Contoh Soal Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung memberikan peluang bagi perusahaan untuk menetapkan dasar pengenaan pajak. Laba kotor harus didapatkan perusahaan agar dapat melakukan pembayaran gaji, tunjangan karyawan dan perjalanan dinas untuk departemen tertentu selama kurun waktu yang ditetapkan.

Dasar penyusunan laporan arus kas metode tidak langsung adalah penyajian laba rugi yang didasarkan koreksi atas pengaruh transaksi nonkas, penangguhan pembayaran dan pembayaran dimasa depan serta pengaruh terhadap penghasilan yang didapatkan dalam kurun waktu yang ditentukan dalam bertransaksi bisnis.

Contoh soal ulangan akhir semestera dan ulangan tengah semester akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah memberikan pemahaman bagi perusahaan untuk menghindari kontrak distribusi. Akuntansi merupakan bahasa bisnis sebab perusahaan akan memperoleh keistimewaan dari aktiva dan passivanya.

Contoh Soal Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

Apa itu Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah informasi berkaitan dengan mutasi aliran kas masuk dan aliran kas keluar selama kurun waktu tertentu. Penambahan aktiva lancar akan mempengaruhi pengambilan keputusan yang diselenggarakan oleh pemegang saham sesuai dengan arahan dari produksi dan departemen marketingnya.

Contoh soal laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung perlu melakukan identifikasi berkaitan dengan karakteristik produk. Keterbatasan apa saja yang terkandung dalam laporan arus kas adalah tidak terdapatnya informasi laba rugi sebagai akibat diterjemahkannya peluang identifikasi produk berdasarkan kebijakannya.

Mengapa perusahaan menyusun laporan arus kas menggunakan metode langsung sebab ingin mengidentifikasi kemanakah informasi uang didapatkannya. Entitas diharapkan memberikan peluang publikasi laporan keuangan secara tepat waktu sesuai periode yang diberikan oleh para pemegang sahamnya.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Akuntansi Penggabungan Usaha

Manfaat Laporan Arus Kas Bagi Perusahaan

Manfaat cash flow report bagi perusahaan adalah memberikan informasi agar perubahan mutasi arus kas di rekening dapat diselenggarakan evaluasi terhadap perubahan aset bersih, struktur keuangan dan kemampuan memperoleh harta pribadi sesuai dasar yang dikenakan dalam proses pembuatan neraca saldo.

Dasar penyusunan laporan arus kas metode tidak langsung adalah melihat pemanfaatan arus kas operasionalnya. Dana yang digunakan oleh perusahaan untuk pembayaran kegiatan operasional sehari-hari harus dapat memberikan peluang mengalokasikan waktu dan target penjualan sesuai batasan yang ditetapkannya.

Manfaat laporan arus kas bagi perusahaan adalah membantu menghasilkan arus kas selama kurun waktu tertentu dan evaluasi pemakaiannya. Adakalanya entitas ingin mengembangkan model investasi jangka panjang dengan membandingkan antara nilai sekarang dari aktiva tetap dan aktiva lancar yang dimilikinya.

Baca Juga: Cara Menghitung Persediaan Barang Jadi

Metode Langsung VS Metode Tidak Langsung

Contoh soal laporan arus kas metode langsung dan metode tidak langsung sangatlah bergantung kepada keperluan perusahaan dalam mencari keuntungan. Sumber informasi cash flow report berasal dari neraca sald, laba rugi tahun berjalan dan catatan atas laporan posisi keuangan untuk aktivitas penting.

Keunggulan metode langsung dalam laporan arus kas adalah memberikan informasi perihal proses pembayaran hutang piutang antar perusahaan. Nilai perusahaan ditentukan dari seberapa besar jumlah modal saham yang didapatkan untuk mengalokasikan waktu dan imbal balik atas kejadian pentingnya.

Keunggulan metode tidak langsung dalam laporan arus kas dalah memberikan fokus perbedaan antara laba rugi bersih dengan arus kas operasional. Investasi dalam surat berharga difokuskan pada peluang entitas mengerjakan sistem informasi agar dapat mengurangi resiko kelemahan sistem pengendalian internalnya.

Baca Juga: Cara Membuat Rekonsiliasi Bank

Contoh Soal Cash Flow Report dan Jawabannya

Contoh soal laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung berdampak pada pengambilan keputusan taktis bagi pemegang saham. Kesalahan dalam proses alokasi pembayaran berakibat pada proses pembayaran tagihan untuk mendatangkan omzet sesuai arahan dari departemen penjualan atau marketing.

Modal saham dan laba ditahan menjadikan entitas harus segera menyelesaikan permasalahan pajak penghasilan. Adakalanya entitas diwajibkan membayarkan pajak secara bulanan untuk menghasilkan keuntungan dan pembagian dividen secara tepat waktu sesuai yang dijanjikan saat rapat umum pemegang saham.

PT Masraffi melakukan transaksi pembayaran kepada supplier sebesar Rp 80.000.000 dan menerima dana dari customer sebesar Rp 140.000.000. Membayarkan hutang jangka panjang sebesar Rp 6.000.000 dan melakukan membeli saham biasa sebesar Rp 25.000.000. Berapakah jumlah arus kas di akhir bulan?

Arus kas dari aktivitas operasional
- Pembayaran supplier-Rp 80.000.000
- Penerimaan customer Rp 140.000.000
Arus Kas dari aktivitas investasi
- Membayar hutang jangka panjang-Rp 6.000.000
Arus kas dari aktivitas pendanaan
- Membayar pembelian saham-Rp 25.000.000
Total arus kas akhir periode Rp 29.000.000

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Perubahan Ekuitas

Demikian contoh soal laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung sesuai dengan aturan perpajakan. Neraca saldo akan merepresentasikan kebutuhan bisnis agar entitas dapat segera membayarkan tagihan sesuai dengan batasan waktu yang telah janjikan oleh pemilik usahanya.

0 Response to "Contoh Soal Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel