Pengertian Wesel ~ Definisi, Syarat dan Perbedaan dalam Akuntansi

Konten [Tampil]
Pengertian wesel dalam akuntansi adalah sebuah surat perintah untuk melakukan pembayaran yang telah dibuat oleh si penarik terhadap si wajib bayar sesuai dengan jumlah yang terdapat dalam surat wesel tersebut.

Pembayaran dengan wesel dilakukan oleh perusahaan dikarenakan perusahaan ingin menjaga agar arus kas perusahaan terjaga sehingga dana yang ada diperusahaan dapat digunakan untuk melakukan aktifitas lainnya.

Pengertian Wesel ~ Definisi, Syarat dan Perbedaan dalam Akuntansi

Pengertian Wesel ~ Definisi, Syarat dan Perbedaan dalam Akuntansi

Pengertian Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Pengertian wesel bayar dalam akuntansi adalah surat perintah untuk melakukan pembayaran terhadap hutang yang telah diberikan oleh penarik.

Wesel adalah sebuah surat perintah yang telah dibuat oleh penarik kepada wajib bayar sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan dalam surat wesel tersebut.
Baca Juga: Stock Split Adalah ~ Pengertian, Manfaat, Tujuan Stock Split.

Siapa yang Menerbitkan Surat Wesel

Siapa yang menerbitkan surat wesel tentunya adalah perusahaan yang telah memiliki hutang kepada perusahaan tempat mereka berhutang. Surat wesel menjadi jaminan kepastian mengenai hutang yang tidak mampu dibayar pada suatu waktu dan akan dibayarkan pada waktu yang lainnya.
Baca Juga: Contoh Soal Saham Preferen dan Saham Biasa? Bagaimana Perhitungannya?

Jenis-Jenis Wesel dalam Akuntansi

Pengertian Wesel Berbunga

Pengertian wesel berbunga adalah sebuah surat wesel yang didalamnya terdapat tingkat bunga tertentu pada akhir periode pembayaran.

Nilai nominal wesel yang lebih besar daripada nilai sekarang disebut dengan premium, sedangakan nilai nominal wesel yang lebih rendah daripada nilai sekarang disebut dengan diskonto.


Pengertian Wesel Tidak Berbunga

Pengertian wesel tidak berbunga adalah sebuah surat wesel yang berisikan jumlah uang akhir yang harus dibayarkan perusahaan kepada kreditur tanpa melihat adanya bunga wesel.

Demikian Pengertian Wesel ~ Definisi, Syarat dan Perbedaan dalam Akuntansi semoga anda paham ya

0 Response to "Pengertian Wesel ~ Definisi, Syarat dan Perbedaan dalam Akuntansi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel