Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja yang Digunakan dalam Proses Produksi

Konten [Tampil]
Cara menghitung biaya tenaga kerja yang digunakan dalam proses produksi akan memungkin seseorang dapat dengan segera menentukan biaya per unit dari sebuah proses produksi. Penjelasan menentukan biaya tenaga kerja menjadi harapan bagi perusahaan untuk menghemat biaya produksi.

Cara menghitung biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja menjadi prioritas utama dikarenakan tidak semua laporan biaya pokok produksi dibuat. Perhitungan biaya tenaga kerja berdasarkan jam kerja sering dipergunakan dan mendapatkan hasil yang maksimal dalam penggajian para karyawan.

Pertanyaan tentang biaya tenaga kerja akan berkaitan dengan perhitungan biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya. Biaya berikut yang merupakan biaya tenaga kerja langsung adalah gaji dan upah. Selain itu, perusahaan akan dibebankan dengan adanya pemotongan terhadap gaji karyawan dikarenakan membayar pajak ataupun iuran wajib karyawan.

Menghitung pembebanan biaya tenaga kerja langsung dapat diketahui melalui unit barang yang berhasil diciptakan oleh perusahaan dalam proses produksi. Walaupun begitu, pencatatan dan perhitungan waktu kerja dapat segera direalisasikan ketika sebuah proses produksi telah selesai dikerjakan.

Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja

Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja yang Digunakan dalam Proses Produksi

Cara menghitung biaya tenaga kerja yang digunakan dalam proses produksi terjadi pada departemen produksi PT Masraffi menetapkan standar produksi bagi karyawan sebanyak 75 Unit. PT menerapkan program bonus seratus persen dengan tarif dasar Rp 7500 per jam.  Berikut adalah rincian yang terjadi selama seminggu.

 
Hari
Jumlah Unit
Jumlah Jam
Senin
530 Unit
7 Jam
Selasa
540 Unit
7 Jam
Rabu
550 Unit
7 Jam
Kamis
530 Unit
7 Jam
Jumat
520 Unit
7 Jam
Sabtu
510 Unit
7 Jam


Cara menghitung biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja harus dikerjakan sesuai dengan program bonus seratus persen. Ada beberapa langkah perhitungan biaya tenaga kerja langsung harus dibuat berdasarkan ketentuan perusahaan.
Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung

Perhitungan Biaya Tenaga Kerja Berdasarkan Jam Kerja

Perhitungan biaya tenaga kerja berdasarkan jam kerja dapat dilakukan dengan rumus program bonus seratus persen. Walaupun begitu ada banya sekali metode yang dapat dipergunakan oleh perusahaan mengenai pertanyaan tentang biaya tenaga kerja.

Cara menghitung biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan sebagai berikut ini ya.

Tentukan terlebih jumlah standar yang harus dibuat dengan cara mengalikan 75 unit x 7 jam. Kemudian tentukan rasio dengan membagi antara jumlah unit dengan jumlah standar. Dilanjutkan dengan mengalikannya dengan tarif x rasio sehingga akan muncul total gaji atau biaya tenaga kerja langsung.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Periodik dan Perpetual pada Pencatatan Persediaan
Demikianlah cara perhitungan pembebanan biaya tenaga kerja, semoga anda dapat mengalokasikan biaya tenaga kerja langsung per unit yang tercipta ya.

0 Response to "Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja yang Digunakan dalam Proses Produksi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel