Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen

Konten [Tampil]

Pengertian efektif dan efisien menurut para ahli menjadi tindakan yang dilakukan perusahaan dalam melakukan kegiatan produksi. Management letter adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan perusahaan dalam rangka mengetahui kebijakan akuntansi dan kebijakan operasional telah berjalan sesuai kriteria dan klausul yang ditentukan manajer.

Perbedaan antara audit manajemen dan audit keuangan tentunya memberikan informasi bahwa perusahaan telah melaksanakan kebijakan operasional secara efektif dan efisien untuk menghemat sumber daya perusahaan.

Tahap-tahap audit manajemen dan karakteristik administrasi audit manajemen akan melibatkan langkah untuk memperoleh penilaian kinerja dari sumber daya yang digunakan perusahaan. Akuntan atau konsultan manajemen akan mengevaluasi kegiatan usaha perusahaan dalam rangka melakukan ekonomis dan efisiensi.

Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen


Tahap-Tahapan Pelaksanaan Audit Manajemen

Tahap-tahapan pelaksanaan audit manajemen dimulai ketika konsultan manajemen telah membuat perencanaan untuk mengevaluasi kegiatan perusahaan. Pengumpulan buktii dan evaluasi bukti transaksi dapat dilakukan agar proses penilaian kinerja perusahaan terhadap pelanggaran dari kriteria yang telah ditentukan perusahaan.

Tahap-tahap melakukan audit manajemen akan dilakukan untuk menentukan tujuan pemeriksaan yang bersifat sementara. Tindakan survey pendahuluan atau preliminary survey dilakukan untuk memperoleh informasi umum tentang latar belakang dari organisasi yang dipertimbangkan dalam proses pemeriksaan.

Jelaskan tahapan audit manajemen akan dilakukan melalui 4 langkah yaitu:

  1. Premilinary Survey.
  2. Evidance accumulation and evaluation
  3. Reporting
  4. Follow-Up

Baca Juga: Contoh Audit Hutang Jangka Panjang dan Pembahasannya

Pengertian Audit Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian audit manajemen menurut para ahli adalah tindakan yang dilakukan manajemen perusahaan dalam rangka memperoleh informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dalam rangka melakukan evaluasi terhadap penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien.

Audit manajemen adalah upaya memperoleh bukti audit yang dilakukan ketika dirasakan adanya keperluan untuk mengevaluasi kegiatan perusahaan seperti laba tahun berjalan turun dan biaya meningkat. Pada akhir pemeriksaan, auditor akan memberikan laporan berupa temuan audit tentang efektivitas sistem pengendalian internal yang telah berjalan di perusahaan.

Pengertian audit manajemen menurut para ahli adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh konsultan manajemen atau internal audit dalam rangka mengevaluasi efisiensi dan efektivitas produksi yang berjalan di perusahaan. Internal audit harus paham tentang materi akuntansi dan manajemen keuangan untuk menghindari adanya kecurangan sistem pengendalian internal yang berlaku.

Baca Juga: Bagaimana Prosedur Audit Subsequent Event dan Penyelesaian Pemeriksaan

Perbedaan Efektif dan Efisien dalam Manajemen Keuangan

Perbedaan efektif dan efisien dalam manajemen keuangan berkaitan dengan hasil yang didapatkan selama proses produksi. Audit manajemen harus mempertahankan sikap independensi dan kompetensi yang dimiliki ketika pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas perusahaan.

Perbedaan efisien dan ekonomis dalam manajemen terletak pada penggunaan sumber daya untuk memproduksi sebuah barang. Menilai tingkat efisiensi, keekonomisan dan efektivitas masing-masing departemen perusahaan harus dilakukan untuk mempertimbangkan biaya-biaya yang telah digunakan agar proses produksi berjalan optimal.

Perbedaan efektif dan ekonomis terletak pada bagaimana cara perusahaan mendapatkan output yang lebih banyak dengan menggunakan sumber daya yang sama atau lebih sedikit. Perusahaan dapat melakukan analycal review, management control system, compliance test dalam penilaian kebijakan operasional perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Letter dalam Perusahaan

Demikianlah efektivitas dan efisiensi dalam manajemen perusahaan semoga dapat membantu proses produksi dengan menghemat sumber daya yang ada diperusahaan.

0 Response to "Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel