Contoh Soal Penjualan Aktiva Tetap Antar Perusahaan Berafiliasi

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan aktiva tetap antar perusahaan berafiliasi berkaitan dengan entitas induk dan entitas anak aset tetap. Prosedur konsolidasi penjualan aset tetap tidak disusutkan berkaitan dengan penggunaan aktiva tetap dalam menghasilkan laba antar perusahaan.

Contoh soal entitas induk dan entitas anak aset tetap menimbulkan masalah laba dan rugi yang harus dieliminasi beserta penyusutan aktiva tetap yang telah dibeli perusahaan. Makalah transaksi antar perusahaan berkaitan dengan penjualan oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan atau antar anak perusahaan.

Laporan keuangan konsolidasi jual beli aktiva tetap seharusnya dibuatkan jurnal penyesuaian laba rugi yang harus dieliminasi. Bab 6 transaksi entitas induk dan entitas anak aset tetap berkaitan dengan masalah penyusutan dan laba antar perusahaan yang harus dieliminasi.

Contoh Soal Penjualan Aktiva Tetap Antar Perusahaan Berafiliasi


Prosedur Konsolidasi Penjualan Aset Tetap Tidak Disusutkan dan Disusutkan

Prosedur konsolidasi penjualan aset tetap tidak disusutkan harus memperhatikan masalah penjualan aktiva tetap dan laba antar perusahaan. Laporan keuangan konsolidasi jual beli aktiva tetap dapat terjadi karena adanya masalah depresiasi dan laba dan rugi yang harus dieliminasi.

Prosedur konsolidasi penjualan aset tetap tidak disusutkan dan disusutkan terjadi ketika aktiva tetap yang dibeli oleh perusahaan afiliasi akan menyebabkan penyusutan yang terlalu besar. Penjualan aktiva tetap antar perusahaan berafiliasi dapat dilakukan terhadap penjualan induk perusahaan kepada anak perusahaan.

Contoh soal laba atas transaksi antar perusahaan aktiva tetap harus dibuatkan jurnal eliminasi agar aktiva tetap yang dicatat pembeli tidak terlalu besar. Pertanyaan tentang laba atas transaksi antar perusahaan aktiva tetap bergantung metode yang digunakan.

Baca Juga: Contoh Soal Kantor Pusat dan Agen

Contoh Soal Penjualan Aktiva Tetap Oleh Induk Perusahaan Kepada Anak Perusahaan

Contoh soal penjualan aktiva tetap oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan metode equity dan metode cost bergantung hak kontrol yang dimiliki. Bab 6 transaksi entitas induk dan entitas anak aktiva tetap terjadi ketika induk perusahaan menjual aset tetap kepada anak perusahaan.

Penjualan aktiva tetap oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan terjadi pada PT Masraffi yang mempunyai seluruh saham PT Bapakraffi. Pada tanggal 4 januari 2020, PT Masraffi menjual aktiva tetap yang dimiliki kepada PT Bapakraffi dengan harga pokok Rp 33.000.000 dengan harga RP 66.000.000.

Penjualan aset tetap oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan ditaksir memiliki umur manfaat 4 tahun tanpa nilai residu. Buatlah jurnal eliminasi laba dan rugi penjualan aktiva tetap konsolidasi tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Kertas Kerja Konsolidasi

Soal Jawab Tentang Transaksi Antar Perusahaan Aktiva Tetap

Soal jawab tentang transaksi antar perusahaan aktiva tetap terjadi karena adanya laba antar perusahaan yang harus dibuatkan jurnal eliminasi. Makalah transaksi antar perusahaan aset tetap harus menghitung laba atas penjualan aktiva tetap yang harus dibuatkan jurnal eliminasi sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
04/01/2021Laba Ditahan PT MasraffiRp33.000.000
Aktiva Tetap PT BapakraffiRp33.000.000

Soal jawab tentang transaksi antar perusahaan aktiva tetap akan menghasilkan laba antar perusahaan. Selanjutnya, cara membuat tabel depresiasi metode garis lurus akan mempermudah pembuatan jurnal eliminasi ketika aset tetap berhasil dijual.

Penyusunan Neraca   KonsolidasiLaba Ditahan IndukAkumulasi PenyusutanAktiva Tetap PT Anak
Saat PembelianRp33.000.000Rp0Rp33.000.000
Tahun PertamaRp24.750.000Rp8.250.000Rp33.000.000
Tahun KeduaRp16.500.000Rp16.500.000Rp33.000.000
Tahun KetigaRp8.250.000Rp24.750.000Rp33.000.000
Tahun KeempatRp0Rp33.000.000Rp33.000.000

Jurnal eliminasi penjualan aktiva tetap oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan harus dibuat perakhir periode penyusutan. Jurnal eliminasi penjualan aktiva tetap pada akhir tahun pertama adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Laba Ditahan PT MasraffiRp24.750.000
Akumulasi PenyusutanRp8.250.000
Aktiva Tetap PT BapakraffiRp33.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Antar Anak Perusahaan

Demikian contoh soal penjualan aktiva tetap antar perusahaan berafiliasi oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan. Laba antar perusahaan harus dibuat laporan keuangan konsolidasi setiap akhir periode.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Aktiva Tetap Antar Perusahaan Berafiliasi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel