Laporan Arus Kas ~ Pengertian, Kegunaan, Klasifikasi dan Format Laporan

Konten [Tampil]
Laporan arus kas perusahaan jasa dan dagang akan memberitahu mengenai informasi pendapatan dan pengeluaran yang berkaitan dengan kas dan setara kas selama satu periode akuntansi.

Fungsi laporan arus kas bagi perusahaan akan mengetahui bagaimana aliran kas yang dipergunakan untuk melaksanakan kegiatan operasi, investasi dan pendanaan sehingga akan mengetahui detaik penggunaan kas selama periode akuntansi.

Contoh soal laporan arus kas akan memuat informasi mengenai klasifikasi kegiatan perusahaan yang telah dilakukan dalam suatu periode sehingga semua aliran kas akan diketahui penggunaannya. Perusahaan memiliki kegiatan yang mempengaruhi arus kas sehingga harus diketahui oleh masing-masing akuntan internal perusahaan sendiri

Laporan Arus Kas ~ Pengertian, Kegunaan, Klasifikasi dan Format Laporan

Laporan Arus Kas ~ Pengertian, Kegunaan, Klasifikasi dan Format Laporan

Pengertian Arus Kas Menurut Para Ahli

Laporan arus kas adalah laporan yang memuat informasi mengenai detail penggunaan kas selama satu periode dan darimana sebuah kas yang dihasilkan perusahaan didapatkan.

Laporan arus kas akan dibuat perusahaan bersamaan dengan laporan akuntansi lainnya seperti laporan laba rugi ataupun laporan posisi keuangan.
Baca Juga: Pengertian Wesel ~ Definisi, Syarat dan Perbedaan dalam Akuntansi

Fungsi Laporan Arus Kas Bagi Perusahaan dan Pihak Berkepentingan

Fungsi laporan arus kas bagi perusahaan adalah melaporkan penerimaan dan pengeluaran kas serta perubahan kas bersih yang berasal dari aktivitas operasi, investasi bahkan pendanaan.

Perusahaan akan mendapatkan manfaat berupa informasi yang dapat membantu investor bahkan kreditur untuk menilai kemampuan perusahaan pada masa depannya.

Adapun fungsi laporan arus kas bagi perusahaan dan pihak-pihak berkepentingan antara lain;
  • Menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dimasa depan.
  • Menilai kemampuan perusahaan untuk membayar deviden.
  • Menilai kemampuan perusahaan untuk melaksanakan kegiatan operasional.
Baca Juga: Sebutkan dan Jelaskan Jenis Jenis Deviden

Klasifikasi Laporan Arus Kas

Sebutkan dan berikan contoh 3 aktivitas dalam laporan arus kas biasanya akan mudah diberikan oleh akuntan, adapun beberapa aktivitas perusahaan berkaitan dengan arus kas yakni

Aktivitas Operasi

Aktivitas operasi dalam laporan arus kas memuat informasi mengenai transaksi utama yang menghasilkan kas untuk menjalankan kegiatan operasional.

Contoh aktivitas operasi dalam laporan arus kas yakni penjualan barang dan jasa, penerimaan bunga, pembayaran kepada investor kreditur dan pegawai.

Aktivitas Investasi

Aktivitas investasi dalam laporan arus kas memuat informasi mengenai transaksi sekunder berkaitan dengan masa depan perusahaan. Perusahaan akan mencoba melakukan investasi terhadap aset yang dimilikinya.

Contoh kegiatan investasi dalam laporan arus kas yakni pembelian aset tetap dan penjualan aset tetap.

Aktivitas Pendanaan

Aktivitas pendanaan dalam laporan arus kas memuat informasi mengenai transaksi yang berkaitan dengan ekuitas/modal yang dimiliki perusahaan dalam suatu periode akuntansi.

Contoh kegiatan pendanaan perusahaan yakni mendapatkan dana yang berasal dari wesel, obligasi dan promes, mendapatkan dana dari pemilik perusahaan dan pembayaran semua hutang perusahaan.
Baca Juga: Saham Treasuri Adalah ~ Pengertian, Karakteristik, Contoh Soal Saham Treasuri
Demikianlah Laporan Arus Kas ~ Pengertian, Kegunaan, Klasifikasi dan Format Laporan semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Laporan Arus Kas ~ Pengertian, Kegunaan, Klasifikasi dan Format Laporan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel