Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Metode Purchase

Konten [Tampil]
Contoh soal penggabungan usaha metode purchase sering dipergunakan oleh perusahaan untuk akuisisi saham dalam akuntansi. Contoh kasus penggabungan usaha secara fisik dalam akuntansi dapat terjadi disemua jenis perusahaan seperti manufaktur bahkan jasa ya.

Contoh soal perhitungan penggabungan usaha menggunakan metode pembelian dan penyatuan kepemilikan menjadi salah satu metode yang langkah dalam membuat jurnal penggabungan usaha. Perusahaan dapat memilih metode pool of interest atau purchase.

Penggabungan badan usaha dengan metode purchase terjadi karena perusahaan ingin memiliki nilai lebih dari apa yang telah di investasikan kepada anak perusahaan. Macam-macam metode pembelian akan dianggap sebagai proses akuisisi terhadap apa yang telah terjadi diperusahaan.

Makalah laporan keuangan konsolidasi periode saat terjadinya penggabungan usaha termasuk metode purchase dan metode pool of interest. Penggabungan badan usaha dengan metode purchase akan menganggap bahwa perusahaan akan membeli seluruh aktiva bersih sehingga akan memunculkan akun goodwill.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Metode Purchase

Penggabungan Badan Usaha dengan Metode Purchase

Penggabungan badan usaha dengan metode purchase biasanya dipergunakan oleh banyak perusahaan karena didasari bahwa perusahaan yang digabung akan menyerahkan aset bersihnya ketika terjadi penggabungan usaha dan digantikan dengan saham.

Penggabungan badan usaha dengan metode purchase diatur dalam psak nomor 22 dimana dalam pencatatan transaksi akan dilakukan dengan menggunakan metode biaya perolehan. Oleh karena itu, contoh soal dan jawaban penggabungan usaha dengan metode purchase menjadi solusi dalam memahami pencatatannya.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest

Contoh Soal Penggabungan Usaha dengan Metode Purchase

Contoh soal penggabungan usaha dengan metode purchase harus dilakukan melalui beberapa prosedur. Metode purchase sering disebut dengan akuisisi sehingga perusahaan yang digabung akan menjadi hak bersih dari perusahaan yang menggabung.

Nah contoh perhitungan penggabungan usaha dengan menggunakan metode pembelian dan penyatuan kepemilikan terjadi pada PT Rafinternet akan mengakuisisi PT Masraffi dengan memberikan saham sebesar 150 lot dengan nilai nominal Rp 5.000 dan nilai pasar sebesar Rp 6.000. Selain itu, PT Rafinternet juga memberikan uang tunai senilai Rp 5.000.000.

Akuntansi penggabungan usaha dengan mengeluarkan satu jenis saham terdapat neraca atau laporan keuangan sebelum terjadinya transaksi penggabungan usaha sebagai berikut.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Metode Purchase

Perbedaan metode pembelian dan penyatuan kepemilikan terlihat pada bagian nilai wajar. Dimana pada metode pool of interest tidak terjadi penilaian ulang terhadao aktiva yang dimiliki oleh perusahaan.
Baca Juga: Perbedaan Metode Pembelian dan Penyatuan Kepemilikan

Jurnal Penggabungan Usaha Metode Purchase dan Pool of Interest

Jurnal penggabungan usaha metode purchase haruslah dibentuk pada saat terjadinya transaksi pembelian saham dan pengakuan adanya nilai lebih atau goodwill serta penyerahan aktiva bersih perusahaan yang digabung.

Nah jurnal penggabungan usaha metode pool of interest dan metode purchase yang terbentuk yakni.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Metode Purchase

Contoh soal dan jawaban penggabungan usaha metode purchase akhirnya terbentuklah neraca atau laporan keuangan gabungan dua perusahaan tersebut. Nah jurnal kepemilikan aktiva dan kewajiban harus diperhitungan dengan neraca awal dari perusahaan yang digabung sehingga neraca akan terbentuk.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Metode Purchase
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Metode Purchase semoga anda paham, apabila belum silahkan berkomentar.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Metode Purchase"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel