Cara Menentukan Nomor Akun pada Neraca Saldo dan Penggolongan Akun

Konten [Tampil]

Cara menentukan nomor akun pada neraca saldo dan penggolongan akun merupakan aktivitas pertama setelah perusahaan menerima bukti transaksi. Asersi manajemen adalah pendapat manajemen perusahaan terhadap bukti transaksi yang diperoleh dari pihak eksternal dan pihak internal berkaitan dengan laporan arus kas.

Cara menggolongkan akun dan cara penomoran akun dapat menggunakan materi akuntansi pengantar. Sistem pembukuan berpasangan dapat dilaksanakan untuk mengakuisisi informasi perpajakan yang dikerjakan perusahaan. Akun adalah alat mengidentifikasi transaksi keuangan sebagai aset nominal dan aset riil.

Daftar kode akun akuntansi keuangan menengah lengkap disebut chart of account. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pemberian nomor kode akun harus dapat mewakili adanya aset, liabilitas, ekuitas, revenue dan expance perusahaan. Laporan keuangan dijadikan bahasa bisnis bagi pemegang sahamnya.

Cara Menentukan Nomor Akun pada Neraca Saldo dan Penggolongan Akun

Apa yang Dimaksud Kode Akun dan Daftar Akun

Apa yang dimaksud kode akun dan daftar akun merupakan aktivitas perusahaan memperoleh tambahan informasi keuangan setiap kali pemeriksaan. Kode akun adalah informasi perihal kode yang dipergunakan untuk memperjelas komponen dalam laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif yang dibuat.

Akun adalah alat yang dipergunakan untuk mendiskripsikan informasi perpajakan yang ada di perusahaan sebagai sarana tambahan kekayaannya. Bagaimana cara menentukan kode akun bergantung pada klasifikasi atau penggolongan akun yang diselenggarakan perusahaan sesuai kebijakan akuntansi keuangannya.

Apa yang dimaksud kode akun dan daftar akun adalah informasi perihal kekayaan perusahaan untuk menyelenggarakan pencatatan bisnis. Daftar kode akun akuntansi keuangan secara lengkap harus dapat menterjemahkan informasi keuangan ke dalam bahasa bisnis sesuai yang direncanakan pemegang sahamnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Selisih BOP Aktual dan BOP Dibebankan

Cara Menggolongkan Akun dan Cara Penomoran Akun Akuntansi Keuangan

Cara menentukan nomor akun pada neraca saldo dan penggolongan akun merupakan informasi dasar yang harus diketahui oleh staff finance. Tujuan pemakaian akun di neraca saldo adalah memastikan kegiatan pencatatan telah sesuai standar akuntansi keuangan atas dasar bukti transaksi yang diperoleh perusahaan.

Pengertian Akun Riil

Pengertian akun riil menurut para ahli adalah akun yang digunakan perusahaan untuk mencatat aktiva dan sumber daya untuk memperoleh aset perusahaan. Akun riil akan dilaporkan sebagai neraca saldo. Klasifikasi akun riil terdiri dari akun aktiva, liabilitas dan ekuitas yang disesuaikan kebutuhan dari perusahaan.

Pengertian Akun Nominal

Pengertian akun nominal menurut para ahli adalah akun yang digunakan perusahaan untuk mencatat pendapatan dan beban selama satu periode. Cara menentukan nomor akun pada neraca saldo dan penggolongan akun dapat disesuaikan kebijakan akuntansi keuangan yang diterapkan pada perusahaan jasa, dagang dan manufaktur.

Baca Juga: Cara Mencatat Transaksi Penjualan Tunai dan Kredit di Perusahaan Jasa

Hal Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemberian Nomor Kode Akun

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pemberian nomor kode akun pada neraca saldo adalah kesesuain antara persamaan dasar akuntansi dan standar akuntansi keuangan. Sistem pembukuan berganda mewajibkan perusahaan melaksanakan pencatatan sesuai bukti transaksi yang didapatkannya.

Cara menentukan nomor akun pada neraca saldo perlu mempertimbangkan persamaan dasar akuntansi. Pengertian persamaan dasar akuntansi adalah mekanisme pencatatan bukti transaksi berdasarkan kesesuaian antara kondisi keuangan dan perpajakan. Daftar kode akun akuntansi keuangan secara lengkap adalah

Kode AkunNama Akun
1Aktiva
2Liabilitas
3Ekuitas
4Pendapatan
5Biaya

Bagaimana cara menentukan kode akun pada neraca saldo harus mempertimbangkan persamaan dasar akuntansi. Misalnya, perusahaan menciptakan akun uang muka penjualan maka dapat menggunakan kode 212 artinya 2 untuk kode liabilitas, 1 untuk kode liabilitas jangka pendek dan 2 untuk nomor urut akun tersebut.

Baca Juga: Hubungan Antara Akun Riil dengan Laporan Posisi Keuangan atau Neraca Saldo

Demikian cara menentukan nomor akun pada neraca saldo dan penggolongan akun sesuai standar akuntansi keuangan. Download chart of account perusahaan jasa, dagang dan manufaktur merupakan solusi agar perusahaan dapat menciptakan laporan keuangan secara seragam sesuai keperluan bisnisnya.

0 Response to "Cara Menentukan Nomor Akun pada Neraca Saldo dan Penggolongan Akun"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel