Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal deposito berjangka dan jawabannya akan diperlakukan sebagai aktiva lancar karena pemilikannya berkaitan dengan total kekayaan yang ada di perusahaan. Perhitungan bunga deposito jangka pendek dan deposito jangka panjang berkaitan dengan tingkat bunga pasar yang diberikan perbankan.

Contoh soal dan jawaban deposito berjangka brainly mengharuskan seorang akuntan membuat jurnal umum atas transaksi penyerahan kekayaan tersebut. Berapa lama proses pencairan deposito bergantung pada kebijakan tentang jatuh tempo pembayaran dan sertifikat bank indonesia yang dimiliki nasabah.

Materi deposito jangka pendek berisikan informasi tentang pencairan, pembukaan rekening, perpanjangan dan biaya pinalti yang harus ditanggung oleh nasabah ketika menarik dana sebelum masanya. Perbedaan sertifikasi deposito dan deposito berjangka berkaitan dengan masa penarikan dana yang dapat dilakukan nasabah.

Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jawabannya

Pengertian Deposito Berjangka Menurut Para Ahli

Pengertian deposito berjangka menurut para ahli adalah tabungan nasabah di perbankan dengan jangka waktu tertentu yang diberikan bunga lebih besar daripada rekening giro. Keuntungan deposito berjangka adalah nasabah dapat mengambil dana yang tersimpan sebelum masa jatuh tempo dengan membayar biaya pinalti.

Pengertian deposito jangka pendek dan sertifikat deposito menurut para ahli adalah tindakan seseorang untuk memperoleh penghasilan pasif berupa bunga deposito yang dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Deposito 10 juta dapat bunga berapa tentu nasabah akan diberikan penghasilan lebih besar daripada bunga tabungan.

Definisi deposito berjangka dan sertifikat deposito menurut para ahli adalah objek pajak penghasilan final karena seseorang menerima penghasilan pasif atau dari modal yang diberikan kepada pihak lain. Sertifikat deposito berarti modal yang diserahkan seseorang kepada pihak lain untuk dijadikan ekuitasnya.

Baca Juga: Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Deposito

Cara Menghitung Bunga Deposito Per Bulan

Cara menghitung bunga deposito per bulan ditentukan dari tingkat bunga pasar dan bunga yang ditawarkan pihak perbankan. Tingkat bunga pasar adalah biaya yang mau dikeluarkan oleh peminjam ketika melakukan pinjaman atas dana yang telah disetorkan nasabah ke rekening perbankannya.

Bunga deposito per bulan merupakan objek pajak sehingga harus dilakukan pemotongan pph pasal 4 ayat 2. Kelebihan dan kekurangan deposito adalah semakin lama deposito disimpan maka nasabah akan memperoleh dana lebih besar. Tarif pajak penghasilan atas deposito bagi orang pribadi adalah 20%.

Cara menghitung bunga deposito per bulan ditentukan berdasarkan kesepakatan antara nasabah dan perbankan. Apabila nasabah melakukan penarikan dana deposito sebelum masa jatuh temponya maka akan dikenakan biaya pinalti. Deposito 10 juta dapat bunga berapa yaitu sekitar 5% - 8% per tahunnya.

Baca Juga: Perbedaan Deposito Berjangka dan Sertifikat Deposito

Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jurnalnya

Contoh soal deposito berjangka berkaitan dengan transaksi pembukaan rekening, pencairan bunga deposito dan biaya pinalti yang dikenakan ke nasabah. Deposito berjangka merupakan investasi yang hanya dapat ditarik oleh nama yang tercantum di tanggal dan bulan yang telah disetujui ketika transaksi terjadi.

Contoh soal deposito jangka pendek dan deposito jangka panjang terjadi ketika brainly menyetorkan kas senilai Rp 10.000.000 untuk memperoleh tingkat bunga 6% per tahun. Bagaimana jurnal transaksi ketika penerbitan sertifikat deposito dan pencairan dana deposito di akhir bulan ketiga transaksi tersebut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/06/2022Investasi Deposito Berjangka Rp 10.000.000
Kas Rp 10.000.000
(Jurnal Pembukaan Rekening Deposito)
30/06/2022Piutang Bunga Deposito Rp 50.000
Pendapatan Bunga Deposito Rp 50.000
(Jurnal Pembayaran Bunga Deposito)
06/09/2022Kas Rp 10.150.000
Piutang Bunga Deposito Rp 100.000
Pendapatan Bunga Deposito Rp 50.000
Investasi Deposito Berjangk Rp 10.000.000
(Jurnal Pencairan Dana Deposito)

Rumus perhitungan bunga deposito dan tanggal jatuh tempo deposito berjangka tentu harus disesuaikan perjanjian diawal transaksi. Deposito 10 juta dapat bunga sebesar 6% per tahun yang dapat diambil oleh nasabah ketika akhir periode. Cara menghitung bunga deposito berjangka panjang dan pendek per bulan sebagai berikut:

Pendapatan bunga deposito = Deposito berjangka x Tingkat bunga x Jangka Waktu
Pendapatan bunga deposito = Rp 10.000.000 x 6% x (1/12)
Pendapatan bunga deposito per bulan = Rp 50.000

Baca Juga: Berapa Biaya Pinalti Penarikan Deposito Sebelum Jatuh Tempo

Demikian contoh soal deposito berjangka dan jawabannya akuntansi keuangan menengah. Kelebihan dan kekurangan investasi deposito harus diperhatikan karena kas memiliki kelemahan seperti resiko kehilangan dan resiko bawaan. 

0 Response to "Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel