Contoh Soal Jurnal Setoran Tunai dan Pindah Saldo Rekening Bank

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal setoran tunai dan pindah saldo rekening bank merupakan bagian dari prosedur kerjasama bisnis yang melibatkan pemilikan arus kas. Arus kas adalah informasi mutasi aliran kas yang dimiliki seseorang agar dapat mengatribusikan kebutuhan sesuai dengan psikologi dari pejabat entitas.

Contoh soal akuntansi perbankan jurnal untuk giro dan tabungan menyesuaikan kebutuhan informasi perusahaan. Berapa lama giro nasabah dianggap sebagai giro pasif yaitu saat nasabah tidak memiliki mutasi transaksi masuk dan keluar selama kurun waktu 6 bulan sejak tanggal jatuh tempo pembayarannya.

Transaksi akuntansi perbankan melibatkan berbagai macam kebutuhan dan produk layanan yang diberikan. Produk adalah segala macam program yang dapat diikutsertakan dalam kegiatan pembayaran. Jasa adalah layanan non fisik yang dapat digunakan manfaatnya untuk membantu mengalokasikan keuntungannya.

Contoh Soal Jurnal Setoran Tunai dan Pindah Saldo Rekening Bank

Apa itu Giro dan Tabungan

Giro adalah bukti pemilikan arus kas di perusahaan yang dapat dipindahtangankan atau digunakan bertransaksi tanpa melibatkan interaksi secara fisik. Prosedur pembayaran tagihan dapat disesuaikan dengan proses alokasi kebutuhan arus kas menyesuaikan tingkatan perkembangan sistem informasinya.

Contoh soal jurnal setoran tunai dan pindah saldo rekening bank adalah keputusan bagi perusahaan agar tetap dapat menjalankan transaksi. Adakalanya entitas telah bekerjasama dengan perbankan konvensional dan perbankan syariah dalam menjalankan transaksi yang membantu mengakuisisi informasi perpajakannya.

Tabungan adalah produk simpanan bank yang dapat digunakan untuk membantu mengendalikan pengeluaran nasabah. Setiap nasabah berkeinginan mampu memiliki dana dalam jumlah besar dimasa mendatang. Tabungan berfungsi mengalokasikan sebagian arus kas masuk agar tidak digunakan sesuai spesifikasinya.

Baca Juga: Cara Melamar Pekerjaan di Bank

Apa itu Jurnal Setoran Tunai ke Bank

Jurnal setoran tunai ke bank adalah tindakan perusahaan mengalokasikan kas kecil yang diterima dari penjualan secara tunai dari nasabah. Penjualan tunai adalah kegiatan perusahaan memberikan barang dan jasa kepada pelanggan. Cash artinya dana akan diterima saat barang telah dikirimkan ke lokasi yang dituju.

Jurnal pindah saldo rekening bank adalah tindakan perusahaan mengalihkan kepemilikan arus kas ke rekening berbeda. Tujuan pindah saldo rekening bank adalah mengurangi biaya administrasi yang dikeluarkan saat proses pembayaran tagihan, mengurangi sistem informasi perpajakan yang telah ada.

Contoh soal jurnal setoran tunai dan pindah saldo rekening bank dapat menjadi titik tolak entitas mendapatkan kesempatan bekerja. Staff pajak dan staff accounting harus dapat memahami kegiatan akuisisi informasi yang disesuaikan tingkat perkembangan perusahaan saat memakai arus kas operasional.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Selisih Kurs Mata Uang Asing

Contoh Soal Akuntansi Perbankan Tabungan dan Giro

Contoh soal akuntansi perbankan tabungan dan giro memberikan peluang bagi perusahaan dalam rangka mendaftarkan sebagai nasabah. Bank dan lembaga keuangan merupakan tempat dimana seseorang dapat membangun bisnis. Berapa lama giro nasabah dianggap sebagai giro pasif yaitu 6 bulan.

Contoh Soal Jurnal Setoran Tunai ke Bank

Contoh soal jurnal setoran tunai ke bank terjadi ketika PT Masraffi menerima hasil penjualan barang dagang senilai Rp 8.000.000. 2 Hari setelah penjualan diselenggarakan, staff accounting memutuskan menyetorkan ke rekening giro perusahaan agar mudah diketahui mutasinya.

Adapun jurnal setoran tunai ke bank yang harus dicatat adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
04/09/2023Bank Mandiri Rp 8.000.000
Kas Kecil Rp 8.000.000

Contoh Soal Pindah Saldo Antar Bank dalam Satu Perusahaan

Contoh soal jurnal setoran tunai dan pindah saldo rekening bank dalam perusahaan yang sama bertujuan memudahkan proses administrasi. PT Masraffi yang telah menyetorkan kas kecil ke bank mandiri, akan mengalokasikan sebagian saldo ke bank bni sebesar Rp 6.700.000 dengan biaya admin Rp 2.500.

Jurnal pindah saldo antar bank dalam satu perusahaan yang sama adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
06/09/2023Bank Bni Rp 6.700.000
Biaya Administrasi Bank Rp 2.500
Bank Mandiri Rp 6.702.500

Baca Juga: 15 Contoh Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Demikian contoh soal jurnal setoran tunai dan pindah saldo rekening bank dalam satu perusahaan yang sama. Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi perbankan terletak pada jenis transaksi yang akan dilakukan dikehidupan keseharian. Akuntansi perbankan mengutamakan persediaan barang dalam bentuk mata uang.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Setoran Tunai dan Pindah Saldo Rekening Bank"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel