Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Beban Sewa

Konten [Tampil]
Jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan beban sewa menjadi salah satu materi penyesuaian atas pembayaran dibayar dimuka. Sewa dibayar dimuka dalam laporan keuangan termasuk akun aktiva lancar sedangkan beban sewa dalam laporan laba rugi menjadi beban operasional. Jurnal sewa dibayar dimuka dengan pajak menjadi pembahasan lebih lanjut ya.

Contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan beban sewa menjadi salah satu materi pilihan ganda dan essay jurnal penyesuaian perusahaan manufaktur. Contoh soal akuntansi perusahaan dagang jurnal penyesuaian dan neraca lajur menjadi siklus akuntansi yang harus dilakukan. Contoh soal jurnal penyesuaian metode perpetual dan metode periodik disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

Jurnal penyesuaian beban sewa dan sewa dibayar dimuka haruslah mengikuti prinsip akrual karena perusahaan harus mengakui beban yang sebenarnya telah terjadi ya. Sewa dibayar dimuka termasuk akun aktiva dalam kolom harta lancar. Jurnal penyesuaian sewa diterima dimuka haruslah mengakui pendapatan yang sebenarnya telah terjadi ya.

Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Beban Sewa

Pengertian Sewa Dibayar Dimuka, Beban Sewa dan Sewa Diterima Dimuka

Pengertian sewa dibayar dimuka adalah sejumlah kas yang telah dibayarkan oleh perusahaan kepada pihak tertentu akan tetapi pemanfaatannya lebih dari satu periode akuntansi. Beban sewa adalah biaya yang berkaitan dengan penggunaan barang selama masa tertentu dalam periode akuntansi.

Pengertian sewa diterima dimuka adalah kas yang diterima oleh perusahaan sebagai pendapatan dan harus dialokasikan selama masa perjanjian tersebut. Sewa dibayar dimuka termasuk akun aktiva, beban sewa termasuk akun beban dan sewa diterima dimuka termasuk akun aktiva.

Jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dimuka haruslah dibuat karena untuk menyesuaikan antara transaksi yang pernah terjadi dan harus dikoreksi agar mendapatkan hasil yang sebenarnya. Tujuan jurnal penyesuaian adalah agar nilai tercatat sesuai dengan kondisi yang ada diperusahaan pada akhir periode.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Beban Sewa

Contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan beban sewa terjadi pada PT Rafinternet yang melakukan sewa dibayar dimuka sebesar Rp 140.000 untuk jangka waktu 8 bulan terhitung 1 agustus 2020. Sewa dibayar dimuka dibayarkan secara tunai dan bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat pada tanggal 31 desember.

Jurnal umum sewa dibayar dimuka dan beban sewa haruslah dibuat pada saat transaksi berlangsung yakni dengan mendebet akun sewa dibayar dimuka dan mengkredit akun kas senilai Rp 140.000. Nilai transaksi Rp 140.000 berlaku selama 8 bulan sebagai harta kekayaan perusahaan yang harus disusutkan setiap bulannya.

Jurnal sewa dibayar dimuka dengan pajak dapat terjadi apabila objek transaksi termasuk objek pajak sesuai dengan ketentuan umum pajak / KUP. Contoh beban dibayar dimuka salah satunya adalah sewa dibayar dimuka. Menghitung beban sewa yang sudah menjadi beban dalam suatu periode dilakkan dengan langkah.

 Agustus Rp 17.500 Beban sewa 
 September Rp 17.500 Beban sewa 
 Oktober Rp 17.500 Beban sewa 
 November Rp 17.500 Beban sewa 
 Desember Rp 17.500 Beban sewa Rp 87.500
 Januari Rp 17.500Sewa dibayar dimuka 
 Februari Rp 17.500 Sewa dibayar dimuka 
 Maret Rp 17.500 Sewa dibayar dimuka Rp 52.500

Sewa yang sudah berjalan dan menjadi beban sewa adalah Rp 87.500 yang harus dibuatkan jurnal penyesuaian dengan mendebet akun beban sewa dan mengkredit akun sewa dibayar dimuka dengan nominal Rp 87.500 sebagai berikut ini.
Beban Sewa                               Rp 87.500
Sewa Dibayar Dimuka         Rp 87.500

Sewa Dibayar Dimuka Termasuk Akun Apa? Sewa Dibayar Dimuka dalam Laporan Keuangan.

Sewa dibayar dimuka termasuk akun aktiva yakni harta lancar sebab berupa kekayaan perusahaan yang dapat dicairkan dalam waktu kurang dari satu tahun. Sewa dibayar dimuka diakui dalam laporan keuangan sebagai penambah kekayaan perusahaan dalam periode tersebut.

Sewa dibayar dimuka dalam laporan keuangan dimasukan dalam laporan posisi keuangan dan bukannya laporan laba rugi karena perusahaan masih memiliki hak penggunaan barang kepada orang lain. 

Contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka perusahaan manufaktur dan jasa salon menjadi pertanyaan pilihan ganda dan essay yang biasanya diajukan oleh masing-masing guru. Contoh soal akuntansi perusahaan dagang jurnal penyesuaian dan neraca saldo menjadi pendekatan mudah dalam memahami materi ini.
Demikianlah jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan beban sewa, semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Beban Sewa"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel