Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan jawabannya merupakan dasar bagi entitas dalam rangka membiayakan setiap pengeluaran perusahaan yang dibayarkan terlebih dahulu. Biaya sewa merupakan biaya tetap yang dikeluarkan setiap bulannya sebagai pemakaian bangunan dan mesin sesuai periodenya.

Sewa dibayar dimuka dan biaya sewa merupakan komponen laporan posisi keuangan. Pendapatan diterima dimuka adalah penghasilan perusahaan yang diterima tunai tetapi entitas belum memberikan barang atau jasanya. Kelompok akun nominal dan akun riil harus memastikan keberadaan informasi keuangan.

Jurnal penyesuaian perusahaan jasa, dagang dan manufaktur adalah aktivitas rutin setiap bulan dalam rangka stock opname dan menyesuaikan persediaan barang yang ada. Transaksi rutin yang dijalani perusahaan harus dapat menginterpretasikan pertumbuhan bisnis saat menyelenggarakan kegiatannya.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Perbedaan Sewa Dibayar Dimuka dan Beban Sewa

Pengertian sewa dibayar dimuka adalah kegiatan perusahaan memakai bangunan, barang dan alat lain dari pihak ketiga dimana entitas diwajibkan membayarnya pada awal transaksi. Pemotongan pajak penghasilan pasal 23 atas kegiatan sewa menyewa wajib memberikan bukti potong sesuai peraturan perpajakan yang berlaku.

Pengertian beban sewa adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan selama satu periode untuk memperhitungkan total pengeluaran selama satu tahunnya. Biaya adalah pengorbanan perusahaan untuk mendatangkan aset atau hutang sesuai periode yang dijanjikan untuk pembayaran kepada para suppliernya.

Perbedaan sewa dibayar dimuka dan beban sewa terletak pada pengakuan perusahaan terhadap pengeluaran yang menjadi tanggungjawab selama satu periode. Kesejahteraan karyawan harus dijaga agar produktivitas dapat meningkat sesuai instruksi dan sistem informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga: Asal Muasal Sewa Dibayar Dimuka

Mengapa Beban Dibayar Dimuka Memerlukan Penyesuaian

Mengapa beban dibayar dimuka memerlukan penyesuaian sebab entitas memerlukan pertanggungjawab terhadap kesetiaan dari staff finance dan staff accountingnya. Jurnal penyesuaian adalah proses pencatatan transaksi dimana perusahaan akan menyesuaikan antara pendapatan dan biaya selama tahun berjalan.

Contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan jawabannya memberikan pedoman bagi entitas untuk mempertanggungjawabkan pengeluaran perusahaan. Laporan arus akan akan menunjukkan dimanakan kas digunakan oleh perusahaan dalam bidang operasional, investasi atau pendanaan.

Mengapa beban dibayar dimuka memerlukan penyesuaian sebab entitas harus mengakui biaya yang sudah menjadi beban diperiode berjalan. Pembayaran kas untuk masa pakai beberapa periode berjalan mengakibatkan adanya arus kas yang diubah menjadi aktiva lancar untuk memperkuat proses identifikasi produk.

Baca Juga: Contoh Kasus Sewa Menyewa dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Soal Sewa Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Contoh soal sewa dibayar dimuka dan beban sewa terjadi ketika PT Masraffi menandatangangi kontrak sewa gedung senilai Rp 90.000.000 selama 1 tahun. Buatlah jurnal penyesuaian apabila gedung digunakan selama 3 bulan? dan jurnal pada saat pembayaran tagihan atas sewa tanah dan bangunan tersebut?

Jurnal Pembayaran Sewa Tanah dan Bangunan

Jurnal pembayaran sewa tanah dan bangunan termasuk objek pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Pajak final adalah pajak yang dipungut oleh pihak ketiga yang tidak dapat dijadikan kredit pajak saat melaporkan spt tahunannya. Contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dibuat sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
07/04/2023Sewa Dibayar Dimuka Rp 90.000.000
Hutang PPh pasal 4 Ayat 2 Rp 9.000.000
Bank Mandiri Rp 81.000.000

Jurnal Penyesuaian Beban Sewa Diakhir Bulan

Jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka harus dibuat setiap akhir bulan dan termasuk biaya rutin yang ditanggung oleh perusahaan. Beban sewa adalah segala pengeluaran yang dikeluarkan perusahaan selama beberapa periode untuk menyesuaikan kebutuhan berbisnisnya. Adapun jurnal pencatatan yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/07/2023beban sewa Rp 22.500.000
Sewa Dibayar Dimuka Rp 22.500.000

Baca Juga: Cara Input Bukti Potong Pph Pasal 4 Ayat 2

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan beban sewa dalam materi akuntansi pengantar. Setiap beban yang telah dibayar perusahaan diwajibkan untuk dialokasikan sesuai periode terjadinya pembayaran. Bukti potong pph wajib diserahkan bersamaan dengan pembayaran tagihannya.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel