Contoh Kasus Penjualan Cicilan dengan Tukar Tambah dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh kasus penjualan cicilan dengan tukar tambah dan jawabannya menjadi salah satu metode meningkatkan omzet tahun berjalan. Omzet merupakan seluruh pendapatan yang dihasilkan dari transaksi jualbeli barang kena pajak dan jasa kena pajak di perusahaan sesuai mekanisme pertanggungjawabannya.

Contoh soal tukar tambah penjualan angsuran barang bergerak dan tidak bergerak disesuaikan kebutuan dari pembeli. Keuntungan penjualan kredit adalah entitas akan mendapatkan penghasilan dari transaksi jualbeli dan penghasilan dari biaya bunga yang dibebankan ke pelanggan ketika transaksi disetujuinya.

Perbedaan penjualan kredit, penjualan angsuran dan penjualan tunai terletak pada harga perolehan barang dan metode pembayaran. Termin pembayaran adalah waktu yang disepakati pembeli untuk membayarkan tagihan yang telah diterbitkan atas penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak dimasa lampau.

Contoh Kasus Penjualan Cicilan dengan Tukar Tambah dan Jawabannya

Perbedaan Penjualan Kredit, Penjualan Tunai dan Angsuran

Perbedaan penjualan kredit dan penjualan tunai terletak pada mekanisme pertanggungjawaban metode pembayaran yang diberikan. Penjualan kredit menekankan pada pemberian jangka waktu bagi pelanggan untuk mempersiapkan kas dan setara kas untuk membayarkan barang yang telah dikirimkan sebelumnya.

Perbedaan penjualan tunai dan penjualan angsuran terletak pada harga perolehan barang yang diperdagangkan. Penjualan tunai tidak akan mengenakan biaya bunga atas pemberian metode istishna dimasa mendatang. Penjualan angsuran akan meningkatkan harga pokok untuk menghindari biaya kerugian piutang.

Berdanya penjualan angsuran, tunai dan kredit adalah harga perolehan dan kebijakan penghapusan piutang tak tertagih. Piutang tak tertagih adalah piutang yang berasal dari pengiriman barang dimasa lampau tetapi tidak mampu dibayarkan oleh pelanggan sesuai masa yang telah ditetapkan dalam term of payment.

Baca Juga: Bagaimana Pengakuan Laba Kotor dari Penjualan Angsuran

Contoh Soal Tukar Tambah Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Tukar tambah penjualan angsuran dan jawabannya perlu dilaksakan sesuai masa yang ditetapkan oleh perusahaan. Mengapa penjualan cicilan diminati oleh konsumen dikarenakan konsumen akan menerima barang terlebih dahulu dan aliran kas untuk pembayarannya dapat menggunakan kas dimasa mendatang.

Contoh kasus penjualan cicilan dengan tukar tambah dan jawabannya dapat menjadi salah satu metode alokasi informasi keuangan secara tepat waktu. Penyebab perusahaan melakukan penjualan angsuran adalah meningkatkan omzet tahun berjalan dan aliran kas di masa depan sesuai termin pembayarannnya.

Contoh soal tukar tambah penjualan angsuran dan jawabannya menjadi permasalahan dalam kebijakan kredit. Perusahaan dapat menilai kualitas pembayaran tunai sebelum memberikan kebijakan kredit kepada pelanggannya. PT Masraffi memiliki laporan penjualan barang dimana konsumen memberikan kendaraannya sebagai berikut:

Nilai Kendaraan Bekas yang Disetujui Rp 86.520.000
Harga mobil baru Rp 100.520.000
Harga pokok mobil baru Rp 58.942.500
perkiraan perbaikan Rp 5.462.400
Harga jual setelah perbaikan Rp 65.600.000
Laba kotor rata-rata20%

Baca Juga: Penyebab Penjualan Angsuran diminati Pelanggan

Contoh Kasus Penjualan Cicilan dengan Tukar Tambah

Contoh kasus penjualan cicilan dengan tukar tambah menjadi permasalahan terutama ketika mengidentifikasi kemampuan pembayaran pelanggan. Penjualan kredit memberikan peluang arus kas dimasa mendatang tetapi akan berdampak pada timbulnya permasalahan piutang tak tertagihnya.

Contoh kasus penjualan angsuran dengan tukar menukar dapat dilaksanakan sesuai tujuan pembentukan persekutuan. Entitas diwajibkan untuk menjalankan aktivitas bisnisnya sejalan dengan kemampuan pembayaran tagihan di perusahaan. Term of payment adalah estimasi arus kas dari penjualan dapat diterima.

Bagaimana perhitungan dan pencatatan tukar tambah penjualan angsuran harus membentuk cadangan selisih harga tukar. Keuntungan dan kerugian penjualan aset tetap harus dilaporkan pada laporan laba rugi komprehensif. Adapun cara menghitung cadangan selisih harga tukar sebagai berikut:

Nilai Kendaraan Bekas yang Disetujui Rp 86.520.000
Nila Jual setelah perbaikan Rp 65.600.000
Laba kotor rata-rata Rp 13.120.000
perkiraan perbaikan Rp 5.462.400 Rp 84.182.400
Cadangan Selisih Harga Pertukaran Rp 2.337.600

Jurnal pencatatan tukar tambah dalam penjualan angsuran harus dicatat sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2022Kendaran Bekas Rp 84.182.400
Cadangan Selisih Harga Pertukaran Rp 2.337.600
Piutang Angsuran Rp 14.000.000
Harga Pokok Penjualan Rp 58.942.500
Penjualan kredit Rp 100.520.000
Persediaan Rp 58.942.500

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawabannya

Demikian contoh kasus penjualan cicilan dengan tukar tambah dan jawabannya yang menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Kekurangan penjualan kredit adalah meningkatkan adanya piutang tak tertagih atas keterlambatan pembayaran tagihan atau ketidakmampuan pembayaran dari pelanggan.

0 Response to "Contoh Kasus Penjualan Cicilan dengan Tukar Tambah dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel