Contoh Soal Jurnal Umum Akuntansi Sektor Publik dan Pemerintah

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal umum akuntansi sektor publik dan pemerintah merupakan prosedur pencatatan bukti transaksi yang didapatkan oleh bendaharawan pemerintah berkaitan dengan pembelian atau penjualan. Setiap transaksi harus didukung denan bukti transaksi yang valid untuk menghindari pemeriksaan oleh badan pemeriksa keuangan.

Siklus akuntansi dan pencatatan transaksi akuntansi sektor publik terdiri dari skpd dan ppkd. Setiap perusahaan yang bertransaksi dengan pemerintah diwajibkan menyetorkan seluruh pajak penghasilan yang dipungutnya. Perusahaan diwajibkan melaporkan ppn dan pph sesuai jenis pemungutan yang dilakukan berdasarkan bukti transaksi.

Contoh soal transaksi akuntansi pemerintah daerah memungkinkan entitas mempertanggungjawabkan setiap pengeluarannya. Soal pilihan ganda dan essay penganggaran sektor publik menunjukkan adanya peluang bisnis untuk menyamakan kehendak diantara para pemegang saham dan kepala daerah untuk laporan keuangannya.

Contoh Soal Jurnal Umum Akuntansi Sektor Publik dan Pemerintah

Mengapa suatu negara membutuhkan akuntansi sektor publik?

Mengapa suatu negara membutuhkan akuntansi sektor publik sebab entitas diwajibkan menyetorkan segala hal yang berhubungan dengan keseimbangan pasar. Tujuan mempelajari akuntansi sektor publik adalah menciptakan peluang perusahaan memperlakukan setiap pemungutan pajak sesuai target yang ditetapkannya.

Contoh soal jurnal umum akuntansi sektor publik dan pemerintah terdiri dari skpd dan ppkd. Akun dalam buku besar terdiri dari akun riil dan akun nominal. Akun riil adalah akun yang digunakan untuk menampung transaksi yang berkaitan dengan saldo awal periode selanjutnya meliputi akun aset, liabilitas dan ekuitas perusahaan.

Mengapa suatu negara membutuhkan akuntansi sektor publik karena entitas harus mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran selama menjalan kegiatan bisnis. Peranan akuntansi manajemen dalam pengambilan keputusan strategis organisasi sektor publik dikaitkan dengan orientasi karyawannya.

Baca Juga: Contoh Jurnal LO dan LRA Skpd

Contoh Soal Jurnal Umum Akuntansi Sektor Publik dan Pemerintah

Contoh soal jurnal umum akuntansi sektor publik dan pemerintah mewajibkan mematuhi prinsip dasar akuntansi. Bagaimana asumsi dasar akuntansi yang dipakai pemerintah daerah dan pusat dapat menyesuaikan asumsi kesinambungan entitas, asumsi pengukuran satuan uang dan kemandirian usaha.

SKPD kepanjangan dari satuan kerja perangkat daerah mewajibkan mempertanggungjawabkan setiap pengelolaan dana keuangan daerah sesuai peruntukkannya. Apa yang menyebabkan kesalahan dalam pencatatan transaksi akuntansi adalah keseimbangan pasar yang memungkinkan entitas bertanggungjawab kepada pemegang sahamnya.

Contoh soal jurnal umum akuntansi sektor publik terjadi ketika pemerintah kabupaten majalengka menerima transfer dana dari kantor pusat yakni dana alokasi umum senilai Rp 24.000.000. Bagaimana jurnal yang harus dibuat?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
18/02/2023Kas Rp 24.000.000
Pendapatan dana perimbangan - DAU Rp 24.000.000

SKPKD melaksanakan pembayaran belanja subsidi kepada lembaga swadaya masyarakat senilai Rp 2.000.000 serta membayarkan tagihan listrik kepada pln senilai Rp 500.000. Contoh transaksi pemerintah daerah harus diselenggarakan pencatatan sesuai kejadian sebenarnya berdasarkan prinsip akrual dengan jurnal sebagai berikut

Tanggal Keterangan Debit Kredit
18/02/2023Belanja Subsidi Rp 2.000.000
Biaya Listrik Rp 500.000
Kas di Kas Daerah Rp 2.500.000

Pada akhir tahun 2023, SKPD kepanjangan dari satuan kerja perangkat daerah mendapati adanya bunga pinjaman sebesar Rp 900.000 belum tercatat. Stock opname perlengkapan mendapatkan nilai Rp 800.000 dari saldo awal bulan senilai Rp 1.000.000. Buatlah jurnal pencatatan transaksi pemerintah daerah tersebut?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
18/02/2023Dana YHD untuk membayarkan hutang jangka pendek Rp 900.000
Biaya Perlengkapan Rp 200.000
Perlengkapan Rp 200.000
Hutang Jangka pendek Rp 900.000

Bendaharawan pemerintah adalah karyawan yang bertugas untuk menciptakan proses pembayaran tagihan sesuai permintaan dari berbagai departemen di kantor pemerintah daerah dan pusat. Bendaharawan pemerintah bertugas melaksanakan pemungutan ppn dan pph sesuai dasar pengenaan pajaknya.

Baca Juga: Perbedaan SKPD dan PPKD

Demikian contoh soal jurnal umum akuntansi sektor publik dan pemerintah sesuai informasi keuangan yang harus diberikan kepada masyarakat. Masyarakat berhak memperoleh informasi berkaitan dengan pemakaian dana pajak dan penerimaan negara bukan pajak untuk mengurangi risiko bisnis yang terjadi.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Umum Akuntansi Sektor Publik dan Pemerintah"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel