Contoh Soal Penyusutan Metode Satuan Hasil Produksi

Konten [Tampil]

Contoh soal penyusutan metode satuan hasil produksi akan memberitahu bahwa masa manfaat tidak dipertimbangkan berdasarkan periode aktiva tetap. Cara menghitung metode unit produksi akan lebih berguna jika diterapkan pada aktiva perusahaan yang menggunakan satuan hasil atau jam kerja mesin.

Contoh soal dan jawaban metode unit produksi akan memprioritaskan penggunaan hasil produksi dari aktiva tetap. Metode depresiasi aktiva tetap terdiri dari garis lurus, saldo menurun berganda, satuan hasil produksi dan jumlah angka tahun. Masing-masing metode penyusutan akan menghasilkan kebijakan akuntansi yang berbeda-beda.

Cara menghitung depresiasi metode satuan hasil produksi atau unit of activity akan menghasilkan kebijakan akuntansi berkaitan penggunaan aktiva tetap. Bagaimanakah penerapan metode hasil produksi pada penyusutan aset tetap tentunya memerlukan penaksiran hasil yang didapatkan selama masa manfaat aset tetap.

Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa


Pengertian Aset Tetap dan Karakteristiknya

Pengertian aset tetap adalah aktiva berwujud yang dimiliki perusahaan dalam rangka menjalankan kegiatan operasionalnya dan memiliki usia penggunaan lebih dari satu periode akuntansi. Tujuan pembeli aktiva tetap adalah tidak untuk diperjualbelikan kembali tetapi dipergunakan sebagai pendukung kegiatan operasional perusahaan.

Karakteristik aktiva tetap tentunya harus dapat dibedakan antara capital expenditure dan revenue expenditure. Biaya perolehan adalah jumlah yang dibayarkan oleh perusahaan dalam rangka mempersiapkan aktiva tetap agar dapat digunakan untuk membantu kegiatan operasional perusahaan.

Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah aset berwujud yang dibeli dengan kas atau setara kas dimana pembayarannya disesuaikan nilai wajar. Depresiasi adalah proses alokasi biaya perolehan selama masa manfaat penggunaan aktiva tetap. Perusahaan dapat menanggung rugi penurunan nilai apabila terjadi kemungkinan nilai aktiva tetap turun lebih dari harga pasar.

Baca Juga: Contoh Pemeriksaan Aset Tetap dan Aktiva Lainnya

Contoh Soal dan Jawaban Metode Satuan Unit Produksi

Contoh soal dan jawaban metode satuan unit produksi adalah langkah penyusutan biaya perolehan berdasarkan taksiran jumlah yang dapat dihasilkan aktiva tetap. Metode unit of activity akan menghasilkan biaya perolehan yang lebih akurat sebab perhitungannya berdasarkan jam kerja mesin atau satuan hasil produksi.

Contoh soal penyusutan metode satuan unit produksi dan jawabannya tidak akan cocok diterapkan pada aktiva tetap seperti gedung dan mebel. Aktiva tetap yang dapat disusutkan dengan cara ini adalah aktiva tetap dengan prioritas penggunaannya daripada waktu atau masa manfaat selama beberapa periode.

Contoh soal dan jawaban metode satuan unit produksi terjadi pada PT Masraffi yang membeli mesin seharga Rp 73.000.000. Agar mesin dapat digunakan maka perusahaan memerlukan biaya sebesar Rp 7.000.000. Perusahaan menaksir bahwa penggunaan mesin akan menghasilkan total persediaan barang dagang sebesar 80.000. Bagaiman cara menghitung beban depresiasi metode satuan hasil produksi?

Baca Juga: Sifat dan Contoh Aktiva Tetap

Cara Menghitung Beban Depresiasi Metode Satuan Hasil Produksi

Cara menghitung beban depresiasi metode satuan hasil produksi harus mempertimbangkan jumlah yang didapatkan aktiva tetap selama masa penggunaannya. Aktiva tetap memiliki umur lebih dari satu periode akuntansi sehingga perusahaan menggunakan prinsip keberlangsungan usaha.

Cara menghitung penyusutan metode satuan unit produksi diawali dengan menentukan biaya perolehan aktiva tetap. Biaya perolehan aktiva tetap adalah biaya agar perusahaan dapat menggunakan aset untuk kegiatan produksi. Berdasarkan contoh soal metode satuan hasil produksi didapatkan biaya perolehan sebesar Rp 80.000.000.

Contoh perhitungan penyusutan metode satuan unit produksi tentu melibatkan penaksiran jumlah yang dapat dihasilkan sebuah aktiva tetap. Apabila mesin dapat memproduksi sebanyak 80.000 maka biaya depresiasi per unit produksi adalah Rp 1.000. Pada tahun 2021, PT Masraffi berhasil memproduksi sebanyak 30.000. Jurnal beban depresiasi unit produksi adalah.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/12/2021Beban Depresiasi Rp 30.000.000
Akumulasi depresiasi Rp 30.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Pengumuman Pembagian Dividen Saham dan Dividen Tunai

Demikian contoh soal penyusutan metode satuan hasil produksi. Sebenarnya kebijakan akuntansi memberikan kebebasan perusahaan memilih metode depresiasi yang digunakan, tetapi ketentuan umum perpajakan hanya mengendaki metode garis lurus dan metode saldo menurun berganda.

0 Response to "Contoh Soal Penyusutan Metode Satuan Hasil Produksi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel