Contoh Soal Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost atau Biaya

Konten [Tampil]

Contoh soal penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode cost atau biaya merupakan langkah yang digunakan perusahaan untuk mengekspesikan setiap kekayaan yang dimilikinya. Kas adalah aktiva bersih yang mampu mengubah jalannya kegiatan produksi untuk menciptakan bahan baku dan penjualan barang jadinya.

Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi metode cost dan metode equity bertujuan agar setiap prosedur pencatatan bisnis dapat dikembangkan sesuai peruntukkannya. Perubahan modal anak perusahaan tidak akan berpengaruh terhadap kebijakan akuntansi perusahaan sebab hanya sebagai investasi saham saja.

Bagaimana kondisi yang terjadi pada saat pencatatan dalam suatu metode harga perolehan harus didasarkan pada setiap komponen informasi keuangan. Contoh soal penyusunan laporan keuangan konsolidasi hendaknya disesuaikan dengan kebijakan akuntansi yang diterapkan secara konsisten setiap harinya.

Contoh Soal Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost atau Biaya

Pertanyaan Tentang Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Pertanyaan tentang laporan keuangan konsolidasi metode cost atau biaya diharapkan mampu memberikan segala upaya menciptakan penjualan barang dan jasa. Investasi saham pada perusahaan lain harus mampu mengalokasikan sebagian besar sumber daya keuangan untuk keberlangsungan hidup perusahaan per periodenya.

Contoh soal penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode cost dan biaya berkaitan dengan hak kontrol. Jika induk perusahaan memiliki kurang dari 50% jumlah saham yang beredar maka tidak dianggap mempunyai hak kontrol sehingga induk hanya akan menerima dividen dan laba sesuai persentase saham yang dimilikinya.

Pertanyaan tentang laporan keuangan konsolidasi metode cost dan biaya telah diatur dalam PSAK nomor 15. Metode biaya hanya mengakui pendapatan bunga dan laba didasarkan pada hak kontrol yang dimilikinya. Induk perusahaan harus mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan operasional anak perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Manufaktur dan Jawabannya

Contoh Soal Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost dan Biaya

Contoh soal penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode cost dan biaya diharapkan mampu mengantisipasi kecurangan yang dilakukan entitas saat investasi saham. Perluasan perusahaan akan memberikan kontribusi terhadap pendapatan lain-lain yang menambah kekayaan perusahaan selama satu periode.

Deviden adalah jumlah kas yang diterima badan usaha atau orang pribadi atas investasi yang telah diselenggarakannya. Dividen merupakan objek pajak final sehingga harus diterbitkan bukti potong. Deviden tidak diperkenankan untuk dikreditkan saat entitas melaporkan spt tahunan badan usaha selama satu tahun.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi dan jawabannya terjadi ketika PT Masraffi membeli 700 dari 800 lembar saham yang beredar milik Universitas Swasta. Universitas swasta mampu memberikan laba sebesar Rp 80.000.000 dan membagian dividen tahun berjalan sebesar Rp 45.000.000. Bagaimana cara mencatat transaksi tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Job Order Costing dan Jawabannya

Jurnal Cost Method dan Equity Method

Jurnal pencatatan investasi saham metode biaya dan metode ekuitas ditentukan berdasarkan hak kontrol yang dimiliki. Investasi saham perusahaan bertujuan untuk menguasai perusahaan lain atau memperoleh tambahan penghasilan berupa dividen ditahun berjalan sesuai kegiatan yang dikeluarkannya.

Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi metode biaya ditentukan berdasarkan keinginan perusahaan untuk mengapresiasi kebutuhan perusahaan. Apa sajakan perbedaan metode biaya dan metode ekuitas dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi terletak pada persentase hak kontrol atas saham yang telah dibelinya.

Jurnal cost method hanya berlaku untuk pengakuan dividen dan laba anak perusahaan. Anak perusahaan adalah perusahaan yang dikuasai oleh entitas lain dengan saham sebagai dasar pertimbangannya. Cara mencatat jurnal pengakuan laba anak perusahaan dan pembagian dividen ditahun berjalan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
13/02/2023Investasi Saham Universitas Swasta Rp 70.000.000
Laba Universitas Swasta Rp 70.000.000

Jurnal mencatat pembagian dividen tunai dapat diterbitkan tatkala entitas telah mempersiapkan sejumlah dana di rekening gironya. Rekening giro adalah tempat penyimpanan kas melalui lembaga keuangan untuk memudahkan proses pembayaran tagihan lewat internet banking ataupun cek bilyet giro.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
13/02/2023Kas Rp 59.500.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 10.500.000
Investasi Saham Universitas Swasta Rp 70.000.000

Baca Juga: Contoh Laporan Produksi 2 Departemen

Demikian contoh soal penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode cost atau biaya sesuai akuntansi keuangan lanjutan 2. Penggabungan usaha akan menciptakan peluang perusahaan memperluas pangsa pasar untuk meningkatkan hasil penjualan sesuai target yang ditentukan direktur utamanya.

0 Response to "Contoh Soal Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost atau Biaya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel