Contoh Soal Accounting Rate of Return dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal accounting rate of return menjadi bagian dari pengambilan keputusan investasi modal yang ada diperusahaan. Model non diskonto adalah perhitungan sebuah investasi keuangan tanpa melibatkan nilai waktu uang dari sebuah produk. Manajer harus dapat melakukan estimasi tentang arus kas dan risikonya.

Perbedaan average rate of return dengan accounting rate of return berdampak pada laporan keuangan yang diterbitkan. Tujuan dan prioritas investasi modal entitas harus mampu dipertanggungjawabkan oleh manajemen perusahaan sebagai alat bantu menerima atau menolak potensi sebuah investasi jangka panjang.

Contoh soal arr accounting rate of return harus melibatkan penganggaran modal dengan proyek independen dan proyek yang saling meniadakan. Perusahaan bertujuan mencari profitabilitas agar dapat menghindari kesalahan karena ketidakmampuan bersaing dengan lawan bisnis dalam jualbeli barang.

Contoh Soal Accounting Rate of Return dan Jawabannya

Pengertian Accouting Rate of Return (ARR)

Pengertian accounting rate of return sering disebut dengan arr menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mempertimbangkan laba operasional dalam rangka menilai rata-rata investasi. Arus kas operasional dan pendanaan dipertimbangkan sebagai alat utama sebuah investasi dilaksanakan entitas.

Apa yang dimaksud dengan accounting rate of return adalah metode penilaian kelayakan investasi jangka panjang dengan menggunakan laba dan bukannya arus kas tahunan. Laba ditahan diperoleh dengan menjumlahkan laba bersih yang didapatkan dan mengurangkan rata-rata beban penyusutan arus kas entitas.

Pengertian accounting rate of return atau metode pengembalian akuntansi bertujuan agar entitas memaksimalkan laba ditahan selama satu periode. Tujuan arr adalah memastikan tidak adanya pertentangan dengan proyek pengembalian investasi jangka panjang perusahaan selama satu periode.

Baca Juga: Contoh Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Perbedaan Average Rate of Return dengan Accounting Rate of Return

Perbedaan average rate of return dengan accounting rate of return terletak pada laba atau fluktuasi keuntungan yang diterima perusahaan selama satu periode. Arus kas yang didiskontokan harus dapat menilai arus kas masa depan dengan mempergunakan konsep nilai sekarang atau present value.

Kelebihan dan kekurangan accounting rate of return atau metode pengembalian akuntansi bertujuan agar entitas dapat mempertimbangkan konsep nilai waktu uang. Kinerja manajer dapat diukur dengan kreiteria untuk menunjukkan tingkat laba bersih yang didapatkan secara cepat dengan alternatif tertentu.

Contoh soal accounting rate of return dan jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang mendapatkan laba sebesar Rp 45.300.000. PT Masraffi membeli kendaraan seharga Rp 156.000.000. Bagaimana cara menghitung keputusan investasi modal menggunakan metode tingkat pengembalian akuntansi?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Agio dan Disagio Saham

Contoh Soal Arr dan Jawabannya

Contoh soal arr dan jawabannya diperuntukkan bagi investasi jangka panjang dimana penilaiannya berdasarkan laba ditahannya. Keuntungan metode accounting rate of return adalah entitas tidak melibatkan konsep nilai waktu uang dan termasuk metode non diskriminasi laba entitas.

Contoh soal menghitung kelayakan sebuah investasi jangka panjang perlu dilakukan karena entitas harus dapat menghitung periode pengembaliannya. Metode arr akan menilai tingkat pengembalian investasi berdasarkan profitabilitas yang didapatkan dengan mengabaikan konsep nilai waktu uang.

Rumus accounting rate of return menjadi bagian dari siklus akuntansi pertanggungjawaban dana perusahaan. Manajer harus dapat menilai diterima dan ditolaknya sebuah investasi yang diusulkan dengan metode diskonto dan nondiskonto. Adapun cara menghitung accounting rate of return berdasarkan contoh soal arr dan jawabannya adalah

Accounting Rate of Return = Rp 45.300.000 : Rp 156.000.000
Accounting Rate of Return = 29 Bulan

Baca Juga: Cara Menghitung Payback Period dan Jawabannya

Demikian contoh soal dan perbedaan average rate of return dan accounting rate of return dalam pertimbangkan kelayakan investasi modal. Keputusan diterima dan ditolaknya investasi harus diketahui agar entitas dapat mempertanggungjawabkan dana yang material untuk pembelian aktiva tetap.

0 Response to "Contoh Soal Accounting Rate of Return dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel