Oleh Induk Perusahaan Kepada Anak Perusahaan

Demikian contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan semoga dapat transaksi entitas induk dan entitas anak sebagai contoh transaksi hulu dan hilir dapat dilakukan ya.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Antar Anak Perusahaan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel