Contoh Soal Pilihan Ganda Tentang Piutang Wesel dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pilihan ganda tentang piutang wesel dan jawabannya harus menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan. Pengertian piutang wesel adalah surat yang berisikan perintah tentang pembayaran tagihan atas penggunaan jasa dan pemberian barang pada tanggal tertentu.

Contoh soal piutang wesel dan pembahasannya terjadi karena adanya penjualan kredit telah mencapai batas akhir pembayarannya. Perbedaan surat promes dan surat wesel adalah adanya kesepakatan pembeli dan penjual untuk melaksanakan sejumlah pembayaran atas transaksi hutang piutang di perusahaan.

Wesel berbunga dan wesel tidak berbunga pada dasarnya menjadi kewajiban debitur untuk segera melunasi hutang yang akan jatuh tempo. Bagaimana piutang wesel terjadi? piutang wesel berasal dari penjualan kredit perusahaan karena penyerahan barang atau jasa di masa lalu.

Contoh Soal Pilihan Ganda Tentang Piutang Wesel dan Jawabannya


Pengertian Wesel Berbunga dan Wesel Tidak Berbunga

Pengertian wesel berbunga dan wesel tidak berbunga berkaitan dengan pembayaran tagihan yang akan dilakukan oleh pelanggan. Bedanya wesel tagih dan wesel bayar adalah pengakuan piutang wesel pada laporan posisi keuangan yang diakui sebagai aktiva dan liabilitas pada akhir periode akuntansi.

Pengertian piutang wesel adalah surat berharga yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka meyakinkan lawan transaksi tentang adanya pembayaran sejumlah uang pada tanggal tertentu. Penentuan tanggal jatuh tempo wesel tagih menyesuaikan jumlah hari pada satu bulan sampai berakhirnya perjanjian hutang piutang tersebut.

Perbedaan wesel dan promes dalam pengakuan hutang piutang perusahaan harus diketahui agar proses alokasi biaya perolehan dapat dilaksanakan. Masalah-masalah akuntansi keuangan menengah tentang piutang terdiri dari pengakuan dan penilaian piutang wesel serta penyelesaian piutang wesel pada akhir periode.

Baca Juga: Contoh Kasus Pembelian Saham Anak Perusahaan Oleh Induk Perusahaan

Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar berdasarkan perjanjian yang disepakati pihak terlibat. Perusahaan yang sering mendapatkan permintaan perpanjangan jangka waktu pembayaran hutang maka sebaiknya memerintahkan lawan transaksi untuk mengeluarkan surat promes.

Contoh perhitungan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar menyesuaikan jumlah hari dalam satu tahun akuntansi. Surat wesel akan timbul karena adanya peminjaman sejumlah uang di perusahaan. Perlakuan akuntansi wesel berbunga dan tidak berbunga harus mempertimbangkan kebijakan akuntansi di perusahaan.

Contoh soal penentuan tanggal jatuh tempo wesel bayar dan wesel tagih terjadi pada PT Masraffi yang telah memperoleh surat wesel senilai Rp 82.000.000 dengan jangka waktu 90 hari. Apabila surat wesel diserahkan tanggal 5 juli 2021. Kapan waktu jatuh tempo wesel tagih tersebut?

Jangka Waktu Wesel90 Hari
Juli26 Hari
Agustus31 Hari
September30 Hari
Oktober3 Hari

Baca Juga: Contoh Balance Scorecard Perusahaan Dagang dan Manufaktur

Contoh Soal Piutang Wesel dan Pembahasannya

Contoh soal piutang wesel dan pembahasannya dilaksanakan ketika terjadi penyerahan surat wesel dan surat promes. Perhitungan bunga wesel dilakukan berdasarkan rumus nilai nominal dikalikan tingkat bunga pertahun. Perlu diingat, tingkat bunga wesel yang diakui adalah tingkat bunga pertahun.

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tidak berbunga akan diakui bersamaan dengan penyerahan barang atau jasa dan perubahan piutang usaha menjadi piutang wesel. Pemberian perpanjangan jangka waktu pembayaran piutang wesel akan dilaksanakan ketika entitas setuju pemberian kredit tersebut.

Cara menghitung bunga atas piutang wesel dapat menjadi perolehan pendapatan bunga per periodenya. Apabila surat wesel tagih PT Masraffi diberikan bunga sebesar 8% per tahun. Bagaimana jurnal transaksi pada bulan pertama dan bulan kedua?

TanggalKeteranganDebitKredit
05/07/2021Piutang Wesel82000000
Penjualan82000000
31/07/2021Piutang Bunga WeselRp467.288
Pendapatan BungaRp467.288
31/08/2021Piutang Bunga WeselRp557.151
Pendapatan BungaRp557.151

Baca Juga: Pengertian dan Tahapan Rekonsiliasi Bank

Demikian contoh soal pilihan ganda tentang piutang wesel dan jawabannya semoga dapat membantu pengakuan dan penilaian wesel tagih dan bayar. Perusahaan hendaknya mencadangkan sejumlah kas untuk mengantisipasi piutang yang tidak tertagihkan dari pelanggan.

0 Response to "Contoh Soal Pilihan Ganda Tentang Piutang Wesel dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel