Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dan pembahasannya dapat menjadi petunjuk bagi lawan transaksi terhadap kebenaran saldo laporan keuangannya. Keterbatasan dana perusahaan mengakibatkan adanya perubahan sistem pengendalian internal kas agar setiap pengeluaran mendapatkan persetujuan dari pejabat yang berwenang.

Contoh kasus perubahan kebijakan akuntansi, koreksi kesalahan dan estimasi akuntansi bertujuan agar entitas mengalami perkembangan dari periode sebelumnya. Kebijakan akuntansi adalah seperangkat prosedur dan prinsip yang diikuti untuk mengalokasikan seluruh informasi keuangan berdasarkan bukti transaksi.

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu, perubahan kebijakan akuntansi dan estimasi akuntansi bermanfaat bagi proses pencatatan transaksi diperusahaan. Koreksi kesalahan dalam laporan keuangan dapat menjadi pertimbangkan ketika membayarkan pajak penghasilannya dimasa lampau oleh akuntan publiknya.

Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Pembahasannya

Pengertian Koreksi Kesalahan Periode Lalu untuk Kesalahan Berulang dan Sistematis

Pengertian koreksi kesalahan periode lalu menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengakui adanya kelalainya mencatat dan membukuan bukti transaksi sesuai keterjadian sebenarnya di perusahaan. Perubahan estimasi akuntansi berdampak pada penambahan dan pengurangan usia manfaat aktiva tetapnya dimasa lampau.

Makalah perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan menjadi tugas dari auditor eksternal. Siapa itu auditor? auditor adalah orang yang membandingkan antara standar akuntansi yang berlaku di indonesia dengan hasil temuan atas pekerjaan lapangan yang telah disesuaikan periode tersebut.

Pengertian kesalahan yang berulang dan sistematis adalah kelalaian yang disengaja oleh akuntan internal agar dapat melakukan manajemen laba di periode berjalan. Pengertian koreksi kesalahan periode lalu adalah perbaikan atas kelalaian mencantumkan informasi keuangan di perusahaan yang bersifat material.

Baca Juga: Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Jawabannya

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dan jawabannya bertujuan agar entitas menyamakan standar akuntansi yang dipergunakannya. Prinsip materialitas adalah kelalaian mencantumkan informasi tertentu berdampak pada kesalahan pengambilan keputusan oleh para pemegang saham tertentu.

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu, perubahan estimasi akuntansi dan perubahan kebijakan akuntansi seharusnya menjadi pedoman bagi lawan transaksi untuk mengadakan kebijakan bisnisnya. Bagaimana cara melakukan koreksi kesalahan yang tidak berulang dapat membuat jurnal koreksi atas  penyesuaian tersebut.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi terjadi ketika PT Masraffi lalai menghitung nilai persediaan akhir yang lebih sebesar Rp 90.000 dimana pendapatan sebesar Rp 930.000 dan hpp sebesar Rp 450.000. Ditahun berikutnya, pendapatan sebesar Rp 1.200.000 dan hpp sebesar Rp 560.000. Berapakah nilai hpp yang seharusnya dicatat periode mendatang?

Baca Juga: Contoh Soal Break Even Point dalam Rupiah dan Unit Terjual

Jurnal Koreksi Kesalahan yang Berulang dan Sistematis

Jurnal koreksi kesalahan yang berulang dan sistematis akan dibentuk ketika auditor menemukan adanya kelalaian dalam penerapan sistem pengendalian internal. Koreksi akan dilaksanakan ketika terjadi perubahan material dalam informasi keuangan dan kekeliruan interpretasi fakta laporan keuangan.

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dan pembahasannya akan diberlakukan untuk mengakuisisi informasi keuangan di perusahaan. Catatan atas laporan keuangan menyajikan informasi rinci perihal hutang, piutang dan nilai pos atau akun tertentu di laporan posisi keuangan sesuai peruntukkannya.

Contoh kasus perubahan kebijakan akuntansi, koreksi kesalahan dan perubahan estimasi akuntansi berdampak pada pemberian informasi laporan keuangannya. Kesalahan yang berulang dan sistematisk akan dapat membantu perusahaan menyesuaikan transaksi tanpa membentuk jurnal umum. Adapun cara menghitung laba kotor berdasarkan koreksi kesalahan adalah

Laporan Keuangan Periode Berjalan Periode Mendatang
Penghasilan Rp 930.000 Rp 1.200.000
HPP Rp 360.000 Rp 650.000
Laba Kotor Rp 570.000 Rp 550.000

Baca Juga: Contoh Soal Net Present Value dan Jawabannya

Demikian contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dan pembahasannya dalam sistem pengendalian internal penghasilan dan biaya. Setiap penghasilan harus dapat memperkecil kemungkinan terjadinya pemanipulasian data laporan keuangan agar terhindar dari kecurangan dan fraud yang pernah dilakukan.

0 Response to "Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel