Leasing adalah ~ Perbedaan Capital Leasing dan Operating Leasing

Konten [Tampil]
Perbedaan capital leasing dan operating leasing akan menyebabkan pengakuan dalam akuntansi berbeda. Keduanya merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan aset diperusahaan akan tetapi memiliki mekanisme pengakuan yang berbeda satu sama lainnya.

Perbedaan financial leasing dan operating leasing beserta contohnya akan lebih membuat anda memahami mekanisme pengakuan yang akan dicantumkan dalam catatan atas laporan keuangan. Akuntansi sewa diatur dalam pernyataan standar akuntansi keuangan nomer 30 (PSAK 30).

Perbedaan operating lease dan capital lease sangat mudah diketahui terutama dalam pengakuan terhadap aset hasil leasing dan mekanisme pembebanan penyusutan.

Leasing adalah ~ Perbedaan Capital Leasing dan Operating Leasing

Leasing adalah ~ Perbedaan Capital Leasing dan Operating Leasing

Pengertian Leasing / Sewa Pembiayaan

Leasing atau sering disebut dengan sewa pembiayaan merupakan suatu hal yang lumrah terjadi pada masa sekarang ini. Perusahaan dapat memanfaatkan jasa dari perusahaan leasing untuk melakukan pembayaran terhadap aset tetap yang dimiliki perusahaan tersebut.

Leasing adalah perjanjian diantara lessor dan leasee untuk menggunakan aset yang telah dibelikan lessor dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Sewa pembiayaan tentunya sering dijumpai oleh banyak orang yang melakukan kredit kendaraan bermotor, salah satu contoh perusahaan leasing adalah adira dan fif.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Capital Leasing dan Operating Leasing

Perbedaan Capital Leasing dan Operating Leasing

Perbedaan capital leasing dan operating leasing mudah diketahui melalui mekanisme pengakuan barang dalam akuntansi.

Adapun perbedaan financial leasing dan operating leasing adalah pada akhir periode kontrak financial leasing akan menyerahkan barang kepada leasee sedangkan operating leasing tidak akan menyerahkan barang hasil transaksi leasing.

Perbedaan operating leasing dan capital leasing yang sering dijumpai adalah sewa pembiayaan (Financial Leasing) yakni sewa yang dilakukan untuk mengalihkan secara substansial seluruh resiko dan manfaat yang terkait dengan kepemilikan suatu aset. Sedangkan, sewa operasi (Operating Leasing) yakni sewa yang tidak akan mengalihkan selutuh resiko dan manfaat dari kepemilikan suatu aset.
Baca Juga: Contoh Soal Neraca Saldo Beserta Jawabannya

Contoh Capital Leasing

Contoh capital leasing berdasarkan transaksi perusahaan adalah ketika perusahaan melakukan penyewaan terhadap mesin fotocopy, perusahaan yang melakukan transaksi capital leasing akan menanggung semua resiko apabila mesin tersebut rusak ya.

Contoh Operating Leasing

Contoh operating leasing berdasarkan transaksi perusahaan adalah ketika perusahaan melakukan penyewaan terhadap mesin fotocopy dimana ketika mesin fotocopy tersebut rusak maka perusahaan hanya menelepon untuk meminta perbaikan terhadap mesin fotocopy tersebut.
Baca Juga: Tarif PPh pasal 4 Ayat 2 / PPh Final Terbaru
Demikianlah Leasing adalah ~ Perbedaan Capital Leasing dan Operating Leasing semoga anda paham ya.

0 Response to "Leasing adalah ~ Perbedaan Capital Leasing dan Operating Leasing"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel