Contoh Soal Jurnal Eliminasi Penjualan dan Laba Antar Perusahaan Berafiliasi

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal eliminasi penjualan dan laba antar perusahaan berafiliasi merupakan langkah yang ditempuh entitas dalam rangka meningkatkan omzet ditahun berjalan. Induk perusahaan dan anak perusahaan adalah sumber daya informasi yang diperlukan untuk mengajukan setiap proses kerjasama bisnis.

Mengapa transaksi antar perusahaan induk dan anak dieliminasi dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi sebab adanya keterkaitan antara perhitungan harga pokok produksi dan laba ditahannya. Pemilikan lebih dari 50% saham yang beredar milik perusahaan lain mengakibatkan adanya penambahan hak kontrol.

Jika suatu perusahaan sudah membuat laporan keuangan konsolidasi apakah perusahaan tetap harus membuat laporan keuangan biasa tentu dapat disesuaikan. Kertas kerja konsolidasi diharapkan mampu mengakuisisi informasi perpajakan yang muncul saat entitas menterjemahkan layanan perpajakannya.

Contoh Soal Jurnal Eliminasi Penjualan dan Laba Antar Perusahaan Berafiliasi

Mengapa Suatu Perusahaan Melakukan Konsolidasi?

Contoh soal jurnal eliminasi penjualan dan laba antar perusahaan berafiliasi terjadi saat entitas memperdagangkan barang yang tidak sesuai realitanya. Penjualan adalah transaksi dimana entitas menyerahkan barang jadi yang diminta oleh pelanggan agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Mengapa suatu perusahaan melakukan konsolidasi sebab adanya pembuatan perseroan terbatas baru yang disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Prosedur mempersiapkan kertas kerja konsolidasi diharapkan mampu mengakuisisi informasi pembayaran yang disesuaikan dengan harapan dari masing-masing departemen.

Laporan keuangan konsolidasi adalah informasi keuangan dimana harta kekayaan antara dua perusahaan atau lebih menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Proses penggabungan perusahaan dapat memakai metode ekuitas dan metode biaya yang disesuaikan dengan penerapan kebijakan akuntansi keuangan di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Saham Treasury dan Jawabannya

Contoh Soal Jurnal Penjualan dan Laba Antar Perusahaan Berafiliasi

Contoh soal jurnal penjualan dan laba antar perusahaan berafiliasi merupakan prosedur yang dilalui entitas dalam rangka mengaplikasikan setiap proses pertumbuhannya. Induk perusahaan berhak mengadakan perekrutan karyawan baru untuk mengaplikasikan setiap penambahan dan pengurangan karyawan.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi hubungan induk dan anak perusahaan terjadi ketika PT Masraffi menjual persediaan sebesar Rp 180.000 dengan biaya Rp 150.000 kepada PT Adekraffi. PT Adekraffi menjual barang senilai Rp 150.000 dengan harga Rp 187.500 dan tersisa Rp 30.00 digudang, Buatlah jurnal penjualan dan laba yang harus dicatat?

Jurnal pencatatan penjualan barang kepada anak perusahaan yang harus dicatat oleh PT Masraffi adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
18/05/2023Piutang Rp 180.000
Penjualan Rp 180.000
(Mencatat Penjualan barang)
Kos Barang Terjual Rp 150.000
Persediaan Rp 150.000
(Menghitung hpp product)

Jurnal pencatatan penjualan barang kepada pelanggan dari anak perusahaan yang harus dicatat oleh PT Adekraffi adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
18/05/2023Persediaan Rp 180.000
Hutang Dagang Rp 180.000
(mencatat pembelian barang)
Piutang Rp 187.500
Penjualan Rp 187.500
(mencatat penjualan barang)
Kos Barang Terjual Rp 150.000
Persediaan Rp 150.000
(Menghitung hpp product)

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Keuangan Lanjutan 2 Konsolidasi

Cara Membuat Kertas Kerja Konsolidasi Perusahaan Berafiliasi

Cara membuat kertas kerja konsolidasi perusahaan berafiliasi perlu memperhitungkan total laba yang direaliasikan. Laba yang direalisasikan adalah keperluan entitas dalam rangka meningkatkan prosedur kerjasama bisnis diantara para karyawan untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia di perusahaan.

Mengapa ayat jurnal eliminasi harus dimasukkan dalam kertas kerja konsolidasi sebab perusahaan berafiliasi perlu menghindari pencatatan berganda. Jika anak perusahaan membeli saham dari pemegang saham minoritas dengan harga dibawah nilai buku. Maka, perusahaan induk akan mendapatkan arus kas investasi.

Bagaimana prosedur mempersiapkan kertas kerja konsolidasi perlu mempertimbangkan adanya konsekuensi dari pemilikan hak kontrol.

PT MasraffiPT AdekraffiJurnal EliminasiKonsolidasi
DebitKredit
Penjualan Rp 180.000 Rp 187.500 Rp 180.000 Rp 187.500
Kos barang Terjual Rp 150.000 Rp 150.000 Rp 5.000 Rp 180.000 Rp 125.000
Laba kotor Rp 330.000 Rp 337.500 Rp 312.500
Persediaan Rp 30.000 Rp 5.000 Rp 25.000

Baca Juga: Hubungan Induk dan Anak Perusahaan

Demikian contoh soal jurnal eliminasi penjualan dan laba antar perusahaan berafiliasi untuk membuat laporan keuangan konsolidasi. Neraca konsolidasi setelah proses akuisisi perlu mempertimbangkan adanya prosedur pelaksanakan kegiatan administrasi yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan para anggotanya.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Eliminasi Penjualan dan Laba Antar Perusahaan Berafiliasi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel