Contoh Soal Audit Persediaan dan Penyelesaiannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit persediaan dan penyelesaianya menjadi hal yang harus dipahami oleh akuntan publik. Pilihan ganda dan soal kasus audit persediaan dan pemecahannya menjadikan akuntan publik harus membuat kertas kerja pemeriksaan persediaan dan gudang.

Contoh kasus audit persediaan dan pemecahannya menjadikan persediaan harus diukur berdasarkan nilai yang lebih rendah antara biaya perolehan dan nilai realisasi netto. Kertas kerja pemeriksaan persediaan mengklasifikasi inventory adalah aktiva yang dimiliki untuk dijual dalam kegiatan perusahaan yang dibuat melalui proses produksi.

Pemeriksaan persediaan dan pergudangan menjadi aspek penting terutama ketika perusahaan menggunakan metode fisik dan metode perpetual. Kertas kerja audit persediaan biasanya menggunakan asersi manajemen sebagai dasar menentukan biaya perolehan yang berasal dari biaya konversi dan biaya bahan baku sampai persediaan siap dijual.

Contoh Soal Audit Persediaan dan Penyelesaiannya


Pengertian Persediaan dan Jenis-Jenis Persediaan

Persediaan adalah aset yang siap untuk dijual perusahaan, aset yang dalam proses produksi bahkan aset yang masih dalam bentuk bahan baku untuk diperjualbelikan. Pengukuran persediaan dinilai berdasarkan nilai yang lebih rendah antara biaya perolehan dan nilai realisasi netto.

Pengertian persediaan memiliki beberapa karakteristik seperti 

  • Menjadi aktiva lancar
  • Memiliki nilai yang besar diantara pos lain dalam laporan keuangan dalam industri manufaktur.
  • Apabila terjadi kesalahan dalam menentukan nilai akhir persediaan, akan mengakibatkan kesalahan dalam laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan.

Persediaan harus diuji pada akhir laporan keuangan untuk memastikan apakah terjadi penurunan nilai yaitu nilai tercatat yang tidak dapat dipulihkan secara penuh. Persediaan harus diukur dengan rumus masuk pertama keluar pertama (MPKP) atau rata-rata tertimbang. Penggunaan metode masuk terakhir keluar pertama (MTKP) sudah tidak diperkenankan dalam laporan keuangan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Risiko Audit Persediaan Barang Dagang

Contoh Soal dan Jawaban Audit Persediaan Barang Dagang

Contoh soal dan jawaban audit persediaan barang dagang dimana akuntan publik akan memeriksa metode pencatatan persediaan sesuai ketentuan. Metode untuk menilai persediaan barang dagang diantaranya FIFO dan Average. Apabila perusahaan terlalu banyak menyimpan persediaan barang dagang akan memengaruhi pemberian opini oleh auditor.

Contoh kasus audit persediaan dan pemecahannya terjadi pada PT Masraffi yang melakukan kontrak penjualan 12.000 sepatu dengan harga Rp 40.000 dimana pengiriman dilakukan secara terpisah. Apabila akhir laporan keuangan memastikan bahwa harga jual sepatu meningkat sebesar Rp 50.000 dengan pengiriman 1.600 sepatu, tetapi perusahaan telah mencatat transaksi kerugian karena perjanjian perusahaan sebagai berikut

TanggalKeteranganDebitKredit
04/12/2020Piutang DagangRp64.000.000
Beban Sales CommitmentRp16.000.000
PenjualanRp80.000.000

Contoh soal dan jawaban audit persediaan dan pergudangan menyatakan bahwa perusahan menggunakan metode perpetual sehingga tidak diperlukan melakukan pengujian nilai akhir persediaan ketika laporan keuangan diterbitkan. Buatlah audit adjustment yang diperlukan.

Baca Juga: Contoh Program Audit Persediaan dan Pergudangan

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Persediaan Barang Dagang

Contoh kertas kerja pemeriksaan persediaan barang dagang akan memberikan informasi tentang metode yang digunakan akuntan publik untuk melakukan pemeriksaan. Praktikum auditing akan memberikan pemahaman bagaimana cara memperoleh bukti audit yang berkualitas.

Kertas kerja pemeriksaan persediaan barang dagang dapat dibuat oleh asisten dengan pemeriksaan persediaan yang dilakukan oleh partner KAP. Contoh KPP pemeriksaan persediaan sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
04/12/2020Piutang DagangRp64.000.000
PenjualanRp64.000.000

Contoh KPP pemeriksaan persediaan dan pergudangan menghasilkan jurnal yang berbeda antara pemeriksaan auditor dengan pencatatan klien. Oleh karena itu, auditor harus menyarankan klien membuat audit adjustment sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020PenjualanRp16.000.000
Beban Sales CommitmentRp16.000.000

Baca Juga: Tujuan Pemeriksaan Persediaan Barang Dagang

Demikianlah contoh soal audit persediaan dan penyelesaiannya semoga dapat membantu membuat kertas kerja pemeriksaan dan prosedur audit yang digunakan ya.

0 Response to "Contoh Soal Audit Persediaan dan Penyelesaiannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel