Contoh Kasus Pemeriksaan Kas dan Setara Kas Beserta Program Auditnya

Konten [Tampil]

Contoh kasus pemeriksaan kas dan setara kas beserta program audit dan prosedur audit merupakan metode yang digunakan akuntan publik dalam rangka memeriksa kebenaran saldo kas di laporan posisi keuangan. Setiap perusahaan tentu memiliki kas kecil, rekening giro dan investasi saham sebagai metode pembayaran paling efektif.

Pertanyaan tentang audit kas dan setara kas perlu mempertimbangkan adanya kesepakatan dengan akuntan publik. Bagaimana auditor menilai penerapan sistem pengendalian internal di perusahaan bergantung pada kebijakan keuangan yang ada guna mengantisipasi tidak berjalannya kegiatan operasional sebab kondisi keuangannya.

Dokumen yang diperlukan auditor dalam audit kas dan setara kas bergantung pada kebijakan perusahaan. Subtantive test dan compliance test diajukan sebagai dasar perusahaan menciptakan aliran pendapatan kena pajak. Kewajaran saldo laporan keuangan menjadi tanggungjawab akuntan publik sesuai standar yang ditetapkannya.

Contoh Kasus Pemeriksaan Kas dan Setara Kas Beserta Program Auditnya

Pertanyaan tentang Audit Kas dan Setara Kas

Pertanyaan tentang audit kas dan setara kas menjadikan entitas bertanggungjawab terhadap segala pembayaran tagihannya. Keseluruhan perusahaan diharapkan mampu memastikan adanya program audit yang tepat agar dapat menghindari pemakaian dana perusahaan tanpa otorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang.

Contoh kasus pemeriksaan kas dan setara kas beserta program audit dan prosedur audit diselenggarakan setelah akuntan publik menilai internal control. Ruang lingkup pemeriksaan ditentukan berdasarkan keberagaman dokumen yang dimiliki guna mengantisipasi adanya kerugian yang mengakibatkan dibubarkannya perusahaan.

Pertanyaan tentang audit kas dan setara kas terdiri dari flow chart, narrative dan questioner. Penerapan interal control perusahaan diharapkan mampu memberikan kepastian tentang pemisahan tugas dan tanggungjawab antara pihak yang menerima dan mengeluarkan kas untuk membayarkan tagihan sesuai invoicenya.

Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi dan Prosedurnya

Contoh Program Audit Pemeriksaan Kas Kecil

Mengapa perusahaan melakukan pengendalian internal untuk kas dan setara kas bergantung pada kebijakan moneter yang dipilih. Setiap lawan transaksi dapat menyeimbangkan aliran pendapatan guna memastikan keterkaitan antara pemasaran produk dengan harga pokok produksi agar laba kotor dapat meningkat.

Transaksi apa saja yang dikategorikan sebagai transaksi setara kas adalah giro, cek dan deposito. Karakteristik setara kas adalah entitas dapat menggunakannya sebagai metode pembayaran tanpa merubah nilai nominalnya. Internal control kas perlu dipertimbangkan sebagai acuan penilaian kewajaran laporan keuangan.

Contoh program audit pemeriksaan kas kecil layak dipertimbangkan untuk memastikan entitas telah mematuhi standar akuntansi keuangan. Dokumen yang diperlukan auditor dalam audit kas dan setara kas harus diperkenalkan agar masing-masing departemen dapat menggunakan kas sebagai metode pembayaran tagihannya.

Baca Juga: Bagaimana Peran Auditor dalam Sistem Pengendalian Internal Perusahaan

Contoh Kasus Pemeriksaan Kas dan Setara Kas di Perusahaan Manufaktur

Contoh kasus pemeriksaan kas dan setara kas di perusahaan manufaktur perlu menentukan batas minimal pemakaian kas. Jika perusahaan telah menyisihkan kas untuk melunasi hutang obligasi atau hutang lainnya, maka entitas tidak diperkenankan mengakui kas sebagai aktiva lancar dan harus dicatat dalam catatan atas laporan keuangan.

Mengapa perusahaan melakukan pengendalian internal untuk kas atau setara kas dapat dipertimbangkan sebagai dasar pengenaan pajak. Penyajian kas di laporan keuangan tercantum pada aktiva lancar guna menyeimbangkan antara modal dan liabilitas yang didapatkan dari pihak ketiga seperti bank atau pinjaman lainnya.

Contoh kasus pemeriksaan kas dan setara kas terjadi ketika auditor PT Masraffi menemukan adanya bukti pembayaran biaya kirim dokumen yang belum tercatat saat reimbursement dana kas kecil sebesar Rp 70.000. Biaya kirim dokumen ternyata dicatat sebagai pengeluaran gaji karyawan. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
19/02/2023Biaya Kirim Dokumen Rp 70.000
Biaya gaji karyawan Rp 70.000

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penyesuaian di Perusahaan Manufaktur

Demikian contoh kasus pemeriksaan kas dan setara kas beserta program audit dan prosedur auditnya. Setiap akuntan publik harus menilai sistem pengendalian internal perusahaan terlebih dahulu untuk memastikan ruang lingkup pemeriksaan yang hendak dikerjakan sesuai aturan perpajakan yang berlaku.

0 Response to "Contoh Kasus Pemeriksaan Kas dan Setara Kas Beserta Program Auditnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel