Pengertian, Jenis-jenis dan Cara Membuat Research Gap Penelitian

Konten [Tampil]

Pengertian, jenis-jenis, contoh dan cara membuat research gap diperlukan sebagai upaya peneliti membedakan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya. Bagaimana cara menemukan suatu masalah yang dapat dijadikan bahan untuk penelitian adalah melakukan analisis fenomena sosial dan sains.

Contoh research gap dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif berguna sebagai dasar mengajukan judul skripsi. Fenomena gap adalah perbedaan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti terdahulu dengan metode pembahasan, jenis variabel bahkan objek penelitian yang sama melalui berbagai macam pendekatan.

Latar belakang dengan research gap merupakan langkah-langkah mengajukan judul penelitian yang baik. Apakah tinjauan pustaka sama dengan hasil penelitian terdahulu belum tentu karena setiap variabel dan objek penelitian yang berbeda akan menghasilkan temuan berbeda walaupun menggunakan metodologi penelitian yang sama.

Pengertian, Jenis-jenis dan Cara Membuat Research Gap Penelitian

Cara Menentukan Suatu Masalah Yang Dapat Dijadikan Bahan Penelitian

Bagaimana cara menentukan suatu masalah yang dapat dijadikan bahan penelitian bergantung pada kebijakan perusahaan. Perbedaan penelitian primer dan penelitian sekunder terletak pada jenis data atau objek penelitian. Kuesioner dan wawancara merupakan salah satu bentuk data primer karya tulis ilmiah.

Apa yang membedakan penelitian ini dengan penelitian terdahulu terletak pada rumusan masalah, objek dan subyek penelitian, adanya referensi dari jurnal ilmiah. Sebelum peneliti melakukan penelitian sebaiknya telah mengkaji secara teoritis tentang sumber daya modal ketika melakukan penelitian primer.

Cara mencari fenomena untuk skripsi dan proposal penelitian dilakukan melalui kegiatan ilmiah seperti diskusi, membaca jurnal penelitian, mengikuti seminar dan webbinar. Langkah-langkah menentukan suatu masalah yang dapat dijadikan bahan penelitian atau latar belakang membuat judul skripsi.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan pada Saat Sidang Skripsi dan Munakosah

Pengertian Research Gap dalam Penelitian dan Contohnya

Pengertian research gap dalam penelitian dan contohnya dipergunakan sebagai sarana mendukung atas kelanjutan hasil penelitian peneliti terdahulu. Fenomena gap adalah kesenjangan antara hasil penelitian dan penggunaan grand theory, middle theory dan applied theory ketika merumuskan hipotesis penelitian.

Jenis-jenis research gap terdiri dari theorytical gap, evidance gap, population gap, empirical gap ketika merumuskan sebuah hipotesis penelitian. Terjadinya kesenjangan hasil penelitian terhadap teori yang dipergunakan peneliti terdahulu dapat dijadikan acuan dan bahan riset untuk penelitian selanjutnya.

Pengertian research gap menurut para ahli adalah keadaan yang menunjukkan adanya ketidakkonsistensinan antara fakta penelitian terhadap teori yang merumuskan hipotesis. Penelitian tidak boleh menyamai judul penelitian, objek penelitian, metodologi penelitian dalam waktu yang sama.

Baca Juga: Susunan Format Skripsi dan Proposal Penelitian yang Benar dan Tepat

Contoh Research Gap dalam Skripsi dan Jurnal Penelitian

Contoh research gap dalam skripsi dan jurnal penelitian biasanya terdapat pada bab 2 tentang tinjauan pustaka. Research gap harus didukung dengan teori utama ketika peneliti ingin merumuskan sebuah hipotesis. Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dapat dijadikan acuran ketika membuat judul skripsi.

Cara membuat research gap yang tepat diawali dengan mencari variabel penelitian. Peneliti sebaiknya menggunakan jurnal internasional ketika ingin membentuk sebuah judul penelitian. Apakah tinjauan pustaka sama dengan hasil penelitian terdahulu tentu saja karena berkaitan dengan dasar pengambilan referensi.

Contoh research gap penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif berisikan informasi tentang nama peneliti, judul penelitian dan variabel yang dipergunakan, metodologi penelitian, hipotesis yang dikemukakan dan hasil penelitian yang ditemukan. Research gap sebaiknya diambil dari jurnal internasional.

Baca Juga: Cara Mencari Fenomena Skripsi dan Contohnya

Demikian pengertian, jenis-jenis dan cara membuat research gap untuk skripsi, jurnal dan proposal penelitian. Bagaimana cara menentukan suatu masalah yang dapat dijadikan bahan penelitian ditentukan berdasarkan fenomena dan latar belakang pengangkatan judul skripsi.

0 Response to "Pengertian, Jenis-jenis dan Cara Membuat Research Gap Penelitian"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel