Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak berkaitan dengan alokasi jualbeli aktiva tetap berwujud dan aktiva tetap tak berwujud. Penjualan angsuran menurut para ahli adalah jenis jualbeli dimana pembeli dapat melakukan angsuran terhadap barang yang diterima dari penjual dimasa lalu.

Makalah konsep akuntansi penjualan angsuran berkaitan dengan materi akuntansi keuangan lanjutan. Soal penjualan angsuran dapat berbentuk pilihan ganda, soal essay bahkan pertanyaan wawancara untuk menguji pencatatan transaksi pemberian kredit yang dilakukan oleh pejabat yang berwenang.

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari dapat menggunakan alokasi biaya perolehan aktiva tetap atau barang bergerak. Perhitungan bunga dalam penjualan angsuran dapat menggunakan konsep anuitas, bunga tetap, saldo bunga efektif bahkan angsuran tetap yang dibayarkan setiap periodenya.

Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak


Konsep Akuntansi Penjualan Angsuran

Konsep akuntansi penjualan angsuran berarti perusahaan melaksanakan kegiatan jualbeli dimana penerimaan kas akan diberikan beberapa hari kedepannya. Tujuan penjualan angsuran adalah meningkatkan omzet penjualan ditahun berjalan agar memperoleh laba rugi fiskal.

Makalah penjualan angsuran berisi informasi tentang materi penjualan angsuran aktiva tetap, penjualan angsuran barang bergerak, masalah tukar tambah dalam penjualan angsuran dimana pembeli tidak dapat melunasi tagihan atau cicilan beserta bunga yang dikenakan dalam waktu yang telah ditentukan.

Konsep akuntansi penjualan angsuran berkaitan dengan masalah pengakuan laba rugi bagi penjual yang dilaporkan pada surat pemberitahuan pajak tahunan badan. Penjualan angsuran berfungsi meningkatkan daya beli masyarakat yang menginginkan suatu barang tetapi tidak dapat membayarkan secara tunai.

Baca Juga: Download Makalah Penjualan Angsuran PDF

Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap

Contoh soal penjualan angsuran aktiva tetap menjadi pilihan bagi perusahaan yang ingin mengeluarkan barang tidak bergerak. Terdapat dua metode pengakuan penjualan angsuran yaitu laba diakui pada saat penjualan angsuran berjalan dan laba diakui pada saat penerimaan kas atas pelunasan tagihan.

Contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak tentu tidak akan memindahtangankan hak pemilikan aktiva tetap sampai cicilan berhasil dibayarkan pembeli. Angsuran atau cicilan dapat diakui menggunakan metode laba diakui pada saat penjualan dilakukan dengan membentuk akun laba rugi penjualan angsuran.

Soal penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari terjadi pada PT Masraffi yang menjual kendaraan seharga Rp 30.000.000 dengan harga pokok Rp 11.500.000. Apabila penjualan angsuran dilakukan selama 2 semester dengan bunga 9% pertahun dari tagihan belum terbayarkan. Bagaimana jurnal penjualan yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Kasus Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Contoh Perhitungan Bunga Dalam Penjualan Angsuran

Contoh perhitungan bunga dalam penjualan angsuran terdiri dari bunga tetap, bunga berjalan, bunga anuitas, bahkan bunga efektif. Pembeli diberikan pilihan dalam menentukan bagaimana cara membayarkan tagihan atas barang yang telah diterimanya dimasa lalu.

Jelaskan perhitungan bunga dalam penjualan angsuran tentu akan mempengaruhi pendapatan bunga yang diterima perusahaan. Agar dapat melaporkan laba rugi fiskal maka perusahaan sebaiknya menunjukkan mekanisme perhitungan bunga angsuran pada catatan atas laporan keuangan.

Contoh perhitungan bungan dalam penjualan angsuran barang bergerak dan barang tidak bergerak Suku bunga efektif sering digunakan untuk menentukan pendapatan bunga bagi pelanggan. Akibat pengakuan laba ketika penjualan angsuran terjadi, maka tahun berikutnya perusahaan tidak memperoleh laba.

Adapun jurnal penjualan angsuran yang harus dibuat oleh perusahaan adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/01/2021Piutang Angsuran Rp 30.000.000
Persediaan Barang Tidak Bergerak Rp 11.500.000
Laba Penjualan Rp 18.500.000
01/07/2021Kas Rp 16.350.000
Piutang Angsuran Rp 15.000.000
Pendapatan Bunga Rp 1.350.000
31/12/2021Piutang Bunga Rp 675.000
Pendapatan Bunga Rp 675.000
Laba Penjualan Rp 18.500.000
Laba Ditahan Rp 18.500.000
02/01/2022Kas Rp 15.675.000
Piutang Bunga Rp 675.000
Piutang Angsuran Rp 15.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Konsinyasi Bagi Pengamanat

Demikian contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak atau aktiva tetap semoga dapat menjawab pertanyaan wawancara, pilihan ganda bahkan soal essay materi akuntansi keuangan lanjutan. Penjualan angsuran berkaitan dengan pendapatan bunga yang diterima perusahaan setiap periodenya.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel