Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Obligasi Menjadi Saham

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perubahan obligasi menjadi saham merupakan aktivitas merubah utang jangka panjang menjadi setoran modal perusahaan. Hak opsi obligasi bertujuan agar pemberi pinjaman dapat menjadi bagian dari pemegang saham dan perusahaan tidak perlu membayarkan pokok pinjamannya.

Contoh soal perubahan obligasi menjadi saham perlu dilaksanakan setiap periodenya agar dapat melaksanakan aktivitas bisnisnya. Utang yang dapat dikonversi berakibat pada penurunan kepercayaan dari nasabah ketika ingin melangsungkan kinerja operasional tanpa melalui perdagangan dan omzet penjualan.

Penerbitan obligasi konversi dan manajemen laba bertujuan agar pemegang saham lama mendapatkan laba per lembar saham sesuai keinginannya. Jelaskan perlakuan akuntansi untuk obligasi konversi bertujuan agar entitas dapat melaksanakan aktivitas bisnisnya sesuai tujuan pembentukan perseroan terbatasnya.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Obligasi Menjadi Saham

Mengapa Perusahaan Mengeluarkan Sekuritas Dilutif dan Convertible?

Mengapa perusahaan mengeluarkan sekuritas dilutif dan convertible diakibatkan adanya perubahan pada komposisi pos laporan keuangannya. Sekuritas dilutif adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan penerbit dan memberikan kebebasan bagi para pembelinya untuk mengubahnya menjadi saham perusahaan.

Mengapa perusahaan mengeluarkan sekuritas dilutif adalah agar surat berharga yang diterbitkan dapat diperdagangkan secara cepat untuk membantu perekonomian dari perusahaan. Contoh soal dan jawaban perubahan obligasi menjadi saham merupakan materi pengantar akuntansi tentang kewajiban jangka panjang.

Penyebab perusahaan menerbitkan sekuritas convertible atau sekuritas dilutif adalah perusahaan ingin mempertahankan komposisi pemegang saham terutama direktur keuangan dan komisaris. Jumlah laba per lembar saham akan berbeda setiap periodenya untuk memaksimalkan pemungutan pajak penghasilannya.

Baca Juga: Perbedaan Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham dan Jawabannya

Contoh soal perubahan obligasi menjadi saham dan jawabannya harus diselenggarakan secara normal agar dapat menjadi sumber daya keuangan perusahaan. Peran trustee adalah melakukan distribusi ketika perusahaan menerbitkan obligasi dan memperdagangkannya kepada masyarakat tertentu.

Contoh soal perubahan obligasi menjadi saham sering disebut obligasi konversi. Pengertian convertible bond adalah obligasi yang memberikan hak opsi kepada pembeli diakhir periode untuk mengubahnya menjadi saham sehingga jumlah saham yang beredar di pasar semakin meningkat.

Contoh soal convertible bond dan jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang menerbitkan obligasi senilai Rp 802.000.000. Tabel amortisasi obligasi menunjukkan nilai Rp 445.000.000 dan dapat dikonversikan menjadi saham senilai Rp 225.000.000. Hitunglah nilai agio saham biasa yang harus dicatat?

Baca Juga: Cara Memasukkan Saldo Awal Pelanggan dan Pemasok di Accurate

Jurnal Pencatatan Penerbitan, Penarikan dan Perubahan Obligasi Menjadi Saham

Jurnal pencatatan penerbitan obligasi bertujuan agar entitas mencatat alirasn kas yang masuk ketika menerbitkan obligasi. Obligasi merupakan surat pinjaman dimana penerbit harus memberikan hak bagi para pemberi pinjaman seperti hak mendapatkan bunga dan pelunasan hutang secara tepat waktu.

Jurnal penarikan kembali obligasi yang beredar bertujuan agar menurunkan biaya bunga sesuai tingkat bunga pasar dan dapat menerbitkan obligasi baru dengan bunga yang menguntungkan. Penarikan kembali obligasi mengakibatkan pembeli surat berharga tidak mendapatkan bunga yang telah dijanjikan sampai akhir periode.

Jurnal perubahan obligasi menjadi saham bertujuan agar entitas tidak perlu membayarkan pokok pinjaman dan mendapatkan agio saham biasa. Saham biasa adalah saham yang dikeluarkan perusahaan dan hanya memiliki hak biasa di perusahaan. Adapun jurnal perubahan obligasi menjadi saham yang harus dicatat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022Utang Obligasi Rp 802.000.000
Diskonto Obligasi Rp 445.000.000
Saham Biasa Rp 225.000.000
Agio Saham Rp 132.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom dan Jawabannya

Demikian contoh soal dan jawaban perubahan obligasi menjadi saham biasa dalam materi pengantar akuntansi keuangan. Kewajiban perusahaan penerbit obligasi adalah memberikan imbal balik atas aktivitas bisnis yang pantas sesuai tujuan pembentukan perseroan terbatas dan persekutuan diawal periode.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Obligasi Menjadi Saham"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel