Contoh Penjualan Angsuran Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Konten [Tampil]

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari terjadi ketika jual beli yang dilaksanakan secara tunai sulit untuk dilakukan sebab adanya persaingan. Pengakuan laba kotor pada penjualan angsuran dapat menggunakan metode persentase atau pengakuan laba pada awal periode jualbeli barang tersebut.

Contoh soal penjualan angsuran barang dagang dan barang tidak bergerak brainly tentu dilakukan agar membantu perusahaan memperoleh omzet tahun berjalan. Penjualan angsuran disebut penjualan kredit. Penjualan metode cicilan ini digunakan pada perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur dalam rangka menghemat uang kas.

Contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak dan barang dagang akan meringankan pembeli dan meningkatkan omzet penjual. Masalah penjualan angsuran diantaranya masalah pengakuan laba rugi sebab perjanjian kredit akan dilaksanakan lebih dari satu periode akuntansi.

Contoh Penjualan Angsuran Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Pengertian Penjualan Angsuran dan Jenis-Jenisnya

Pengertian penjualan angsuran menurut para ahli adalah jual beli barang yang diserahkan sekarang tetapi pembayarannya akan diterima secara bertahap sesuai perjanjian kredit. Kelebihan penjualan kredit atau angsuran adalah penjual akan memperoleh keuntungan dari pendapatan bunga dari penjualan yang dilaksanakan.

Jenis-jenis penjualan angsuran terdiri dari penjualan angsuran barang tidak bergerak atau aktiva tetap dan penjualan angsuran barang bergerak atau barang dagang. Laba jual beli dapat diakui pada saat penjualan terjadi atau dilakukan secara proporsional pada saat penerimaan kas dari pelunasan cicilan barang tersebut.

Pengertian penjualan angsuran menurut para ahli adalah penyerahan barang dagang atau aktiva tetap yang dilaksanakan sekarang tetapi pembayarannya akan dilakukan bertahap untuk beberapa periode kedepan. Kegagalan pelunasan cicilan aktiva tetap menjadi kelemahan dari metode penjualan kredit.

Baca Juga: Download Makalah Penjualan Angsuran Akuntansi Keuangan Lanjutan

Pertanyaan Pilihan Ganda dan Soal Essay Penjualan Angsuran

Pertanyaan pilihan ganda dan soal essay penjualan angsuran dapat berupa barang dagang atau aktiva tetap. Pembayaran angsuran dapat dilakukan dengan penyerahan uang muka penjualan dan dilanjutakan dengan membayar uang kas secara tunai setiap periode yang telah ditentukan beserta bunga yang dikenakan.

Contoh soal pilihan ganda dan essay penjualan angsuran berpengaruh terhadap omzet yang dihasilkan perusahaan. Penjualan angsuran akan memberikan keuntungan berupa pendapatan bunga dan pendapatan bersih dari penjualan barang dagang. Tingkat bunga yang harus diperhatikan diantaranya bunga tetap, bunga menurun dan bunga efektif.

Contoh soal dan jawaban penjualan cicilan atau kredit menjadi solusi bagi perusahaan untuk memperoleh omzet periode berjalan. Masalah-masalah penjualan angsuran terdiri dari permasalahan pencatatan akuntansi keuangan lanjutan dan permasalah non akuntansi. Adapun resiko penjualan angsuran diantaranya:

  1. Kemungkinan terjadinya pembatalan penjualan.
  2. Perlindungan hukum bagi penjual dan pembeli
  3. Permasalahan pengakuan laba kotor
  4. Permasalah menghitung tukar tambah penjualan angsuran
  5. Permasalah perhitungan bunga dan pembayaran cicilan setiap periodenya.

Baca Juga: Kasus Pembatalan Penjualan Angsuran dan Pembahasannya

Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Angsuran Barang Dagang

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang dagang dan barang tidak bergerak menjadi kekayaan perusahaan yang dapat mendatangkan omzet. Pertanyaan tentang penjualan cicilan berkaitan dengan metode pengakuan laba kotor dan kegagalan penjualan yang mungkin terjadi di perusahaan.

Contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak dan barang bergerak menjadi komoditas yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Pengakuan laba kotor pada penjualan angsuran dapat dilakukan pada saat transaksi terjadi atau ketika kas diterima sebagai pelunasan piutang pelanggan.

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari terjadi pada PT Masraffi yang menjual kendaraan secara cicilan dengan pembayaran setiap 6 bulan sekali. Harga pokok penjualan barang adalah Rp 25.450.000 dan harga jualnya Rp 53.000.000. Pembayaran angsuran dikenakan bunga sebesar 10% dari cicilan. Bagaimana jurnal yang harus dibuat perusahaan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/07/2020Piutang Usaha Rp 53.000.000
Persediaan Barang Dagang Rp 25.450.000
Laba Penjualan Angsuran Rp 27.550.000
(Jurnal Transaksi Penjualan Barang Dagang)
31/12/2020Piutang Bunga Rp 1.325.000
Pendapatan Bunga Rp 1.325.000
Laba Penjualan Angsuran Rp 27.550.000
Pendapatan Bunga Rp 1.325.000
Laba Ditahan Rp 28.875.000
(Jurnal Penutup Akhir Tahun Berdasarkan Akrual Method)
02/01/2021Kas Rp 27.825.000
Piutang Bunga Rp 1.325.000
Piutang Angsuran Rp 26.500.000
(Jurnal Pembayaran Cicilan Pertama)
30/06/2021Kas Rp 27.825.000
Piutang Bunga Rp 1.325.000
Piutang Angsuran Rp 26.500.000
(Jurnal Pembayaran Cicilan Kedua)

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga dan Angsuran Setiap Periodenya

Demikian contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari pada perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan dapat berbentuk pilihan ganda dan soal essay bergantung kebijakan akuntansi yang diterapkan di perusahaan.

0 Response to "Contoh Penjualan Angsuran Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel