Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban kantor pusat dan agen seharusnya menjadi alur akuntansi keuangan berkaitan dengan masalah kantor cabang dibeberapa daerah. Agen adalah perwakilan kantor pusat yang berada didaerah tertentu untuk melebarkan pangsa pasar.

Perbedaan kantor pusat, agen dan kantor cabang hanya berkaitan dengan perlakukan mekanisme pencatatan yang ada. Pada kantor agen, pengawasan dana yang diberikan hampi sama dengan sistem pengisian saldo kas kecil dengan sistem dana tetap atau imprest fund system.

Pengertian kantor pusat dan agen dimana agen tidak melakukan pencatatan secara komplit melainkan hanya menyelenggarakan pencatatan yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran kas disetiap bulannya serta melaporkan pada akhir bulan.

Apakah kegunaan transaksi kantor pusat, kantor cabang dan kantor agen terletak pada bagaimana kantor pusat mengisikan dana sebagai modal kerja untuk membiayai operasi kantor agen. Pengeluaran kas pada kantor agen akan berguna untuk membiayai operasi dan sebagai tembusan kepada kantor pusat.

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan agen terjadi pada PT Masraffi yang memiliki satu agen yang berada di Semarang. Masalah lain pada kantor cabang diabaikan dikarenakan perlakukan yang berbeda antara agen dan kantor pusat ya.

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen

Akuntansi kantor pusat, agen dan cabang berkaitan dengan bagaimana mencatat atau membukukan transaksi yang terjadi pada perusahaan. Akuntansi kantor pusat dan agen dapat menggunakan dua metode yakni
  • Laba rugi yang diakui secara terpisah
  • Laba rugi yang diakui secara tidak terpisah
Baca Juga: Biaya Tenaga Kerja Langsung ~ Pengertian, Klasifikasi, Komponen

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Agen Metode Laba Terpisah

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan agen metode laba terpisah akan melakukan penyediaan akun khusus untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran untuk semua biaya yang terlibat dalam agen.

Akuntansi kantor pusat dan agen metode laba terpisah akan mencatat transaksi penjualan dan biaya-baiaya yang terjadi berkaitan dengan satu agen ya. Adaya rekening khusus tersebut akan memudahkan dalam perhitungan laba dan rugi yang berkaitan dengan transaksi di agen yang terlibat.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan agen dan jawabannya yang dapat dibuat sebagai berikut ini ya.

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen
Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen Metode Laba Tak Terpisah

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan agen metode laba tak terpisah tidak akan membuat rekening khusus untuk mencatat transaksi pendapatan dan pengeluaran yang terjadi agen. Laba dan rugi yang berkaitan dengan agen akan dilaporkan bersamaan dengan transaksi pada kantor pusat sendiri.

Akuntansi kantor pusat cabang agen transaksi khusus tidak akan membuat jurnal atau akun khusus ketika menggunakan laba tak terpisah. Semua transaksi yang terjadi diagen akan dicatat pada buku kantor pusat sehingga terjadi penggabungan akun ya.

Adapun akuntansi kantor pusat dan agen yang terjadi dapat dibuat beberapa jurnal sebagai berikut ini ya.

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen
Baca Juga: Perbedaan Metode Goodwill dan Metode Bonus di Persekutuan Firma
Demikianlah Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen semoga anda paham ya kawan.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel