Contoh Soal Stock Split dan Jawabannya

Konten [Tampil]
Contoh soal stock split dan jawabannya akan memberikan anda pengertian stock split saham, tujuan dan maksud dari stock reverse. Faktor-faktor yang mempengaruhi stock split saham perusahaan menjadikan pertimbangan dalam mengeluarkan kebijakan permodalan.

Nah contoh soal stock split dan jawabannya bagi perusahaan tidak hanya menunggu nilai saham naik dengan sendirinya akan tetapi perusahaan dapat mengeluarkan strategi yakni pemecahan nilai nominal saham ya. Dampak stock split bagi pemegang saham tentunya berkaitan dengan jumlah saham yang telah dimilikinya sebagai upaya untuk memiliki perusahaan tersebut.

Contoh soal kebijakan stock split dan jawabannya ketika nilai saham terlalu tinggi akan membuat para investor akan mengeluarkan dana besar dalam pembelian saham. Bagi investor muda, akan memilih nilai saham yang rendah sehingga perusahaan harus membuat kebijakan stock split atau memecah nilai nominal saham seperti 1:4 ya. Hal ini akan berdampak pada transaksi yang semakin ramai dan harga saham cenderung naik.

Apa pengaruh suatu perusahaan yang menggunakan kebijakan stock split tentunya berkaitan dengan nilai nominal dari saham tersebut. Nilai nominal saham yang terlalu tinggi akan membuat investor cenderung tidak menginvestasikan dana. Struktur modal stock split dan reverse split dapat terjadi pada berbagai macam perusahaan.

Tujuan stock split, kasus stock split, jurnal stock split dan mekanisme stock split akan memiliki dampak terhadap return perusahaan. Investor tentunya harus memperhatikan kebijakan stock split terhadap dividen dan capital gain yang akan diperolehnya.

Contoh Soal Stock Split dan Jawabannya

Pengertian Stock Split dan Mekanisme Stock Split

Pengertian stock split menurut para ahli adalah sebuah metode yang dipergunakan perusahaan untuk memecah nilai nominal suatu saham menjadi lebih kecil daripada nilai sekarang dengan menggunakan rasio perbandingan tertentu yang memiliki dampak terhadap jumlah lebar saham beredar sekarang.

Pengertian stock split menurut para ahli yaitu perlu diketahui bahwa stock split tidak mengubah total modal dari saham yang beredar akan tetapi hanya mengubah jumlah saham yang dimilik oleh para investor.

Mekanisme stock split akan mengakibatkan harga saham menjadi naik karena banyaknya transaksi penawaran dari para trader yang mengira bahwa harga saham perusahaan tersebut murah.

Perbedaan Stock Split dan Reverse Stock Split / Stock Merge

Perbedaan stock split dan reverse stock split adalah berkaitan dengan jumlah saham yang beredar. Pada reverse stock split, jumlah saham yang banyak akan digabungkan menjadi satu dengan rasio tertentu seperti 2:1. 

Perbedaan stock split dan reverse split adalah stock split akan menambah jumlah saham yang beredar dan reverse stock split akan mengurangi jumlah saham yang beredar sehingga harga sebuah saham akan naik.

Apa Pengaruh Perusahaan yang Menggunakan Stock Split

Apa pengaruh perusahaan yang menggunakan stock split yakni jumlah saham yang beredar akan lebih banyak lagi. Kebijakan stock split dikeluarkan perusahaan karena perusahaan ingin menurunkan harga saham pada pasar modal.

Dampak stock split bagi pemegang saham adalah saham yang dibelinya akan lebih banyak lagi. Dampak stock split bagi pemegang saham tidak akan mengubah presentase kepemilikan saham di perusahaan sehingga pemegang saham hanya mendapatkan saham dalam jumlah banyak saja.

Tujuan Stock Split bagi Perusahaan dan Jurnal Kasus Stock Split

Tujuan stock split bagi perusahaan tentunya akan memiliki dampak kebijakan stock split bagi pemegang saham. Pihak akuntan harus mampu membuat jurnal stock split apabila kasus stock split terjadi.

Tujuan stock split bagi perusahaan terdiri dari beberapa maksud kebijakan stock split bagi pemegang saham yakni.
  1. Meningkatkan daya beli investor baru.
  2. Meningkatkan likuiditas pasar modal
  3. Mempercepat pertumbuhan nilai perusahaan
  4. Meningkatkan return saham perusahaan.
Kelemahan dan kelebihan dilakukan dividen saham atas stock split anak perusahaan tentunya menjadi salah satu materi akuntansi keuangan lanjutan. Laporan keuangan konsolidasi induk perusahaan dan anak perusahaan akan berdampak apabila stock split terjadi.

Contoh Soal dan Jawaban Stock Split dan Reverse Stock Split

Contoh soal dan jawaban stock split dan reverse split menjadi kebijakan pemecahan saham yang dapat dijadikan rujukan jurnal stock split.

Contoh soal stock split dan jawaban terjadi pada PT Rafinternet.tbk dengan kode saham RFNT dimana pada tanggal 1 juli 2020 melakukan pemecahan saham dengan rasio 1:5. Nilai nominal saham lama RFNT sebesar Rp 1000 per lembar saham dengan harga pasar sebesar Rp 200.000.

Contoh soal stock split dan jawabannya yang harus dijawab adalah berapakah nilai nominal baru setelah adanya stock split pada saham rafinternet.tbk?

Contoh Soal dan Jawaban Stock Split dan Reverse Split

Contoh soal dan jawaban stock split dapat dikerjakan dengan menghitung nilai nominal baru setelah kebijakan stock split dilaksakan oleh perusahaan. Adapun langkah menghitung nilai stock split adalah sebagai berikut.

Harga saham lama sebesar Rp 1.000 akan mendapatkan 1 lembar saham. Kebijakan stock split perusahaan memiliki dampak lembar saham semakin banyak dengan rasio 1:5. Hal ini berarti nilai nominal saham baru adalah Rp 1.000/5 = Rp 200 per lembar saham.

Nilai nominal saham baru setelah stock split tidak akan mengubah presentase kepemilikan saham lama karena pemegang saham tetap akan mendapatkan saham sesuai dengan presentase sebelum kebijakan stock split perusahaan dijalankan.
Demikianlah contoh soal dan jawaban stock split dan reverse split semoga dapat membantu menentukan jurnal stock split dan pengaruh stock split terhadap return saham.

0 Response to "Contoh Soal Stock Split dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel