Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan melibatkan seluruh beban yang terjadi dalam proses pembuatan produk dari pelanggan. Produk yang dihasilkan perusahaan akan disesuaikan spesifikasi dan permintaan dari pembeli sehingga sifat produksinya terputus-putus.

Contoh jurnal transaksi perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan jawabannya akan mempertimbangkan biaya produksi untuk setiap pesanan terjadi. Kartu biaya pesanan adalah mutasi beban produksi atas barang yang telah berhasil dibuat perusahaan untuk memenuhi permintaan pembeli.

Perusahaan yang menggunakan metode harga pokok pesanan dan proses melibatkan pencatatan mutasi barang masuk dan keluar. Produk yang telah selesai produksi akan dimasukkan dalam gudang dan segera diserahkan kepada pelanggan untuk memperoleh pembayaran atas pesanan tersebut.

Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan


Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Pesanan

Karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi biaya pada perusahaan. Total biaya pesanan dihitung sebesar seluruh biaya yang telah dikeluarkan perusahaan atas biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik dan biaya tenaga kerja langsung.

Pengertian sistem perhitungan biaya proses dan pesanan adalah mekanisme mengalokasikan beban pokok penjualan barang ke beberapa item yang dipergunakan perusahaan. Format kartu harga pokok pesanan berisi informasi tentang biaya konversi dan biaya bahan langsung dalam pembuatan produk pesanan.

Karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses melibatkan produk yang dibuat perusahaan. Pembeli dapat memberikan karakteristik produk agar perusahaan dapat menyesuaikan permintaannya. Setiap pesanan harus diidentifikasi dengan jelas agar dapat dibedakan antara produk yang dibuat.

Baca Juga: Akuntansi untuk Kehilangan dalam Proses Produksi

Contoh Soal Metode Harga Pokok Pesanan Full Costing dan Variabel Costing

Contoh soal metode harga pokok pesanan full costing dan variabel costing akan melibatkan pencatatan biaya yang ditimbulkan oleh pembelian bahan baku dan penggunaan tenaga kerja langsung. Kegiatan produksi adalah proses perubahan bahan baku melalui beberapa departemen untuk menghasilkan barnag jadi.

Contoh soal metode harga pokok pesanan 2 departemen dimulai dari penerimaan pesanan, pemrosesan bahan baku agar sesuai spesifikasi pelanggan dan penyerahan barang pesanan. Pembebanan biaya adalah proses alokasi biaya ke beberapa departemen ketika terjadi penggunaan sumber daya modal perusahaan.

Soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan terjadi pada PT Masraffi yang telah membeli bahan baku secara kredit sebesar Rp 52.000.000. Penggunaan bahan baku dikategorikan sebagai bahan baku langsung dan tidak langsung dengan persentase 4:1. Jurnal biaya pesanan yang dibuat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Persediaan Bahan Rp 52.000.000
Hutang Usaha Rp 52.000.000
06/01/2022PDP - Biaya Bahan Langsung Rp 41.600.000
BOP - Aktual Rp 10.400.000
Persediaan Bahan Rp 52.000.000

Baca Juga: Cara Hapus Akun Myob Yang Tidak Bisa Dihapus

Contoh Jurnal Transaksi Job Order Costing

Contoh jurnal transaksi job order costing atau sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan melibatkan pencatatan akuntansi biaya dan audit forensik. Metode harga pokok proses dan pesanan dipergunakan agar ditandingkan dengan penjualan yang terjadi di perusahaan.

Jurnal transaksi perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan melibatkan kemampuan perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya modal. Format kartu harga pokok pesanan diberikan menyesuaikan persamaan dasar akuntansi dan pengeluaran sumber daya modal.

Contoh jurnal transaksi job order costing terjadi ketika PT Masraffi mengeluarkan biaya Rp 63.000.000 untuk membayar gaji dan upah. Apabila perusahaan menggunakan tenaga kerja langsung sebesar 72% dan sisanya penggunaan tenaga kerja penolong. Transaksi harus dicatat oleh perusahaan yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
20/01/2022Beban Gaji dan Upah Rp 63.000.000
Kas Rp 63.000.000
25/01/2022PDP - Biaya Tenaga Kerja Rp 45.360.000
BOP - Aktual Rp 17.640.000
Biaya Gaji dan Upah Rp 63.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Rekonsiliasi Bank dan Pembahasannya

Demikian contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan pesanan semoga dapat membantu proses alokasi biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja. Kartu biaya pesanan harus dibuat agar dapat membantu meningkatkan perbandingan antara pendapatan dan beban perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel