Contoh Soal dan Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 atas Hadiah dan Penghargaan

Konten [Tampil]

Cara mengisi e-spt pph pasal 23 harus dilakukan dengan benar untuk menyesuaikan dengan tata cara pelaporan pph pasal 23 ke KPP. Contoh soal pph pasal 23 atas hadiah & penghargaan tentu berbeda dengan objek pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau ekspatriat. 

Cara mengisi bukti potong pph pasal 23 atas hadiah dan penghargaan harus dibuat oleh perusahaan yang memberikan pendapatan. Perusahaan yang memberikan pendapatan atas transaksi hadiah & penghargaan memiliki kewajiban untuk memotong, memungut dan melaporkan pajak ke kantor pelayanan pajak terdekat.

Contoh perhitungan pph pasal 23 atas jasa service dan hadiah & penghargaan memiliki persyaratan. Hadiah dan penghargaan yang dikenakan pph pasal 23 adalah hadiah yang tidak dikenakan pph pasal 21, pph pasal 26 bahkan pph pasal 4 ayat 2. Syarat utama pemberian hadiah yang dikenakan pph pasal 23 adalah hadiah tidak diterima oleh seluruh konsumen atau beli 1 gratis 1.

Contoh Soal PPh Pasal 23 Atas Hadiah & Penghargaan

Contoh soal pph pasal 23 atas hadiah & penghargaan dapat berupa hadiah yang diberikan karena adanya perlombaan, prestasi bahkan pekerjaan. PPh pasal 23 adalah pajak yang dikenakan atas transaksi passive income seperti bunga, dividen, royalti bahkan hadiah.

Contoh soal perhitungan pph pasal 23 hadiah & penghargaan terjadi pada PT Masraffi yang mendapatkan hadiah prestasi sebab penjualan meningkat. PT Rafinternet sebagai induk perusahaan memberikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 78.000.000. 

Siapakah pihak yang memotong, memungut dan menyetorkan pph pasal 23 hadiah dan penghargaan berdasarkan contoh soal pph 23 tersebut? Pihak yang memiliki kewajiban memotong, memungut dan menyetorkan pph pasal 23 adalah pihak yang memberikan penghasilan kepada pihak lain yakni PT Rafinternet.

Perhitungan pph pasal 23 atas hadiah & penghargaan sebagai berikut ini.

 Hadiah   DPP  Tarif  PPh Pasal 23 Terutang 
Rp 78.000.000 78.000.000 15% Rp 11.700.000

Baca Juga: Cara Membuat Bukti Potong PPh Pasal 4 Ayat 2 Atas Hadiah Undian

Contoh Perhitungan PPh Pasal 23 Atas Jasa Service

Contoh perhitungan pph pasal 23 atas jasa service tentunya harus dipotong atas penghasilan yang diberikan. Jasa service dikenakan tarif pph pasal 23 sebesar 2% dari penghasilan bruto. Terdapat beberapa jenis jasa yang dikenakan pph pasal 23 yaitu jasa teknik, jasa manajemen, jasa konsultasi.

Contoh soal pph pasal 23 atas jasa service berkaitan dengan pendapatan jasa yang diberikan oleh seseorang. Apabila dalam perusahaan dagang dikenakan PPN (pajak pertambahan nilai), maka perusahaan jasa dikenakan pph pasal 23.

Contoh soal pph pasal 23 jasa service, jasa teknik, jasa manajemen dan jasa konsultasi terjadi pada perusahaan yang telah menjadi pengusaha kena pajak. Contoh pph pasal 23 terjadi pada PT Masraffi yang memperbaiki jaringan wifi dan komputer pada PT Rafinternet. PT Rafinternet memberikan imbalan atas jasa service sebesar Rp 2.520.000. Berapakah Pph pasal 23 terutangnya.

 Penghasilan Bruto   DPP  Tarif  PPh Pasal 23 Terutang 
 Rp    2.520.000  Rp    2.520.000 2%  Rp                         50.400

Jurnal Mencatat Pajak Penghasilan Pasal 23 atas Jasa Service dan Hadiah & Penghargaan

Jurnal untuk mencatat pph pasal 23 atas jasa service haruslah dilakukan oleh dua pihak yakni penerima penghasilan dan pemberi penghasilan. Penerima penghasilan yakni PT Masraffi akan mencatat penghasilan yang dikenakan pph pasal 23 sebagai berikut ini.

Tanggal Keterangan  Debit   Kredit 
10 Januari 2020 Kas  Rp  66.300.000
PPh Pasal 23 Dibayar Dimuka  Rp  11.700.000
    Pendapatan Jasa Service  Rp  78.000.000

Baca Juga: Cara Mengisi E-Spt PPh Pasal 4 Ayat 2 Atas Sewa Tanah dan Bangunan

Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 atas Hadiah & Penghargaan serta Jasa Service

Cara membuat bukti potong pph pasal 23 atas hadiah & penghargaan pada dasarnya harus memperoleh pph terutang yang sama dengan ketika dikerjakan secara manual. Kapan bukti potong pph pasal 23 harus diberikan? tentu diberikan sebelum pemungut memberikan penghasilannya kepada terpungut.

Contoh soal pilihan ganda pph pasal 23 dan jawabannya akan diberikan ketika ujian essay. Nah cara mengisi bukti potong pph pasal 23 atas jasa service dan hadiah & penghargaan sebagai berikut ini.

  1. Cara menggunakan aplikasi e-spt pph pasal 23 harus menginstallnya terlebih dahulu
  2. Kemudian, pilih Bukti Potong PPh Pasal 23.
  3. Contoh Soal dan Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 atas Hadiah dan Penghargaan
  4. Isilah nomor bukti potong dan tanggal pemotongan.
  5. Isilah data wajib pajak terpotong dengan memilih tabel WP.
  6. Contoh Soal dan Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 atas Hadiah dan Penghargaan
  7. Masukan jumlah bruto penghasilan kena pajak pada kolom hadiah & penghargaan
  8. Masukan jumlah bruto penghasilan jasa service.
  9. Contoh Soal dan Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 atas Hadiah dan Penghargaan
  10. Pemotong sebaiknya mencetak bukti pemotongan pph pasal 23 agar dapat diberikan kepada pihak terpotong.
  11. bukti potong pph pasal 23 atas hadiah dan penghargaan

Demikianlah contoh soal perhitungan pph pasal 23 atas jasa service dan hadiah & penghargaan semoga anda dapat membuat bukti pemotongan pph pasal 23 yang dapat diberikan kepada pihak terpotong ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 atas Hadiah dan Penghargaan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel