Cara Mengaktifkan DNSSEC di Cloudflare dan Cpanel Hosting

Konten [Tampil]

Cara mengaktifkan dnssec di cloudflare dan cpanel hosting merupakan aktivitas pemilik website dalam rangka menjaga keamanan data yang tersimpan. Data adalah informasi penting yang dimiliki pengguna terutama pada situs jual beli online. Informasi adalah segala sesuatu yang berharga dimana seseorang mau membayarkannya.

Konfigurasi DNSSEC di cloudflare dan cpanel hosting bertujuan agar pengunjung website diarahkan pada server yang telah ditunjuk oleh pengguna. DNS spoofing adalah serangan keamanan website dimana pengguna diarahkan ke situs yang tidak sesuai dengan isi terutama saat mengakses url secara langsung.

Tujuan menghidupkan dnssec pada whois adalah memastikan pengguna telah diarahkan pada situs yang sesuai tujuannya. Setiap pemilik website berharap agar kekayaan intelektual yang dimiliki dapat diatribusikan sesuai dengan program keamanan dan prosedur identifikasi ip address melalui akses dns tersebut.

Cara Mengaktifkan DNSSEC di Cloudflare dan Cpanel Hosting

Pengertian DNSSEC

DNSSEC kepanjangan dari domain name system security extension artinya program peningkatan kualitas layanan informasi dan keamanan cyber yang ditujukan pada kebocoran informasi. DNSSEC bekerja dengan memberikan keterangan berkaitan dengan domain child zone dengan parent zone yang diatur di cpanel.

Apakah dnssec dapat menggantian ssl tentu tidak dapat dilaksanakan sebab hanya digunakan untuk memastikan alamat ip address yang dicantumkan di website telah benar. Serangan ddos harus dihindari agar beban server saat load impact atas pengunjung situs dapat di handle dengan benar dan mengurangi beban operasionalnya.

Jika website tidak mengaktifkan dnssec maka dapat terjadi serangan dns spoofing. Walaupun demikian, website yang tidak menghidupkan layanan ini tetap dapat bekerja. Departemen keamanan sosial media harus mempertimbangkan kelebihan saat data dilakukan enkripsi oleh sistem sesuai hasil inputannya.

Baca Juga: Plugin Cek Resi All Ekspedisi di Indonesia

Apakah Website Dapat Bekerja Tanpa DNSSEC

Cara mengaktifkan dnssec di cloudflare dan cpanel hosting dibutuhkan agar setiap pengguna dapat memastikan bahwa pengunjung telah dilakukan verifikasi terhadap keberlangsungan usahanya. Peningkatan pengunjung website akan terjadi dan dapat menghasilkan tambahan omzet bagi perusahaan tersebut.

DNSSEC Unsigned

DNSSEC unsigned artinya website belum melakukan konfigurasi domain name system security extension saat melakukan setup terhadap pengunjungnya. DNS diperlukan untuk mewakili alamat ip address yang dimiliki oleh penyelenggaran hosting dan cloudflare. Tujuan pemakaian cloudflare adalah memastikan ssl diaktifkan.

DNSSEC Signed Delegation

DNSSEC signed delegation artinya pemilik situs telah melakukan konfigurasi dns untuk memastikan kebenaran website yang dituju. Cloudflare memberikan layanan dns secara gratis sesuai dengan kualitas layanannya. Dnssec tidak digunakan untuk melakukan enkripsi data dan mengurangi serangan ddos.

Baca Juga: Cara Mencari Ip Public untuk Setting Microtic

Cara Mengaktifkan DNSSEC di Cloudflare dan Cpanel

Cara mengaktifkan dnssec di cloudflare dan cpanel hosting tentu harus memiliki akun pemilik domain. Domain adalah sebuah nama yang digunakan untuk mengalihkan alamat ip address sebuah website agar mudah dihafalkan. Domain bertujuan agar pengunjung dapat kembali membaca artikel yang ada.

Langkah-Langkah Menghidupkan DNSSEC Domain

  1. Login ke situs cloudflare
  2. Pilih domain yang akan diaktifkan dnssec nya
  3. Arahkan ke menu DNS dan Pilih Setting
  4. Pilih enable dnssec
  5. Akan muncul beberapa informasi seperti kode Domain, Key Tag, Algorithm Tag , Digest Type , dan Digest
  6. Cara Mengaktifkan DNSSEC di Cloudflare dan Cpanel Hosting
  7. Masuk ke layanan pendaftaran domain anda
  8. Pilih salah satu domain yang anda miliki
  9. Aktifkan dnssec atas data yang didapatkan pada situs cloudflare
  10. Klik Simpan

Cara Melihat Status DNSSEC yang Aktif

Setelah melakukan konfigurasi layanan domain name system security extension. Pemilik website dapat mengakses informasi whois. Whois adalah layanan informasi perihal kepemilikan situs seperti tanggal pembuatan, alamat pemilik website, email dan data penting untuk perpindahan layanan hosting yang dimiliki.

Cara Mengaktifkan DNSSEC di Cloudflare dan Cpanel Hosting

Baca Juga: Cara Membuat Hosting Sendiri dengan Komputer

Demikian cara mengaktifkan dnssec di cloudflare dan cpanel hosting sesuai dengan keinginan dari pemilik situs. Setiap pembeli mengharapkan data yang diinputkan ke dalam sistem dapat terekripsi dengan baik agar tidak disalahgunakan oleh kelompok yang tidak memiliki kepentingan tertentu.

0 Response to "Cara Mengaktifkan DNSSEC di Cloudflare dan Cpanel Hosting"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel