Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Konten [Tampil]
Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka menjadi salah satu penghasilan yang harus disesuaikan dengan keadaan sebenarnya. Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaian nilai tercatat pendapatan yang sudah diterima perusahaan di masa lalu.

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka akan mengurangi saldo kelompok akun hutang atau likuiditas. Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka akan berlangsung pada akhir periode akuntansi sebagai alokasi pendapatan sesungguhnya yang diterima perusahaan.

Pendapatan diterima dimuka adalah akun yang mencatat uang muka service atau jasa ketika jasa belum diberikan dan akan diberikan pada masa depan. Pendapatan diterima dimuka bahasa inggrisnya adalah Prepaid Income. Nomor akun pendapatan diterima dimuka adalah termasuk kelompok hutang sehingga akan memiliki nomor awalan 2 ya.

Contoh jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka akan menjelaskan bahwa pendapatan diterima dimuka masuk akun apa yakni akun hutang. Pendapatan diterima dimuka masuk akun hutang sebab perusahaan belum memberikan jasa yang telah dijanjikannya kepada pelanggan tersebut.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka adalah

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka adalah sebuah pencatatan yang dilakukan perusahaan sebagai upaya untuk mengakui penghasilan yang sebenarnya telah menjadi hak perusahaan. Terdapat dua kategori akun yang harus dibuat penyesuaian yakni pembayaran diterima dimuka dan pembayaran yang harus dibayarkan.

Pendapatan diterima dimuka adalah akun yang digunakan untuk mencatat service yang belum diberikan kepada pelanggan dimana jasa akan diberikan sesuai dengan kesepakatan waktu dimasa depan antara pelanggan dengan perusahaan. 

Pendapatan diterima dimuka bahasa inggrisnya adalah Prepaid Income. Apakah pendapatan diterima dimuka termasuk pendapatan? jawabannya adalah tidak, kecuali perusahaan telah memberikan pelanggan hak yang menjadi penghasilan asli perusahaan tersebut.


Bagaimana Timbulnya Pendapatan Diterima Dimuka bagi Perusahaan

Pendapatan diterima dimuka muncul karena perusahaan telah menerima sejumlah pembayaran baik secara penuh atau sebagian akan tetapi perusahaan belum melaksanakan apa yang telah dimintai oleh pelanggan tersebut.

Bagaimana timbulnya pendapatan diterima dimuka sebab perusahaan telah mendapatkan kas atau dana secara tunai dari pelanggan yang mana pelanggan akan mendapatkan jasanya dimasa yang akan datang.  Pencatatan pendapatan diterima dimuka dalam akuntansi keuangan akan diakui sebagai hutang ya.

Kenapa Pendapatan Diterima Dimuka Termasuk Hutang?

Kenapa pendapatan diterima dimuka termasuk hutang atau likuiditas? Sebab perusahaan masih berhutang tanggungjawab yang harus diberikan kepada pelanggan. Perusahaan yang sudah mendapatkan kas dimasa sekarang, belum boleh diakui sebagai pendapatan.

Kenapa pendapatan diterima dimuka termasuk hutang sebab perusahaan menerima kas terlebih dahulu sebelum melaksanakan tugasnya memberikan jasa kepada pelanggan. Pelanggan diperkenankan untuk membayar jasa secara penuh atau sebagian lagi setelah jasa telah dilaksanakan perusahaan.

Kenapa pendapatan diterima dimuka termasuk hutang sebab pendapatan belum termasuk hak perusahaan dan hanya akan menjadi hak perusahaan setelah perusahaan melaksanakan pekerjaan yang dimintai oleh pelanggan.

Pendapatan Diterima Dimuka Masuk Akun Apa? Nomor Akun Pendapatan Diterima Dimuka

Pendapatan diterima dimuka masuk akun apa? Berapa nomor akun pendapatan diterima dimuka? menjadi salah satu pertanyaan yang sering diberikan oleh akuntan muda. 

Pendapatan diterima dimuka masuk akun apa? tentunya akan masuk Prepaid Income yang mana pendapatan tersebut bersifat hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang. Pendapatan diterima dimuka akan diakui sebagai hutang jangka pendek apabila pendapatan untuk jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Nomor akun pendapatan diterima dimuka memiliki awalan 2xx sebab pendapatan diterima dimuka termasuk akun hutang. Perusahaan dapat melakukan penggolongan akun dan kode akun sesuai dengan ketentuan PSAK ya.

Sebutkan kode akun yang digunakan perusahaan dalam akun pendapatan diterima dimuka adalah 2xx. Perusahaan diperkenankan untuk membedakan antara hutang jangka panjang dan hutang jangka pendek sesuai dengan kode akun yang dimilikinya.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka terjadi pada tanggal 15 juli 2020 dimana PT Masraffi menerima pendapatan sebesar Rp 600.000.000 untuk jasa kontruksi yang akan dilakukan bulan juli - september 2020. Maka pendapatan diterima dimuka yang harus diakui pada bulan Agustus adalah Rp 200.000.000

Nah Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka harus sesuai dengan prinsip akrual yakni pengakuan pendapatan dan beban dilakukan pada saat periode terjadinya transaksi tersebut dan harus memenuhi prinsip penandingan (Match).

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka haruslah dibuat setelah perusahaan melaksakan kegiatan operasional selama satu periode. Perusahaan harus mengakui beban-beban yang tidak nampak seperti beban penyusutan dan beban pemakaian peralatan.

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka akan mengurangi jumlah penghasilan yang diterimanya dan diakui sebagai pendapatan periode sekarang. Perusahaan harus menerapkan prinsip penandingan dalam menghitung pendapatan diterima dimuka ya.

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka yang harus dibuat berdasarkan contoh soal penjualan diterima dimuka adalah:

Pendapatan Diterima Dimuka  Rp 200.000.000
   Pendapatan Jasa                        Rp 200.000.000

Demikianlah Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka semoga anda paham dengan penjelasan saya, apabila punya soal silahkan berkomentar ya.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel