Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan Firma

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan bagian terpenting dalam pendirian sebuah firma. Masuknya anggota baru dalam persekutuan dan keluarnya anggota lama pada persekutuan akan menjadikan firma akan dibubarkan ya.

Contoh soal masuknya sekutu baru dalam persekutuan dan keluarnya anggota sekutu lama dalam persekutuan akan membuat perubahan atas kepemilikan modal dalam firma.

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutkan akan memberikan anda pengetahuan resume perubahan kepemilikan dalam persekutuan. Masuknya anggota baru dalam persekutuan akan berhubungan dengan adanya goodwill atau bonus.

Perbedaan antara metode goodwill dan bonus dalam persekutuan akan mengakui adanya kelebihan nilai seorang sekutu terhadap sekutu lainnya. Oleh karena itu, contoh soal masuknya sekutu baru dan prosedur anggota baru masuk ke firma akan memudahkan pencatatannya.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan Firma

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan Firma

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan Firma

Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan terjadi pada Firma Dekraffi yang membagikan laba dan rugi berdasarkan presentase sebagai berikut ini 30:30:40. Saldo akhir dari masing-masing sekutu sebagai berikut ini ya.

Nama
 Modal Akhir
Modal, Dekraffi
 Rp  40.000.000
Modal, Masraffi
 Rp  30.000.000
Modal, Mbakraffi
 Rp  20.000.000
Jumlah
 Rp  90.000.000


Masuknya anggota baru dalam persekutuan bernama rafinternet yang membeli hak atas modal dan laba rugi dari masraffi seharga Rp 45.000.000. Bagaimana cara mencatat masuknya sekutu baru dalam persekutuan tersebut.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Persekutuan Lump-Sum

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan yang akan dicatat dalam firma sesuai dengan hak yang dimiliki masraffi saja. Masuknya sekutu baru dalam firma dengan membeli hak anggota lainnya hanya akan dicatat sesuai jumlah yang didapatkannya ya.

Metode pencatatan masuknya anggota baru dalam firma persekutuan yang dibuat sesuai dengan transaksi yang terjadi diatas. Perbedaan pendekatan bonus dan goodwill dalam persekutuan tidak terjadi ya.

Jurnal mencatat masuknya anggota baru dalam persekutuan yakni sebagai berikut ini.

Keterangan
Jumlah
Modal Masraffi
   Modal Rafinternet
Rp 30.000.000
   Rp 30.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Pembagian Laba dan Rugi pada Firma
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan Firma semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan Firma"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel