Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Konten [Tampil]
Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya menjadi upaya perusahaan untuk melakukan investasi atas kelebihan kas yang dimilikinya dalam berbagai bentuk. Amortisasi premium obligasi dengan metode garis lurus menjadi soal pilihan ganda dan essay utang jangka panjang.

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya terdiri dari obligasi dimiliki untuk diperdagangkan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dan obligasi tersedia untuk dijual. Contoh soal obligasi diterbitkan pada diskonto memungkin adanya bunga yang masih harus dibayarkan. Contoh soal obligasi manajemen keuangan menjadi keharuskan untuk memanfaatkan kelebihan dana diperusahaan.

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya mengharuskan untuk cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi dimana perusahaan dalam melakukan investasi dengan membeli sekuritas utang atau saham. Contoh soal nilai obligasi dan jawabannya akan memungkinkan seseorang untuk menginvestasikan kelebihan kas daripada menyimpannya.

Contoh kasus dan penyelesaian dari obligasi terdiri dari cara menentukan nilai jual obligasi, jurnal untuk mencatat pengeluaran obligasi, jurnal mencatat pembayaran bunga dan amortisasi bahkan beban bunga obligasi yang dilaporkan dalam laporan laba rugi.

Amortisasi premium obligasi dengan metode garis lurus dan metode saldo menurun berganda bergantung kepada investasi dalam sekuritas yang dilakukan perusahaan. Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dan obligasi tersedia untuk dijual menjadi bagian dari cara pengakuan investasi sekuritas ya.

Contoh soal obligasi akuntansi keuangan 2 manajemen keuangan seharusnya menjadi upaya untuk menghadapi adanya fluktuasi musiman penjualan. Contoh soal penerbitan obligasi dan contoh soal nilai investasi obligasi dan jawabannya dapat membantu perusahaan dalam menghadapi fluktuasi musiman tersebut.

Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Mengapa Perusahaan Melakukan Investasi Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Mengapa perusahaan melakukan investasi jangka panjang dan jangka pendek dan bagaimana cara perusahaan melakukan investasi. Perusahaan melakukan investasi sebab adanya kelebihan kas yang dimiliki perusahaan dalam suatu periode dibandingkan dengan periode lainnya.

Bagaimana cara perusahaan melakukan investasi jangka pendek disebabkan perusahaaan memilih investasi yang rendah resiko. Perusahaan yang melakukan investasi jangka panjang akan tetapi harga pasar saham menurun drastis maka perusahaan akan menderita kerugian.

Mengapa perusahaan melakukan investasi sebab perusahaan ingin memperoleh pendapatan dari hasil investasi dan adanya strategi terbaru untuk mengalahkan pesaing. Perusahaan yang mampu melakukan investasi ke perusahaan lain maka ia akan menguasai perusahaan tersebut.

Contoh Kasus dan Penyelesaian dari Obligasi

Contoh kasus dan penyelesaian dari obligasi dapat terjadi diperusahaan yang ingin mendapatkan hasil dari investasi sekuritas yang dilakukannya. Perusahaan harus melakukan amortisasi premium dan diskonto bergantung kepada perbandingan nilai nominal dan nilai wajar.

Contoh kasus dan penyelesaian dari obligasi memiliki perbedaan dengan saham. Saham adalah penyertaan modal dari seseorang dan bukti kepemilikan perusahaan, sedangkan obligasi adalah pinjaman yang diberikan kepada perusahaan dengan adanya sebuah jaminan.

Contoh Soal Penerbitan Obligasi, Investasi Obligasi dan Nilai Obligasi dan Jawabannya

Contoh soal penerbitan obligasi akan berkaitan dengan nilai jual dan beli obligasi sehingga akan memunculkan premium dan diskonto obligasi. Investasi obligasi berbeda dengan investasi saham karena perusahaan mengakui jurnal penerbitan obligasi bunga objektif juga kok.

Contoh soal penerbitan obligasi menjadi salah satu investasi obligasi yang mana investasi diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan swasta. Ada beberapa jenis obligasi yang dimiliki oleh perusahaan yakni.
  1. Obligasi dimiliki untuk diperdagangkan.
  2. Obligasi tersedia untuk dijual
  3. Obligasi dimiliki hingga jatuh tempo.

Contoh Soal Obligasi Konversi dan Jawabannya

Contoh soal obligasi konversi dan jawabannya dapat terjadi pada masa diskonto ya. Fungsi dari obligasi adalah untuk menambah modal bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan hasil produksi yang dimilikinya.

Contoh soal obligasi konversi terjadi pada tanggal 1 juli 2020 pada PT Rafinternet yang melakukan pembelian 20 lembar obligasi PT Masraffi yang bernilai nominal Rp 2.000.000 per lembar, bunga 12% dibayarkan tanggal 1 februari dan 1 agustus.

Contoh soal obligasi konversi dijual dengan kurs 99 ditambahkan dengan bunga berjalan 5 bula dengan biaya komisi perantara dan pajak berjumlah Rp 200.000. Bagaimana cara menghitung harga jual obligasi dan pembayaran bunga selama 6 bulan tersebut.

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dalam Akuntansi

Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi dimulai pada saat pembeli yang mana obligasi akan dicatat sebesar Biaya Perolehan Obligasi. Biaya perolehan adalah nilai wajar obligasi pada saat terjadinya penjualan tersebut. Biaya perolehan dapat berupa harga beli, biaya komisi bahkan biaya lainnya seperti pajak.

Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi harus dilakukan sesuai dengan kurs yang berlaku pada saat penjualan. Adapun perhitungan harga jual obligasi sebagai berikut.
 Harga jual obligasi   
 99% x Rp 40.000.000  
 Rp 39.600.000
 Biaya Komisi dan Pajak
  Rp 200.000
 Biaya perolehan obligasi    
  Rp 39.800.000
 Bunga berjalan  
 Rp 40.000.000 x 12% x 5/12
 Rp 2.000.000
 Jumlah yang dibayar
  Rp 41.800.000

Contoh Soal Obligasi Diterbitkan pada Diskonto

Contoh soal obligasi diterbitkan pada diskonto karena belum tentu ketika obligasi dikeluarkan akan langsung dapat diperjualbelikan. Berdasarkan contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan maka perusahaan akan mendapatkan bunga pada tanggal 1 februari.

Contoh soal obligasi diterbitkan pada diskonto dapat dilakukan perhitungan dengan langkah sebagai berikut ini.
 Bulan Bunga
 September Rp 400.000
 Oktober Rp 400.000
 November Rp 400.000
 Desember Rp 400.000
 Januari Rp 400.000
Maka total bunga yang akan didapatkan apabila perusahaan memilikinya hingga jatuh tempo adalah Rp 2.000.000 y.

Demikianlah contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel