Leasing Adalah ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Kasus, Penyelesaian

Konten [Tampil]
Cara menghitung operating leasing dan financial leasing cukup dibilang mudah karena kita hanya membebankan biaya sewa yang terjadi selama satu periode akuntansi terhadap masa sewa aset lease.

Perbedaan financial lease dan capital lease akan membuat perhitungan pengakuan aset lease akan berbeda ya.

Contoh kasus sewa guna usaha atau leasing yang akan saya sampaikan terjadi pada PT masraffi. Contoh kasus leasing dan penyelesaiannya akan lebih mudah dilakukan apabila perusahaan menggunakan metode operating leasing ya.

Leasing Adalah ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Kasus, Penyelesaian

Pengertian Leasing Adalah

Pengertian leasing adalah sebuah perjanjian yang dilakukan oleh lessor dengan lesee untuk menggunakan sebuah aset tetap pada waktu yang telah disepakati diantara kedua belah pihak.

Leasing sering disebut dengan sewa, oleh sebab itu maka barang lease bukanlah pada dasarnya bukan merupakan hak dari penyewa sebelum uang sewa sudah diberikan secara keseluruhan.
Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Rekonsiliasi Bank

Jenis-Jenis Leasing

Operating Leasing Adalah

Operating leasing adalah sewa guna usaha yang tidak dapat mengalihkan manfaat dan resiko atas penggunaan aset leasing yang berkaitan dengan kepemilikan aset.

Operating leasing tidak akan mengalihkan kepemilikan aset kepada lessee pada akhir masa sewa dan apabila lessee membatalkan sewa maka segala kerugian akibat adanya pembatalan ditanggung oleh lessee.

Financial Leasing Adalah

Financial leasing atau capital leasing merupakan sewa pembiayaan maksudnya sewa yang akan mengalihkan kepemilikan aset secara substansial dari manfaat dan resiko kepada lessee pada akhir periode.

Capital leasing adalah sewa yang dapat mengalihkan kepemilikan aset pada akhir masa sewa sebuah barang lease. Contoh capital leasing adalah kredit kendaraan bermotor.
Baca Juga: Leasing adalah ~ Perbedaan Capital Leasing dan Operating Leasing

Contoh Kasus Sewa Guna Usaha (Leasing)

Contoh soal operating lease terjadi pada PT Masraffi yang melakukan leasing pada tanggal 1 januari 2020 untuk membeli sebuah mesin produksi senilai Rp 10.000.000 dengan masa manfaat 5 tahun dan disusutkan dengan metode garis lurus. Pembayaran per bulan yang dilakukan atas sewa mesin produksi adalah Rp 2.505.000.

Tentukan cara menghitung operating lease dan capital lease berdasarkan contoh soal akuntansi sewa tersebut apabila bunga yang dibebankan adalah 8% per tahun?

Cara Menghitung Operating Leasing dan Capital Leasing

Cara menghitung capital leasing dimulai dengan menentukan berapakah jumlah bunga yang menjadi tanggungan perusahaan selama satu periode akuntansi. Selanjutnya, harus menentukan pokok bunga yang sudah terbayarkan selama satu periode akuntansi sehingga dapat ditentukan saldo akhir leasing yang harus dibayar.

Leasing Adalah ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Kasus, Penyelesaian

Cara menghitung operating lease atau sewa operasi cukup mudah, anda hanya menghitung berapakah harga sewa barang lease selama satu periode akuntansi.

Leasing Adalah ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Kasus, Penyelesaian
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Capital Leasing dan Operating Leasing

Jurnal Operating Leasing dan Capital Leasing

Jurnal operating leasing yang dapat dibuat berdasarkan contoh soal operating dan financial leasing adalah sebagai berikut ini

Jurnal yang harus dibuat apabila perusahaan menggunakan metode operating leasing per periode akuntansi adalah sebagai berikut ini.

Jurnal Operating Leasing

Jurnal capital leasing atau financial leasing yang harus dibuat perusahaan selama satu periode akuntansi adalah sebagai berikut ini.

Jurnal Capital Lease / Financial Lease

Demikianlah Leasing Adalah ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Kasus, Penyelesaian semoga anda paham dengan penjelasan saya.

0 Response to "Leasing Adalah ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Kasus, Penyelesaian"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel