Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Konten [Tampil]

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun menjadi langkah perusahaan untuk membebankan depresiasi secara cepat ditahun pertama. Contoh soal sum of year's digit method berfungsi agar entitas mempercepat alokasi biaya perolehan di awal masa penggunaan aktiva tetap untuk kegiatan produksi.

Contoh soal penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun menjadi pertimbangan bagi entitas untuk melaksanakan koreksi fiskal. Koreksi fiskal adalah tindakan menyesuaikan biaya-biaya yang boleh dijadikan pengurang penghasilan kena pajak sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku di indonesia.

Rumus penyusutan saldo menurun berganda besarnya persentase dihitung dari dua kalinya tarif depresiasi metode garis lurus. Mengapa aktiva tetap disusutkan dan dihentikan pemakaiannya dikarenakan harus mempertanggungjawabkan biaya perolehan yang telah dikeluarkan entitas untuk mendapatkan aset tersebut.

Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Rangkuman Rumus Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun Pdf

Rangkuman penyusutan metode jumlah angka tahun dipergunakan perusahaan untuk memaksimalkan biaya fiskal yang didapatkan ketika ingin melaporkan spt tahunan badan. Persentase depresiasi metode saldo menurun berganda dihitung berdasarkan tarif depresiasi metode garis lurus yang telah diterapkan.

Rumus penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun harus mempertimbangkan masa manfaat dan nilai residu yang ditetapkan. Biaya pemeliharaan dan penyimpanan barang untuk kegiatan produksi menjadi latar belakang sebuah perusahaan manufaktur menggunakan metode depresiasi yang dipercepat ini.

Rangkuman rumus depresiasi sum of year's digit method perlu dilaksanakan sebagai upaya mempertahankan status aktiva tetap di perusahaan. Sistem pengendalian internal aset tetap diterapkan sebagai upaya menghindari adanya biaya pemeliharaan dan reparasi rutin selama masa pakai aset tesebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Biaya Perolehan Aktiva Tetap

Pengertian dan Penyebab Penyusutan Harus Diperhitungkan

Apa yang dimaksud dengan penyusutan dan mengapa biaya penyusutan harus diperhitungkan karena penggunaan mesin akan berdampak mengurangi jumlah harta untuk membayarkan tagihan yang lainnya. Persentase depresiasi bangunan dan mesin per tahun bergantung pada kebijakan akuntansi yang diterapkan.

Pengertian depresiasi menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengalokasikan kekayaan untuk pembelian aktiva tetap selama jangka waktu yang ditetapkan. Tanah tidak mengalami penyusutan dan menjadi aset tetap yang memiliki subtansi komersial. Tanah hanya dapat disusutkan melalui aturan perpajakan.

Contoh penyusutan dalam kehidupan sehar-hari adalah sebuah smartphone yang memiliki usia manfaat selama 4 tahun. Berapa persense depresiasi tanah dan bangunan mengikuti aturan perpajakan. Tanah hanya dapat disusutkan ketika perusahaan mengambil tanah secara fisik untuk diperdagangkan.

Baca Juga: Cara Input Aktiva Tetap di Accurate dan Myob Accounting

Contoh Soal dan Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh soal penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun digunakan sebagai cara lain untuk melakukan alokasi biaya perolehan. Pengeluaran biaya selama masa manfaat dapat diakui sebagai biaya tahun berjalan dan dapat dijadikan biaya fiskal. Biaya pemeliharaan dan reparasi rutin menjadi beban aktiva tetap.

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun hanya menjumlahkan total dari tahun berlangsungnya penyusutan tersebut. Misalnya, aktiva tetap memiliki umur manfaat selama 4 tahun, maka angka pembagi biaya perolehan adalah 1+2+3+4 = 10. Ditahun awal akan menggunakan biaya paling mahal.

Contoh soal dan jawaban penyusutan aset tetap metode jumlah angka tahun terjadi pada PT Masraffi yang membeli televisi seharga Rp 66.000.000. Metode depresiasi yang digunakan adalah sum of year's digit method tanpa nilai sisa diakhir periode. Bagaimana ayat jurnal penyesuaian yang harus dibuat oleh perusahaan?

TahunFaktor Pembagi Biaya Perolehan Biaya Depresiasi
20214 Rp 66.000.000 Rp 26.400.000
20223 Rp 66.000.000 Rp 19.800.000
20232 Rp 66.000.000 Rp 13.200.000
20241 Rp 66.000.000 Rp 6.600.000

Baca Juga: Pengakuan dan Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Demikian contoh soal dan cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun dalam materi aktiva tetap akuntansi keuangan menengah. Kapan aktiva tetap dimulai disusutkan yaitu ketika aset sudah mampu dipergunakan untuk kegiatan produksi tanpa melihat tanggal pembelian aset tersebut.

0 Response to "Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel