Imbalan Kerja ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Soal, Pengakuan dan Pengungkapan

Konten [Tampil]
Imbalan kerja merupakan hasil dari kerja keras karyawan dalam melaksanakan tanggungjawab untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan.

PSAK 24 tentang imbalan kerja untuk entitas pemberi kerja akan memuat beberapa ruang lingkup upah dan gaji. Imbalan kerja bergantung kepada jangka panjang atau jangka pendek seorang karyawan telah bekerja di perusahaan yang sama.

Tentunya terdapat jenis-jenis imbalan kerja sesuai dengan profesi yang dimiliki karyawan. Nah bagaimana cara mengakui dan mengungkapkan imbalan kerja dalam laporan keuangan? Simaklah caranya dibawah ini.

Imbalan Kerja ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Soal, Pengakuan dan Pengungkapan

Pengertian Imbalan Kerja Adalah

Imbalan kerja adalah seluruh hal yang berhak diminta oleh pencari kerja atas apa yang telah dikerjakannya bagi perusahaan. Imbalan kerja telah diatur dalam PSAK nomer 24 tentang kewajiban pemberian imbalan kerja dari entitas pencari kerja.

Imbalan kerja yang diberikan perusahaan baik berupa gaji ataupun upah akan diakui sebagai beban atau utang bergantung keadaannya.

Pengertian imbalan kerja adalah semua bentuk pemberikan yang diberikan perusahaan atas jasa yang telah dilakukan oleh pekerja dalam rangka membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Baca Juga: Leasing Adalah ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Kasus, Penyelesaian

Jenis-Jenis Imbalan Kerja

Imbalan kerja terdiri dari beberapa jenis-jenis gaji dan upah sebagai berikut ini:

Imbalan Kerja Jangka Pendek adalah

Imbalan kerja jangka pendek adalah sebuah imbalan yang diberikan oleh perusahaan yang memiliki jatuh tempo kurang dari 12 bulan setelah akhir periode pelaporan ketika pekerja memberikan kinerjanya.

Contoh imbalan kerja jangka pendek seperti upah, gaji, jaminan, bonus. Imbalan kerja jangka pendek harus dilaporkan dengan segera dan akan diakui sebagai beban pada periode tersebut.

Pesangon Adalah

Pesangon merupakan salah satu jenis imbalan kerja yang diterima oleh karyawan tetap. Uang pesangon akan diberikan kepada karyawan yang telah berhenti baik karena diberhentikan secara paksa atau mengundurkan diri sebagai seorang karyawan.
Baca Juga: Pendapatan Kontrak Konstruksi ~ Pengertian, Perhitungan, Karakteristik dan Contoh Soal

Imbalan Kerja Paska Kerja

Imbalan kerja paska kerja adalah imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja atau mantan pekerja atas kinerjanya selama menjadi karyawan perusahaan tersebut.

Program manfaat pasti akan memberikan kepastian mengenai resiko investasi dan aktuaria yang menjadi tanggungan dari perusahaan.

Contoh imbalan kerja paska kerja seperti jaminan sosial, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua.

Imbalan Kerja Jangka Panjang

Imbalan kerja jangka panjang akan menjadi upah dan gaji yang akan didapatkan karyawan dengan atau tanpa karyawan harus bekerja.

Contoh imbalan kerja jangka panjang adalah cuti berimbalan jangka panjang, imbalan hari raya, imbalan kecelakaan, kompensasi ditanggungkah yang dibayarkan lebih dari 12 bulan.
Baca Juga: Contoh dan Cara Menghitung Nilai Residu Suatu Barang

Contoh Soal Imbalan Kerja

Contoh soal imbalan kerja jangka pendek yang terjadi pada PT masraffi memiliki 5 karyawan yang diberikan cuti berimbalan sebesar Rp 100.000 untuk lima hari kerja. Selama tahun 2020, karyawan yang mengajukan cuti selama 5 hari sebanyak 1 orang dan sisanya cuti selama 3 hari kerja.

Tentukan cara menghitung imbalan kerja yang disebabkan karyawan cuti berimbalan dan buatlah jurnalnya.

Cara menghitung imbalan kerja jangka pendek dilakukan dengan langkah menghitung jumlah karyawan dan hari yang telah dilalui. 4 orang x 3 hari x Rp 100.000 dan 1 orang x 5 hari x Rp 100.000, maka hasilnya adalah Rp 1.500.000

Imbalan Kerja ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Soal, Pengakuan dan Pengungkapan



Baca Juga: Laporan Arus Kas ~ Pengertian, Kegunaan, Klasifikasi dan Format Laporan

Demikianlah Imbalan Kerja ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Soal, Pengakuan dan Pengungkapan semoga anda paham

0 Response to "Imbalan Kerja ~ Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh Soal, Pengakuan dan Pengungkapan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel