Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Metode Fluktuatif

Konten [Tampil]
Contoh soal kas kecil metode imprest dan metode fluktuatif sebagai alat pengendalian internal terhadap kas. Perbedaan metode imprest dan metode fluktuatif bergantung kepada cara pengisian kas kecil atau sering disebut dengan patty cash.

Jelaskan perbedaan metode imprest dan fluktuasi menjadi salah satu prinsip pokok pengawasan terhadap pengeluaran kas yang harus dikerjakan. Hal ini akan berkaitan dengan kewajiban pengeluaran harus menggunakan check.

Pada saat pengisian apabila menggunakan sistem dana tetap maka jumlah akhir dari saldo dana kas kecil harus berjumlah sama dengan keputusan yang ada diperusahaan. Jurnal penyesuaian kas kecil metode imprest diperlukan untuk melakukan pengisian kembali saldo kas kecil ya.

Dalam sistem imprest pengeluaran kas kecil yang sampai akhir periode belum dicatat perlu dibuat jurnal penyesuaian untuk melakukan pengisian kembali atas kas kecil yang digunakan. Contoh kas kecil sederhana seperti sebuah perusahaan yang melakukan pembayaran biaya bahan bakar untuk mengisi kendaraan dinas manajer atau direktur.

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Metode Fluktuatif

Prosedur Penyusunan Laporan Kas Kecil Metode Imprest

Prosedur penyusunan laporan kas kecil metode imprest dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yakni.
  • Penetapan kas kecil
  • Pembayaran kas kecil atas beban yang terjadi.
  • Pengisian kembali kas kecil.
Dalam sistem imprest atau dana tetap, saldo kas kecil harus sesuai dengan jumlah kas kecil yang telah ditetapkan diawal sehingga dapat dibuatkan jurnal penyesuaian ya.
Baca Juga: Contoh Soal Metode Harga Pokok Proses Produk Hilang

Perbedaan Metode Imprest dan Metode Fluktuasi Kas Kecil

Perbedaan metode imprest dan metode fluktuasi dalam pengisian kembali kas kecil hanya berkaitan dengan jumlah saldo akhir dari masing-masing akun kas kecil. Pada metode imprest, jumlah kas kecil harus sesuai dengan kesepakatan di awal sedangkan metode fluktuatif, saldo kas kecil akan berubah-ubah.

Perbedaan metode fluktuatif dan metode imprest dalam pengisian kembali kas kecil berkaitan dengan sistem pengendalian internal yang anda diperusahaan. Metode imprest memegang peranan penting dikarenakan sistem pengendalian atas kas yang keluar dapat terjaga ya.

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Contoh soal kas kecil metode imprest dan fluktuasi akan mempermudah bagi anda dalam menjalankan kegiatan pengendalian internal yang ada diperusahaan. Tentunya transaksi dengan nominal kecil tidak mungkin menggunakan check sehingga dapat menggunakan akun patty cash.

Contoh soal kas kecil terjadi di PT Masraffi pada tanggal 1 Desember 2020 membentuk dana kas kecil sebesar Rp 400.000. Pada akhir bulan desember dilakukan pengisian kembali kas kecil beserta tambahannya sebesar Rp 100.000, berikut adalah transaksi yang terjadi di perusahaan.

- Biaya Angkut Pembelian
 Rp                    80.000
- Biaya Pembelian Peralatan Toko
 Rp                    90.000
- Biaya Telepon dan Faks
 Rp                    40.000
- Piutang Karyawan
 Rp                  160.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung

Jurnal Kas Kecil Metode Imprest

Jurnal kas kecil metode imprest yang harus dibentuk perusahan diantaranya adalah jurnal pada saat pembentukan dana kas kecil dan pengisian kembali dana kas kecil. Perusahaan dapat menentukan untuk menambah jumlah kas kecil dengan membuat jurnal penyesuaian.

Adapun jurnal kas kecil metode imprest yang dapat dibentuk adalah sebagai berikut ini.

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Metode Fluktuatif
Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja yang Digunakan dalam Proses Produksi

Jurnal Kas Kecil Metode Fluktuasi

Metode fluktuasi mengakibatkan saldo kas kecil bertambah setiap adanya kas kecil yang diisi. Oleh sebab itu, perusahaan hendaknya membuat jurnal kas kecil dengan metode fluktuasi dan menghindarinya dikarenakan sistem pengendalian internal yang kurang baik.

Adapun jurnal kas kecil dengan menggunakan metode fluktuasi adalah

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Metode Fluktuatif

Demikianlah Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Metode Fluktuatif semoga anda paham ya

0 Response to "Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Metode Fluktuatif"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel