Contoh Soal Hubungan Kantor Pusat dan Cabang

Konten [Tampil]

Contoh soal hubungan kantor pusat dan cabang masalah khusus menjadi persoalan lain. Kegiatan dalam departemen pusat dan cabang dapat mengetahui perbedaan kantor cabang dan kantor pusat.

Contoh soal masalah lain di kantor pusat dan kantor cabang menjadi pertanyaan essay dan pilihan ganda. Pengiriman barang dagang diatas harga pokok terjadi sebab penutupan biaya pengurusan dan biaya pengawasan antara kantor cabang dan kantor pusat.

Jelaskan penjurnalan akuntansi penganggaran jika menggunakan pendekatan kantor pusat dan cabang bergantung metode sentralisasi dan desentralisasi yang digunakan. Kegiatan dalam departemen cabang dan pusat menjadikan nilai persediaan barang yang diterima lebih tinggi daripada harga pokoknya.

Contoh Soal Hubungan Kantor Pusat dan Cabang


Pengertian Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Pengertian akuntansi kantor pusat dan cabang tentu terjadi karena semakin lama perusahaan menjalankan kegiatan usaha kemungkinan besar dapat memperlebar pasar baru. Kantor pusat dapat membuka cabang dan agen sebagai upaya memperlebar area penjualannya.

Pengertian kantor pusat dan kantor cabang adalah perusahaan yang memiliki unit kegiatan di luar daerah asalnya. Contoh soal akuntansi kantor pusat dan cabang masalah lain dapat terjadi ketika biaya-biaya cabang akan ditanggung oleh kantor pusat.

Kegiatan dalam departemen cabang dan pusat menjadi tempat berjualan untuk meningkatkan laba. Pengertian kantor pusat dan kantor cabang adalah tempat dimana perusahaan mengadakan pencatatan transaksi yang terjadi di perusahaannya sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Research Gap untuk Pengajuan Judul Skripsi

Pertanyaan dan Contoh Soal Masalah Lain Pada Kantor Cabang

Pertanyaan masalah lain pada kantor cabang biasanya berkaitan dengan transaksi yang dilakukan antarcabang. Contoh soal masalah lain pada kantor cabang terjadi ketika antar kantor cabang melakukan transaksi seperti transfer kas dan pengiriman barang dagang.

Contoh soal masalah lain pada kantor cabang terjadi ketika kantor pusat memiliki 2 atau lebih cabang. Pengiriman barang diatas harga pokok menjadi wewenang dari kantor pusat untuk menutup transaksi ongkos kirim dan biaya administrasi.

Contoh soal masalah lain pada kantor cabang terjadi pada PT Masraffi yang mengirimkan persediaan barang dagang diatas harga pokok sebesar Rp 12.500.000 dimana diakui keuntungan sebesar 25%. Pada akhir periode, kantor cabang melaporkan bahwa barang yang dikirim terjual dengan harga 40.000.000.

Baca Juga: Perbedaan Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang Diatas Harga Pokok

Contoh soal pengiriman barang diatas harga pokok akan dilakukan pembuatan jurnal akun cadangan kenaikan harga barang cabang. Laba yang dilaporkan kantor cabang menjadi rendah daripada laba yang seharusnya dilaporkan.

Pengiriman barang dagang diatas harga pokok mengharuskan kantor pusat membuat jurnal penyesuaian terjadap transaksi kenaikan harga barang. Jurnal penyesuaian harga pokok dan laba yang dilaporkan oleh cabang dibuatkan pada akhir bulan.

Contoh soal masalah lain kantor cabang seharusnya menjadi dasar agar perusahaan ketika pengiriman barang dagang ke kantor cabang harus diakui sebesar harga pokok yang sebenarnya terjadi. Kantor pusat harus membuat jurnal penyesuaian kenaikan laba kantor cabang sebagai berikut.

TransaksiJurnal Kantor Pusat
- Penjualan barang ke cabang R/K Kantor CabangRp12.500.000
Pengiriman Barang DagangRp9.375.000
Laba kenaikan harga barangRp3.125.000
- Penjualan Barang Oleh Kantor CabangR/K Kantor CabangRp27.500.000
Rugi Laba Kantor CabangRp27.500.000
- Penyesuaian saldo kenaikan harga barangLaba Kenaikan harga barangRp3.125.000
Rugi Laba Kantor CabangRp3.125.000
- Jurnal Penutup Kantor CabangRugi laba kantor cabangRp30.625.000
Laba DitahanRp30.625.000

Pertanyaan masalah lain kantor cabang berkaitan dengan pencatatan yang harus dibuatkan jurnal oleh kantor pusat dan cabang. Kantor cabang yang menggunakan metode desetralisasi mencatat transaksi kenaikan harga barang sebagai berikut.

Baca Juga: Pertanyaan Masalah Lain Kantor Cabang dan Pusat

TransaksiJurnal Kantor Cabang
- Penjualan barang ke   cabang Penerimaan barang dari pusatRp12.500.000
R/K Kantor PusatRp12.500.000
- Penjualan Barang Oleh Kantor   CabangRugi Laba Kantor PusatRp27.500.000
R/K Kantor PusatRp27.500.000

Demikianlah contoh soal hubungan kantor pusat dan cabang yang terjadi masalah lain bahkan masalah khusus seperti penerimaan barang dagang diatas harga pokok oleh cabang.

0 Response to "Contoh Soal Hubungan Kantor Pusat dan Cabang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel