Jurnal Mencatat Penjualan Aktiva atau Aset Tetap dan PPN

Konten [Tampil]

Jurnal mencatat penjualan aktiva atau aset tetap dan ppn merupakan langkah bagi perusahaan untuk menetapkan jumlah pajak penghasilan yang terutang. Setiap pendapatan yang diterima perusahaan harus dapat dialokasikan untuk membayarkan tagihan jatuh tempo untuk menghindari sanksi dan denda pajaknya.

Contoh soal pelepasan aset tetap terjadi dengan melakukan kegiatan memberhentikan pemakaian aset, penjualan aset bahkan tukar aset dengan aktiva sejenis agar dapat menjalankan kegiatan produksi. Setiap perusahaan memiliki kesempatan dalam mempergunakan arus kas operasional secara maksimal sesuai potensinya.

Faktor-faktor yang menyebabkan perusahaan menjual aset tetap adalah berkurangnya kemampuan pembayaran yang diakibatkan terlalu banyak berinvestasi terhadap aset tetap. Penjualan aktiva tetap menjadi solusi agar arus kas perusahaan dapat dijaga sehingga keberlangsungan entitas dilaksanakan.

Jurnal Mencatat Penjualan Aktiva atau Aset Tetap dan PPN

Apa itu Penjualan Aset Tetap?

Penjualan aset tetap menurut para ahli adalah kegiatan pencarian arus kas dengan memperdagangkan aktiva non kas agar entitas dapat berkelanjutan usahanya. Setiap perusahaan harus dapat mengaplikasikan kebutuhan bisnis sesuai dengan perkembangan surat pesanan yang telah dialokasikan sesuai kebutuhannya.

Jurnal mencatat penjualan aktiva atau aset tetap dan ppn diwajibkan agar entitas dapat mempertanggungjawabkan setiap pengeluarannya. Pembayaran tagihan merupakan kewajiban dari staff finance dan staff pajak untuk mengalokasikan kebutuhan berbisnis sesuai prioritas pembayaran tagihannya.

Pengertian penjualan aktiva tetap menurut para ahli adalah aktivitas yang wajib dilakukan untuk mencegah berkurangnya mesin, kendaraan, bangunan dan tanah saat berkeinginan mendapatkan arus kas operasional. Arus kas adalah kondisi sekarang dari upaya pembayaran tagihan yang jatuh tempo.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Aktiva Tetap

Contoh Soal Penjualan Aktiva atau Aset Tetap

Contoh soal penjualan aktiva atau aset tetap merupakan kegiatan prioritas pembayaran yang wajib diselenggarakan oleh perusahaan. Staff finance dapat membantu keuangan perusahaan dengan memperdagangkan mesin, kendaraan dan bangunan agar mendapatkan arus kas untuk hutang dagangnya.

Jurnal mencatat penjualan aset atau aktiva tetap diperuntukkan bagi peningkatkan kerjasama bisnis. Perlakuan keuntungan penjualan aktiva tetap adalah dianggap sebagai pendapatan lain-lain bagi perusahaan dan harus menyetorkan pajak penghasilan atas keuntungan yang didapatkan selama satu periodenya.

Contoh soal penjualan aset atau aktiva tetap bertujuan meningkatkan produktivitas staff purchasing sebab perusahaan mendapatkan arus kas gratis dari pelanggannya. Setiap pelanggan diperkenankan melakukan kredit pajak atas faktur pajak yang telah dibayarkan sesuai dengan batasan periode yang ditentukan.

Baca Juga: Karakteristik Aktiva Tetap

Jurnal Penjualan Aktiva Tetap dengan PPN

Jurnal penjualan aktiva tetap dengan ppn merupakan dasar bagi entitas untuk melaporkan segala macam penghasilan yang didapatkan selama satu tahun. Setiap perusahaan diperkenankan memberdayagunakan keuntungan yang didapatkan untuk kegiatan alokasi kebutuhan bisnisnya.

Contoh soal penjualan aset tetap dengan ppn terjadi ketika pada tanggal 1 januari 2023 PT Masraffi membeli kursi dan meja dengan biaya perolehan Rp 83.000.000. PT Masraffi memperdagangkan aset tetap dengan harga Rp 78.000.000 pada akhir juni 2023. Aset disusutkan selama 2 tahun.

Cara Menghitung Laba Penjualan Aset Tetap

Biaya perolehan Meja dan Kursi Rp 83.000.000
Penyusutan Aset24 Bulan
Pemakaian aset6 Bulan
Akumulasi Penyusutan Rp 20.750.000
Nilai Buku Rp 62.250.000
Hasil Penjualan Meja dan Kursi Rp 78.000.000
Laba Penjualan Aset Tetap Rp 15.750.000

Bagaimana jurnal penjualan yang harus dibuat oleh PT Masraffi tersebut

TanggalKeteranganDebitKredit
01/07/2023Kas Rp 78.000.000
Akumulasi Penyusutan Rp 20.750.000
Meja dan Kursi Rp 83.000.000
Laba Penjualan aset tetap Rp 15.750.000

Baca Juga: Jurnal Setoran Kas ke Bank Secara Tunai

Demikian contoh jurnal mencatat penjualan aktiva atau aset tetap dan ppn yang harus dibayarkan oleh pembeli sesuai dengan harga jual yang disepakati. Perusahaan diperkenankan mengalokasikan kebutuhan bisnis saat menyelenggarakan kegiatan publikasi laporan keuangan sesuai dengan instruksi pemegang saham.

0 Response to "Jurnal Mencatat Penjualan Aktiva atau Aset Tetap dan PPN"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel