Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun

Konten [Tampil]

Contoh soal penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu merupakan tindakan perusahaan dalam rangka menyeimbangkan antara biaya perolehan dengan masa pemakaian aset. Umur ekonomis adalah usia pemakaian aset berdasarkan pertimbangan perusahaan sesuai kategori aktiva tetap di perpajakan.

Metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu bertujuan agar perusahaan dapat mempertimbangkan masa pakai aset. Apakah nilai residu sama dengan nilai sisa? tentunya biaya penyusutan aktiva tetap dapat dibebankan ke periode berjalan untuk diakui sebagai biaya overhead pabrik agar penyelenggaraan produksi dapat dilaksanakan.

Cara menghitung depresiasi aktiva tetap metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu bertujuan agar proses penyelenggaraan kebijakan keuangan berjalan. Tidak semua aset tetap memiliki nilai residu sebab di perpajakan tidak mengenal adanya nilai sisa untuk pengurangan pembayaran pajak penghasilan badan usaha.

Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun

Apa itu Metode Jumlah Angka Tahun

Pengertian metode jumlah angka tahun adalah salah satu cara melaksanakan penyusutan aktiva tetap berdasarkan pemakaian perusahaan. Aktiva tetap adalah aset yang dapat digunakan lebih dari satu periode akuntansi dan bernilai material yang dapat membantu perusahaan menciptakan kualitas lebih baik untuk bahan baku.

Cara menghitung nilai buku metode jumlah angka tahun bergantung pada akumulasi penyusutan diakhir periode. Rumus depresiasi adalah membagi biaya penyusutan terhadap dasar penentuan perhitungan pajak. Latihan soal untuk pertanyaan pilihan ganda bermanfaat bagi mahasiswa ketika mengerjakan ulangan tengah semester.

Apa itu metode jumlah angka tahun adalah cara yang dipergunakan perusahaan untuk mengalokasikan biaya perolehan terhadap masa pemakaian aset tetap. Umur ekonomis dan usia manfaat terdapat perbedaan terutama pada kebijakan perusahaan ketika mengakui adanya pertambahan nilai piutang dagang.

Baca Juga: Contoh Soal Pembebanan Biaya Produksi dan Jawabannya

Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun Tanpa Nilai Residu

Contoh soal penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu diperuntukkan bagi perusahaan dalam rangka mengakui pendapatan kena pajak. Metode penyusutan yang diakui di perpajakan terdiri dari metode garis lurus dan metode saldo menurun berganda sesuai kebutuhan perusahaan.

Perbedaan metode depresiasi garis lurus dengan saldo menurun berganda terletak pada nilai penyusutan yang dilakukan perusahaan. Pada umumnya, perusahaan akan menggunakan metode garis lurus karena kemudahan dalam penerapan di keseharian terutama saat melaksanakan koreksi fiskal diakhir periode.

Contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu terjadi ketika PT Masraffi membeli mobil alphard senilai Rp 700.000.000. PT Masraffi memutuskan memakai kendaraan selama 8 tahun. Kebijakan akuntansi mewajibkan akuntan menghitung beban penyusutan dan nilai residu menggunakan metode jumlah angka tahun. Bagaimana cara menghitung depresiasinya?

Baca Juga: Cara Menghitung Unit Ekuivalen pada Laporan Biaya Produksi

Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun diawali dengan menentukan umur manfaat. Perbedaan umur manfaat dan usia ekonomis terletak pada penerapan kebijakan perusahaan terhadap estimasi masa pakai yang ditentukan oleh pabrikan. Kebijakan akuntansi dapat disesuaikan ketentuan perpajakan.

Rumus metode jumlah angka tahun bergantung pada usia manfaat. Apabila usia manfaat aset selama 4 tahun maka dasar perhitungan masa pakai adalah 1+2+3+4 = 10. Dimana ditahun pertama akan mengalami penyusutan paling besar yaitu 4 periode. Metode ini akan mengalami koreksi fiskal saat pelaporan spt tahunan badan.

Cara menghitung penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu berperan agar entitas memperhitungkan depresiasi sebagai biaya overhead pabrik. Mesin produksi dan bangunan dapat menjadi biaya periodik yang dibebankan ke perusahaan sesuai kebutuhan taktis berdasarkan informasi keuangannya.

Tahun Pemakaian Biaya Perolehan Dasar Pembebanan Biaya Penyusutan
1 Rp 700.000.000 8 Rp 155.555.556
2 Rp 700.000.000 7 Rp 136.111.111
3 Rp 700.000.000 6 Rp 116.666.667
4 Rp 700.000.000 5 Rp 97.222.222
5 Rp 700.000.000 4 Rp 77.777.778
6 Rp 700.000.000 3 Rp 58.333.333
7 Rp 700.000.000 2 Rp 38.888.889
8 Rp 700.000.000 1 Rp 19.444.444

Baca Juga: Cara Mencatat Transaksi Penjualan Tunai dan Kredit Beserta Jurnalnya

Demikian contoh soal penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun dalam materi akuntansi keuangan menengah. Penyusutan adalah hal yang wajib dilakukan perusahaan karena tidak mungkin entitas dapat menyelenggarakan produksi tanpa memiliki aktiva tetap untuk membantu operasionalnya.

0 Response to "Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel