Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma merupakan langkah bagi entitas untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan atas setoran kas, peralatan kantor bahkan kendaraan. Setiap sekutu berkewajiban melaksanakan tanggungjawab yang dibebankan saat menyelenggarakan kegiatan usaha bersama.

Contoh jurnal sekutu baru menyetor modal tambahan di persekutuan berakibat pada kenaikan jumlah modal ditanam. Modal disetor adalah modal yang diberikan kepada persekutuan untuk dilaksanakan pembelian dan penjualan agar dapat dilakukan penilaian kinerja keuangan sesuai batasan waktu yang telah ditentukan.

Sekutu aktif dan sekutu pasif terdapat dalam badan usaha yang harus merepresentasikan kewajiban perpajakannya. Cara menjadi anggota sekutu adalah menyetorkan kas, memiliki nilai lebih daripada sekutu lain dan mengalokasikan waktu untuk dipergunakan kepentingan firma sesuai batasan yang dianjurkan.

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma

Apa itu Pembentukan Firma atau Persekutuan

Pembentukan firma adalah langkah awal dari kerjasama bisnis yang dilakukan perusahaan perseorangan yang diselenggarakan masyarakat. Perusahaan perseorangan adalah entitas yang didirikan oleh orang pribadi untuk menjalankan kegiatan produksi, pelayanan dan keperluan yang diinginkan oleh para pelanggannya.

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma dianjurkan agar entitas mendapatkan kepastian perihal prosedur pembayaran tagihan. Hutang piutang adalah peristiwa peralihan barang dan jasa kena pajak sesuai dengan aturan perpajakan yang telah diasumsikan berdasarkan kebijakan bisnis yang dilakukan.

Apa itu pembentukan firma atau persekutuan? Perubahan pemilikan partnership dianjurkan untuk meningkatkan kualitas modal yang didapatkan agar dapat mensejahterakan para karyawannya. Setiap karyawan menginginkan adanya tambahan gaji dan tunjangan yang disesuaikan informasi perpajakan yang ada.

Baca Juga: 5 Aplikasi Akuntansi yang Digunakan Perusahaan di Indonesia

Prosedur Masuknya Sekutu Baru dengan Menyetorkan Modal

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma dapat dilakukan dengan anggota sekutu baru memberikan tambahan modal agar persekutuan dapat bertahan. Semakin banyak anggota sekutu bergabung berakibat bertambahnya kebijakan bisnis yang diatur dan perubahan persentase pembagian laba ruginya.

Sekutu baru menyetor modal tambahan untuk menjalankan aktivitas bisnis dianjurkan agar entitas mendapatkan kepastian perihal proses pembayaran tagihannya. Pembagian laba persekutuan dan penyiapan laporan modal sekutu dianjurkan agar entitas dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya.

Adapun prosedur masuknya anggota sekutu baru adalah

1. Menghitung Jumlah Modal Sekutu Setelah Sekutu Baru Masuk

Perhitungan jumlah modal sekutu setelah sekutu baru masuk bertujuan menentukan goodwill atau bonus yang diberikan sesuai dengan alokasinya. Bagi pengusaha, laporan perubahan ekuitas bermanfaat untuk memperhitungkan laba atau rugi yang dilaporkan sesuai dengan batasan waktu yang ditentukan.

2. Menghitung Kenaikan Modal Persekutuan

Contoh soal pembentukan firma dan jawabannya bertujuan agar dapat memperluas pangsa pasar sesuai anjuran dari dewan komisaris. Apa tujuan diadakannya pembentukan persekutuan bagi perusahaan adalah memastikan entitas telah bertanggungjawab penuh terhadap kualitas bisnis yang dijanjikan para pengusaha.

3. Menentukan Ada Tidaknya Goodwill dan Bonus

Menentukan ada tidaknya goodwill dan bonus bagi sekutu bertujuan agar anggota baru dapat mempertimbangkan keinginan untuk menambah jumlah setoran modal. Setoran modal sekutu dapat dinilai lebih rendah daripada nilai setoran tatkala terdapat kesepakatan perihal nilai lebih sekutu lainnya.

4. Menentukan Sekutu yang Memberi dan Menerima Goodwill atau Bonus

Kapan proses likuidasi persekutuan dapat dilaksanakan menyesuaikan aturan perpajakan yang ada di entitas. Bagaimana metode pembagian laba rugi persekutuan ditentukan pada akta pendirian. Sekutu yang memberi dan menerima goodwill harus dicatat sesuai persentase modal yang diterima oleh dirinya.

Baca Juga: Penyebab Persekutuan Dibubarkan

Contoh Soal Pembentukan Firma dan Jawabannya

Contoh soal sekutu baru menyetorkan modal tambahan terjadi ketika Masraffi bergabung dengan menyetorkan kas senilai Rp 215.000.000. Masraffi diberikan persentase pembagian laba rugi sebesar 25% dari jumlah modal yang tercatat yakni Rp 160.900.000. Adapun neraca saldo awal dan pembagian rasio laba rugi adalah

Nama AnggotaJumlah ModalRasio Laba Rugi
Dekraffi Rp 182.155.000 2
Kasraffi Rp 72.433.400 3
Ayahraffi Rp 174.011.600 4
Jumlah Ekuitas Rp 428.600.000 9

Cara Menghitung Bonus Bagi Sekutu Lama atau Baru

Cara menghitung bonus bagi sekutu lama atau baru bertujuan melihat nilai yang menjadi kelebihan dari pemilik modal. Metode bonus artinya nilai lebih sekutu akan mempengaruhi jumlah setoran modal sekutu lainnya. Metode goodwill artinya nilai lebih sekutu akan dialokasikan ke akun tersendiri sesuai chart of account.

Modal sekutu dalam Rupiah Rp 160.900.000
Modal sekutu dalam persentase25%
Modal sekutu setelah masraffi masuk Rp 643.600.000
Modal sekutu sebelum masraffi masuk Rp 428.600.000
Kenaikan modal sekutu Rp 215.000.000
Jumlah setoran sekutu baru Rp 215.000.000
Goodwill Rp -
Bonus
- Staff Pajak Rp 160.900.000
- Setoran Modal Rp 215.000.000
Bonus sekutu lama-Rp 54.100.000

Jurnal Transaksi Sekutu Baru Menyetorkan Tambahan Modal

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan perusahaan dapat dilakukan dengan membeli hak sekutu lain atau menambah jumlah modal yang tercatat. Bagi sekutu baru, permintaan bergabung menjadi rekan bisnis dianjurkan agar terhindar dari bisnis yang beresiko terutama pembagian laba ruginya.

TanggalKeteranganDebitKredit
13/09/2023Kas Rp 215.000.000
Modal Masraffi Rp 215.000.000
(Mencatat kas masuk dari sekutu baru)
13/09/2023Modal Masraffi Rp 54.100.000
Modal Dekraffi Rp 12.022.222
Modal Kasraffi Rp 18.033.333
Modal Ayahraffi Rp 24.044.444
(mencatat bonus bagi sekutu lama)

Baca Juga: Contoh Perubahan Firma Menjadi PT

Demikian contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma sesuai dengan batasan waktu yang ditentukan. Apa saja yang terdapat dalam akta pendirian persekutuan adalah prosedur keluar masuknya anggota sekutu, mekanisme pengambilan dana pribadi dan keuntungan yang dialokasikan dalam bisnis.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel